Tutorial Integrasi TinyMCE dengan File Manager pada Laravel

Tutorial Integrasi TinyMCE dengan File Manager pada Laravel – TinyMCE merupakan salah satu rich editor unutk kebutuhan website yang digunakan untuk pengelelolaan konten, baik text maupun media. TinyMCE tidak mendukung media yang bersifat dinamis dengan projek anda, secara umum penggunaan Media pada TinyMCE dengan URL Gambar.

Dengan menggunakan File Managr yang dipasang pada Laravel maka dapat terintegrasi antar file managr dengan TinyMCE, cukup keren bukan ? Tentunya dengan menggunakan File managr di Laravel akan membuat pengelolaan konten lebih baik dan terstuktur.

Sebenernya bukan hanya TinyMCE yang dapat diintegrasikan dengan File Managr Laravel, namun ada banyak WYSIWYG editor lainnya yang sama-sama bagus, namun banyak penggunakan yang menggunakan WYSIWYG editordengan TinyMCE maka saya berikan tutorial integrasi TinyMCE dengan File Manager Laravel.

Laravel sendiri tidak mempunyai file manager secara resmi dari sumbernya, melainkan menggunakan package lain yang dibuat oleh developers hebat. Package File Managr sebenernya banyak, namun kali ini saya akan memberikan tutorial file managr pada Laravel dari Unisharp.

Langsung saja mari kita bahas satu per satu.

Tutorial Integrasi TinyMCE dengan File Manager Laravel

Kali ini saya anggap anda sudah mempunyai projek Laravel dan sudah mengerti penggunaan dasar Laravel, Jika Belum anda bisa pelajari terlebih dadulu di Belajar Laravel Berbahasa Indonesia.

Instal dan Konfigurasi Package File Manager

Silahkan tambahkan pacakge File Manajer di Laravel dengan mengetikan perintah dibawah ini di terminal/ command Line yang anda gunakan.

Setelah melakukan instalasi pasti pada file composer.json root projek anda akan terdapat didepedency laravel-filemanager.

Setelah berhasil menginstall package File Manager selanjutnya kita harus mendaftarkan Class Larave File Manager ke dalam konfigurasi service provider.

Silahkan tambahkan kode berikut ini di config\app.php

config\app.php

dan tambahkan di file yang sama pada bagian alias dengan kode.

Apabila sudah mari kita generate custom konfigurasi untuk file managernya sendiri, dengan megetikkan perintah dibawah ini menggunakan terminal / CLI / Command Line.

Maka akan terbuat file di app\lfm.php

Disini ada beberapa konfigurasi yang perlu di perhatikan, di Laravel Manager terdapat 2 Mode yaitu menggunakan login dan tidak menggunakan login. Apabila anda tidak ingin terdapat authentifikasi login maka silahkan hapus koe berikut ini.

Selanjutnya kita clear dulu konfigurasinya dengan perintah di bawah ini di terminal.

Membuat Routes dan Views di Laravel

Selanjutnya mari kita buat routingnya , silahkan buat kode seperti di bawah ini pada file routes\web.php

Routes\Web.php

Routing diatas artinya memanggil file view dengan nama text, sedangkan file view dengan nama text belum anda, nah sekarang kita buat view baru dengan nama text.

Resource\Views\text.blade.php

Sudah selesai membuat views dan routes di Laravel selanjutnya mari kita lakukan uji coba.

Uji Coba Laravel File Manager

Silahkan buat Routes URL yang telah kita daftarkan tadi yaitu /text. dan Lihat Hasilnya.

Tutorial Integrasi TinyMCE dengan File Manager pada Laravel
Tutorial Integrasi TinyMCE dengan File Manager pada Laravel

Gambar diatas merupakan tampilan secara umum TinyMCE , nah untuk memastikan apakah file manager sudah terintegrasi dengan TinyMCE , silahkan klik icon gambar dan pilih gambarnya, lihat hasilnya.

Tutorial Integrasi TinyMCE dengan File Manager pada Laravel
Tutorial Integrasi TinyMCE dengan File Manager pada Laravel

Anda bisa mengunggah file sesuai keinginan nya, pastinya sesuai konten dongs, mantep dengan menggunakan file manager sehingga kita bisa menyisipkan gambar di bagian tengah.

Penutup

Tutorial mengenai Laravel File Manager yang terintegrasi dengan TinyMCE berhasil kita lakukan, anda bisa mengubah konfigirasinya apabila membutuhkan. Perlu diketahui Implementasi dengan TinyMCE sebagai contoh saja, anda juga bisa mengintegrasikan dengan WYSIWYG lainnya, Seperti Summernote.

Sekian Tutorial Integrasi TinyMCE dengan File Manager pada Laravel.

Semoga Bermanfaat.

admin

2 Comments

  1. Ada tutor membuat report ke excel per tanggal gak gan,

Leave a Reply