Tutorial Gin Gonic : Belajar membuat Router pada Gin Gonic

Belajar membuat Router pada Gin Go
Belajar membuat Router pada Gin Go

Tutorial Gin Gonic : Belajar membuat Routing pada Gin Go – Halo semua selamat datang di kodingin.com, Kali ini Admin ingin meneruskan dari tutorial yang membahas Gin yaitu cara membuat Routes di Gin Gonic. Para programer pasti sudah tahu dong apa fungsi route dalam sebuah framework. Routing / router digunakan sebagai pintu utama ketika mengakses suatu URL pada suatau website, bisa diartikan sebagai jalur untuk masuk biasanya masuk kedalam sebuah fungsi yang disusun sedemikian rupa.

Jenis Router di bagi menjadi 6 yaitu GET, POST, PUT, PATCH, DELETE and OPTIONS. Ke 6 Jenis routing mempunyai method dengan fungsi yang berbeda. Jenis Metthod yang sering digunakan yaitu GET dan POST, dimana GET itu untuk mengakses HTTP tanpa harus melewati apapun / langsung, sedangkan POST harus menggunakan sebuah FORM HTML. Jenis Method lainnya bisa digunakan ketika membutuhkan nya. Method PUT dan PATH digunakan untuk melakukan update data, sedangkan untuk DELETE untuk menghapus data.

Di Golang pada Framework Gin router tidak hanya untuk melakukan jalur proses saja melainkan dapat memanggil file static.

Apa itu File Static ?

File Static merupakan file tambahan untuk mendukung website anda, biasanya meliputi CSS, Javascript dan Gambar.

Tutorial Gin Gonic : Belajar membuat Router pada Gin Go

Selanjutnya kita langsung saja prakterkan bagaimana cara membuat router di gin. Router di Gin dapat secara tunggal maupun menggunakan pengelompokkan.

Kali ini saya akan berikan contoh bagaimana cara menggunakan router yang diproses secara langsung didalamnya maupun memanggil fungsi lain di file yang sama.

Tutorial Gin kali ini tidak membahas gimana cara melakukan instalasi , apabila belum anda bisa simak artikel Tutorial Gin Gonic : Pengertian dan Cara Install Gin Gonic.

Langkah pertama siapkan sebuah folder dan file dengan format .go. Kali ini saya ingin membuat projek dengan nama blog dan didalamnya saya buat file main.go.

Blog\main.go

Kode diatas digunakan untuk mencetak tulisan text dengan kata Selamat datang dikodingin.com. Handler pada gin menggunakan *gin.Context sebagai pengganti http. Kode diatas contoh implmenetansi dengan route tipe GET dan diproses langsung dimethod tersebut.

Lalu bagaimana cara memanggil method lain menggunakan routing ?

Langsung saja dengan file yang sama kita ubah kode nya menjadi.

Blog\main.go

Nah, nama method yang dipanggil dengan routing diletakan belakang setelah nama routing.

Router Menggunakan Parameter

Pernah kah anda melihat suatu URL dibelakang terdapat URL yang bersifat dinamis, nah itu perinah parameter bebas yang bisa kita ambil isinya. Ada 2 tipe pengggunaan parameter GET yaitu dengan model

  1. /{name} , artinya parameter dipisahkan dengan tanda “/”. atau yang biasa di sebut query in path
  2. /?name={}, artinya parameter query ditandai dengan tanda “?” sebagai pemisah antar URL.

Saya berikan contoh kode 2 tipe parameter tersebut.

Blog\main.go

Kode diatas terlihat yan saya tandai dengan komentar, dimana pada baris 13 untuk mengambil data dari URL path, sedangkan baris 15 berfungsi mengambil dari parameter query denga method GET.

Uji Coba Router Menggunakan Parameter

Kode diatas jika dijalankan dan dibuka dihalaman browser dengan port :8080/ diikuti dengan paramter maka menghasilkan hasil yang berbeda. sebagai contoh saya akses dengan parameter berikut.

Maka hasilnya :

Selanjutnya kita bahas bagaimana cara membut group routing.

Membuat Group Router

Untuk membuat routing dengan grup kita harus menambahkan frefix / awalan, misalnya admin yang isinya module untuk halaman admin.

Mari kita tuliskan kodenya, masih di file yang sama dengan method main.

Blog\main.go

Kode diatas memiliki 2 pengelompokan routing yaitu v1 dan v2. Jadi ketika mengakses nama end point ke 3 hasilnya tergantung end point ke 2.

Uji Coba Membuat Group Router

Kita lakukan uji coba dengan mengakses 2 routing tersebut yaitu :

Maka Outputnya yaitu :

Penutup

Kita sudah berhasil membuat routing dasar dengan HTTP GET, setiap kode yang dituliskan menggunakan gin terdapat rendering nya, contoh diatas menggunakan string, untuk rendering sendiri kita bahas pada artikel yang berbeda. Dan juga terdapat kode http status, artinya status kode yang diberikan, hebatny di Gin status kode yang kita tentukan namun ketika tidak ada URL ditemukan si Gin langsung bisa meredirect sendiri.

Oke sekian Tutorial Gin Gonic : Belajar membuat Router pada Gin Go

Semoga Bermanfaat.

Baca juga : Tutorial Gin Gonic : Pengertian dan Cara Install Gin Gonic

admin
Leave a Reply