Tutorial Gin Gonic : Pengertian dan Cara Install Gin Gonic

Pengertian dan Cara Install Gin Gonic – Hallo semuanya selamat datang di kodingin.com situs tutorial belajar Gin gionic. Kali saya akan membahas mengenai Gin Gonic, apa itu gin gonic ? Gin Gonic merupakan salah satu framework website dari bahasa pemrograman Golang. Gin Gonic sangat cocok untuk membangun aplikasi berbasis website.

Tutorial Gin Gonic : Pengertian dan Cara Install Gin Gonic

Web Framework Gin memiliki kinerja yang lumayan cepat membangun situs website. Sebelum melanjutkan belajar gin sebaiknya anda mengerti dulu bahasa Go secara dasar.

Mari kita lihat Benchmarks perbandingan framework Gin dengan framework Golang lainnya. Kehebatan Gin tersebut berjalan lumayan cepat karena menggunakan routes dengan HttpRouter.

Tutorial Gin Gonic : Pengertian dan Cara Install Gin Gonic
Tutorial Gin Gonic : Pengertian dan Cara Install Gin Gonic

Silahkan cermati perbandinga Pengujian diatas, saya akan jelaskan 4 Aspek tersebut.

  1. Total pengulangan yang dapat di capai dengan waktu yang konstans. Gin memperoleh skor sejumlah 3000.
  2. Pengulangan sedikit akan membuat durasi lebih rendah.
  3. Akumulasi memori lumayan rendah.
  4. Alokasi Rata-rata per Pengulangan lebih rendah lebih baik

Secara garis besar framework gin memiliki kecepatan yang baik dengan router yang di pakai. Routing pada gin juga dapat mendukung Net Http Golang.

Fitur menarik yang ada di Gin Gonic

Middleware support

Permintaan HTTP Request dapat dilewatkan menggunakan middleware, middleware sendiri digunakan sebagai batasan masuk, misalnya untuk mencatat kejadian yang diproses.

Routes grouping

Terdapat fitur penanganan routing, sehingga semua proses dimulai dari router. Di Gin terdapat pengelompokan pada routing, misalnya membuat routing dengan tujuan berbeda.

Error management

Gin mudah menampilkan kesalahan ketika terdapat proses yang tidak sesuai yang nantinya terdapat pada log yang dikirim melalui http.

Rendering built-in

Gin sendiri mendukung format rendering data yaitu JSON, HTML dan XML. Jadi sangat cocok sekali untuk membangun web maupun REST API.

Extendable

Penulisan kode cukup serderhana sehingga tidak membutuhkan banyak baris untuk melakukan suatu opersi, misalnya untuk melakukan batasan akses dengan middleware.

Crash-free

Ketika terjadi kesalahan pada suatu fungsi http pada Gin tetap berjalan namun selalu dicatat. Artinya dapat menangani kesalahan dengan baik.

JSON validation

Dapat menangani data yang masuk dan memvalidasi data yang masuk, misalnya data yang masuk tidak sesuai makan akan dikirimkan kesalahan terhadap validation yang masuk.

Cara Install Gin Gonic

Sebelum menginstall Gin gonic pastikan dulu anda sudah menginstall Golang dengan versi minimal 1.7 atau 1.8.

Untuk menginstall Gin silahkan anda ketikkan perintah di bawah ini di Gopath ketika anda menggunakan manajemen secara global.

Dengan penulisan kode diatas Gin sudah berhasil kita install. Lanjut kita lihat contoh penggunaan dasar Gin.

Penggunaan Kode Gin

Yuk kita buat contoh kode sederhana menggunakan gin. Silahkan buat Folder dengan nama blog dan buat file dengan nama main.go

main.go

Penjelasan kode diatas.

  1. Pada baris ke 3, Artinya file tersebut mengambil fungsi pada Gin.
  2. Pada baris ke 6, Artinya mendefiniskan gin framework yang nantinya untuk melakukan routing.
  3. Baris ke 12, Artinya untuk menjalankan http server agar dapat diakses.

Selanjutnya jalankan dengan mengetikan perintah

dan lihat hasilnya

Tutorial Gin Gonic : Pengertian dan Cara Install Gin Gonic
Tutorial Gin Gonic : Pengertian dan Cara Install Gin Gonic

Terlihat diterminal menghasilkan pesan dengan kata “pong”. Secara default gin berjalan pada local server dengan port 8080. Di gin semua permintaan routing yang di akses akan tercatat pada terminal anda. Untuk versi pengembangan gin dapat mengatur menggunakan mode “debug” sedangkan ketika sudah layak diproduksi oleh umum terhadap aplikasi anda sebaiknya menggunakan mode “release”.

Penutup

Framework Gin Gonic sangat baik untuk membangun aplikasi berbasis website, baik website secara umum maupun untuk membangun REST API. Dukungan routing yang baik dapat membuat kinerja aplikasi kita semakin cepat. Untuk belajar di dokumentasi resminya bisa kunjungi https://gin-gonic.com/

Sekian Tutorial Gin Gonic : Pengertian dan Cara Install Gin Gonic

Semoga Bermanfaat.

Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.
Leave a Reply