Tutorial Membuat Middleware pada Golang

Tutorial Membuat Middleware pada Golang – Pada pembuatan aplikasi ada hal yang menangani perminataan, permintaan berupa sebuah data. Kondisi seperti sebaiknya menggunaan penengah dalam penganganan request. Middleware merupakan sebuah komponen yang menjadi penenengah dalam koneksi data, baik dalam lingkup sendiri maupun integrasi antar sistem.

Pemrograman golang dapat mengimplementasi sebuah middlewatre melalui komponen http/net. Dengan adanya middleware maka sebuah akses URL dapat dibatasi. Sebagai contoh kita ingin membuat Log aktifitas oleh user, Nah kita dapat mencatat menggunakan middleware.

Middleware sendiri dibagi menjadi 2 yaitu before(awal) dan After(Akhir), Before merupakan proses pemgoperasian pada fungsi middleware, jadi middleware yang kita buat bisa disebuut dengan before middleware. Sedangkan after middleware merupakan proses setelah melewati middleware, ketika middleware menginjinkan melanjutkan maka akan jadi middleware after.

Langsung Saja kita bahas satu per satu .. . .

Tutorial Membuat Middleware pada Golang

Di dalam pemrograman golang membuat middleware hanya membutuhkan sedikit kode, tidak perlu melakukan konfigurasi karena belum menggunakan framework.

Sebelum masuk membuat kode dengan middleware mari kita membuat http server biasa. Di bawah ini kode membuat http server pada Golang.

Kode di atas jika dijalankan dengan routes /index maka akan muncul tulisan “halo dari index”

Sekarang mari kita implementasikan middleware pada kode diatas. Pada pembuatan kali ini saya akan membuat middleware Log yang digunakan untuk melihat adress yang mengakses. Di bawah ini kodenya.

Penjelasan kode :

  • Line 8, berfungsi membuat fungsi Log dengan parameter request dan hasil dari fungsi ini beruapa respon dan request dalam type berupa identifier.
  • Line 9, Membuat http server dengan konsep pemanggilan respon dan request pada interface.
  • Line 12, Untuk melanjutkan request yang diminta.

Uji Coba Tutorial Membuat Middleware pada Golang

Sekarang kita lakukan uji coba, silahkan jalankan dulu file golangnya menggunakan go run main.go apabila nama file dengan nama main.go

Setelah itu akses routes /index.

Tutorial Membuat Middleware pada Golang

Maka akan muncul tampilan hasil proses [ada routes Index, sedangkan Hasil dari middlewarenya terlihat di dalam terminal/command line.

Tutorial Membuat Middleware pada Golang

Akan terlihat adress yang mengkases routes pada web tersebut.

Sekian Tutorial Membuat Middleware pada Golang.

Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply