Tutorial Gin Gonic : Upload File pada Gin Gonic

Tutorial Gin Gonic : Upload File pada Gin Gonic – Hai hai hai jumpa lagi dengan saya admin kodiingin.com. Kali ini saya masih melanjutkan tutorial sebelumnya yang membahas Framework Gin pada Golang. Sebelumnya kita sudah membahas Tutorial Gin Gonic : Kumpulan Response Rendering Gin Gonic, Semoga anda sudah paham. Tutorial kali akan membahas cara upload file pada Gin, file yang di maksud yaitu file media seperti gambar.

Fitur Upload file disuatu website penting dan wajib ada, file untuk kebutuhan website biasanya berguna untuk tanda pengenal, baik itu tanda pengenal sebuah merk dagang maupun pengguna. Contoh studi kasusnya suatu postingan website wajib memiliki gambar untuk mendukung proses belajar mudah dipahami.

Di Gin sangat mudah menggunakan upload file gambar, fitur upload file gambar sudah disdiakan, baik itu gambar bersifat tunggal maupun banyak. Namun Tutorial kali ini admin mau berbagi tutorial cara upload gambar secara tunggal.

Yuk tidak usah terlalu panjang lebar kali tinggi, mari kita bahas.

Tutorial Gin Gonic : Upload File pada Gin Gonic

Tutorial upload file pada gin menggunakan template HTML sebagai form untuk menginputkan file, pada kasus ini gambar yang saya digunakan.

Silahkan anda buat nama folder bebas, lalu buat satu file dengan nama main.go dan folder dengan nama static. Pada Folder static silahkan buat file dengan nama index.html.

main.go

File main.go berguna untuk mamanggil template form html dan melakukan proses upload gambar yang ditandai dengan 2 route dengan method GET dan POST. Dimana method Get untuk memanggil file html dan method post digunakan untuk melakukan upload. Secara default bawaan ukuran maksimal upload file yaitu sebesar 32 MiB.

Jika sudah lanjut membuat file HTML pada folder static.

static/index.html

Form tersebut hanya memilikii satu form dengan tipe input file. Jangan lupa pada bagian pembuka form menggunaan enctype=”multipart/form-data” untuk kebutuhan mengupload file.

Method pada form diatas yaitu form, sesuai dengan URL routing yang dituju, jadi form harus sama dengan method pada routing yang digunakan untuk melakukan proses.

Cukup mudah bukan ? Sekarang saatnya uji coba.

Uji Coba Upload File Gambar dengan Gin Golang

Sebelum melakukan uji coba jangan lupa menjalankan server ginnya, dengan mengetikan

jika sudah silahkan buka dibrowser dengan routing home (/).

Tutorial Gin Gonic : Upload File pada Gin Gonic
Tutorial Gin Gonic : Upload File pada Gin Gonic

Silahkan pilih gambar sesuai keingan anda dan klik submit.

Jika sudah akan muncul keterangan sesuai di kode yaitu “File {sesuai nama gambar anda} uploaded successfully”.

Silahkan periksa root folder projek anda, maka akan muncul gambar yang anda upload.

Tutorial Gin Gonic : Upload File pada Gin Gonic
Tutorial Gin Gonic : Upload File pada Gin Gonic

Jika sudah muncul gambar yang anda upload maka artinya proses upload gambar dengan gin berhasil dilakukan.

Kesimpulan

Proses upload file gambar Gin sangat mudah dilakukan, karena gin memberi dukungan yang luar biasa. Ukuran upload file sendiri lumayan besar secara default yaitu 32 Mb. Kebayangkan Gin merupakan framework Go yang terkenal dengan kecepatannya, begitupun dengan mengupload file pastinya sangat cepat.

Sekian Tutorial Gin Gonic : Upload File pada Gin Gonic.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply