Kodingin

Cara melakukan Update Data pada Database MySQL

Cara melakukan Update Data pada Database MySQL – Perubahan data sering kali dapat di lakukan karena suatu alasan tertentu. Pelaku dari manipulasi data di data MySQL yaitu Manusia. Sudah anda ketahui bahwa manusia tidak luput dari suatu kesalahan.

Update data pada MySQL juga karena ada perubahan rancangan sistem yang mengharuskan data harus di rubah. Dalam hal ini Update data MySQL yaitu perubahan data pada record / isi yang tersedia.

Jika sebelum menggunakan perintah SELECT untuk menampilkan data dan perintah INSERT untuk melakukan input data ke database MySQL maka untuk melakukan UPDATE data MySQL menggunakan perintah query UPDATE.

Yuk kita bahas bagaimana cara melakukan update / edit data pada database MySQL.

Cara melakukan Update Data pada Database MySQL dengan query UPDATE

Ketika ingin melakukan update data harus data PRIMARY KEY pada tabel MySQL. Jadi, Primary Key atau yang biasa di singkat PK sebagai acuan perubahan.

Alasan kenapa Primary Key menjadi suatu kunci adalah primary key tidak ada data yang isinya sama / duplikat. Coba kita bayangkan ketika ingin melakukan UPDATE database MySQL tidak mempunyai kunci sebagai acuan. Hal ini tidak dapat dilakukan karena tidak ada field yang dijadikan acuan.

Sebelum kita melakukan edit data pada MySQL sebaik harus mempersiapkan skema tabel terlebih dahaulu. Skema tabel pada MySQL berisi field dan record yang sudah terisi.

Skema Tabel Database MySQL

Kali ini saya menggunakan tabel pada tutorial cara insert data MySQL dengan skema dan record seperti pada tabel di bawah ini.

idnamaposisijenis_kelamin
1Hendy HermawanWeb DeveloperL
2Hilam EfendyWeb DeveloperL
3Aura KasihWeb DesignP
4Charly van HoutenWeb DevelopersL

Terdapat 4 Field tabel database dan 4 record yang mmeiliki data beraneka ragam. Acuan untuk melakukan Update data pada tabel database di atas yaitu field id.

Update Data MySQL menggunakan query UPDATE

Seperti yang telah saya singgung di ataas unutk melakukan perubahan data menggunakan query UPDATE.

Format penulisan Query UPDATE data pada MySQL sebagai berikut.

Pada format query di atas pada sintaks tabel digunakan untuk memberikan nama tabel database yang ingin di rubah dan kolom merupakan kolom apa yang ingin anda rubah yang berisi data baru.

Selain itu sintaks WHERE merupakan acuan primary key yang ingin anda lakukan perubahan.

Sebagai contoh saya akan melakukan update database MySQL pada tabel di atas, dimana saya akan melakukan perubahan pada id 1. Perubahan yang saya lakukan yaitu mengganti nama Hendy Hermawan menjadi Hendi Hermawan.

Kemudian silahkan periksa isi data menggunakan query SELECT untuk menampilkan data dari database MySQL.

Pada tabel database di atas sudah berubah data yang kita inginkan.

Cara UPDATE data MySQL pada semua Kolom

Ada saatnya kita menemukan dimana kondisi tersebut harus merubah semua kolom dengan nilai yang sama. Hal ini dapat dilakukan pada database MySQL.

Untuk melakukan perubahan pada seluruh data bisa di lakukan dengan cara melakukan update tanpa menggunakan suatu kondisi.

Sebagai contoh saya akan merubah semua jenis kelamin menjadi perempuan / P.

Setelah itu kita lihat hasilnya.

Jadi data sudah berhasil kita update secara keseluruhan.

Kesimpulan

Untuk melakukan UPDATE data pada MySQL menggunakan perintah Query UPDATE. Bukan hanya satu data aja yang di UPDATE, melainkan MySQL memiliki dukungan untuk melakukan update pada beberpa kolom pada tabel MySQL.

Sekian Cara melakukan Update Data pada Database MySQL.

Semoga Bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Reply