Cara Membuat Helpers di Laravel – Helpers pada sebuah pemrograman adalah fungsi bantuan yang dapat kita panggil berkali-kalii, biasanya helper mengandung proses yang berbeda sesuai keinginnya sendiri. Pada Laravel Helpers sudah disediakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna, namun secara global, seperti array_get dan lainnya.

Baca Juga : Pengertian Framework Laravel dan Cara menginstall nya

Helpers dibuat untuk menanggulangi pembuatan fungsi yang sama, dengan adanya helper dapat meminmalkan penggunaan kode yang berlebihan dan membuat website anda akan menjadi berat. Perlu di ingat helpers berbeda dengan library, perbedaan helper dan library adalah kalau library sendiri merupakan perintah di di tempatkan pada sebuah class, sedangkan helpers merupakan fungsi yang berdiri sendiri.

Mari kita bahas bagaimana cara membuat helpers sendiri di Laravel.

Tutorial Cara Membuat Helpers Sendiri di Laravel

Langkah pertama membuat file php, saya beri contoh membuat file dan folder di App\Http, yaitu Helpers\Random.php

Membuat File PHP

App\Http\Helpers\Random.php

Kode di atas berfungsi sebagai fungsi helper untuk membuat kode otomatis dengan string secara acak, perlu di pahami kita perlu menambahkan function_exists guna sebagai pemeriksaan apakah fungsi itu ada dan dibutuhkan dan jika ada akan dijalankan.

Mendaftarkan di Composer.Json

Selanjutnya agar file fungsi helpers laravel dapat di baca di seluruh file php maka harus menambahkan baris kode di root projek dengan nama composer.json, Penambahan baris kode terletak pada json name autoload. tambahkan kode beriikut.

Jadi lengkapnya seperti ini.

Setelah kode dimasukan dibaris autoload selanjutnya, buka terminal anda dan ketikan.

Implementasi Helpers di Laravel

Langkah berikutnya yaitu mengimplementasikan helpers di file routes kita, anda boleh menggunakan controller maupun di routes, namun sebaiknya dihalaman controller. Kali ini saya akan berikan contoh pemanggilannya di routes yaitu web.php

Kode diatas artinya memanggil fungsi helper yang kita buat tadi dengan nama Random.php. Kita tidak perlu tahu nama file sebuah helpers tersebut, kita hanya tahu saja nama fungsinya.

Uji Coba Penggunaan Helpers di Laravel

Langkah terakhir yaitu melakukan uji coba, silahkan buka URL dengan routes /kode

Tutorial Membuat Helper Sendiri di Laravel
Tutorial Membuat Helper Sendiri di Laravel

Uji coba cara membuat helpers sendiri di laravel berhasil, hasil diatas menunjukan bahwa terbuat string secara random yang telah kita buat di helpers.

Penutup

Pembuatan Helpers di Laravel sudah berhasil, Anda dapat mengubah sesuai dengan kebutuhan anda, dan membuat kode lebih rapi. Pastikan anda menggunakan helpers jika perintah yang di lakukan berulang-ulang.

Sekian Tutorial Cara Membuat Helpers Sendiri di Laravel.

Semoga Bermanfaat

Baca Juga :

Leave a Reply