Tutorial membuat Sitemap pada Laravel

Tutorial Membuat Sitemap pada Laravel – Sitemap merupakan suatu laman berbentuk XML yang digunakan untuk memberi tahu mesin pencari mengenai isi suatu halaman website. Dengan adanya sitemap maka mesin pencari akan menemukan URL anda dengan cepat.

Sitemap biasanya terdiri atas page, post, category dan tag. Sitemap atau yang biasa di sebut peta situs sangat penting ada pada suatu website. Sitemap yang baik selalu update ketika ada perubahan konten yang artinya sitemap bersifat dinamis.

Oke Langsung saja kita bahas cara membuat sitemap pada Laravel.

Tutorial membuat Sitemap pada Laravel 5.7

Pada tutorial kali ini saya anggap anda sudah berhasil menginstall dan mengkonfigurasi ke dalam database MySQL.

Membuat Skema Tabel Database MySQL

Langkah pertama kita harus mempunyai skema tabel database, dalam contoh membuat sitemap laravel kali ini saya membua tabel post dengan skema database seperti gambar di bawah ini.

Instalasi Package Laravel

Pada membuatan sitemap kali ini saya mencontohkan menggunakan package yang sudah tersedia, sehingga kita hanya memanggil class nya. Langsung saja ketikan perintah dibawah ini.

Perintah diatas berguna untuk mengambil repository ke dalam projek kita. Langkah berikutnya kita harus mendaftarkan di Provider yang terletak di config\App.php. Tambahkan kode dengan kode dibawah ini. pada bagian service provide.

Selanjutnya kita juga harus menambahkan dia aliasnya dengan kode berikut.

Membuat Model pada Laravel

Selanjutnya kita harus membuat model untuk halaman Post pada tabel post yang telah kita buat. Ketikan perintah di bawah ini.

Maka akan terbuat file model di App\Post.php. Anda tidak perlu mengubah isi kodenya, karena kita hanya menggunakan query read /membaca isi tabel database.

Membuat Routing pada Laravel

Buat 2 routing berguna untuk memanggil method controller yang akan kita buat, asumsikan kita sudah mempunyai controller SitemapController.php.

Routes\Web.php

Membuat Controller pada Laravel

Langsung saja kita buat controller baru dengan nama SitemapController.php, ketiikan perintah.

Setelah itu ubah kode menjadi seperti kode dibawah ini.

App\Http\Controllers\SitemapController.php

Penjelasan Kode:

  • Line 5, Memanggil class Sitemap.
  • Line 6, Memanggil Mode Post.
  • Line 12, Melakukan Query untukk menampilkan seluruh isi post.
  • Line 16, Mengubah Data ke dalam bentuk XML.

Uji Coba Sitemap Laravel

Sebelum melakukan uji coba sebaiknya isikan data pada tabel database dengan jumlah terserah anda, saya menginsert 40 jumlah record data.

Kalau data sudah terisi silahkan jalankan laravel server dan akses /sitemap.xml. dan Lihat Hasilnya.

Sekian Tutorial Membuat Sitemap pada Laravel.

Semoga Bermanfaat.

Baca juga :

Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.
Leave a Reply