Tutorial Export PDF dengan DOMPDF pada Laravel

Tutorial Export PDF dengan DOMPDF pada Laravel – PDF merupakan salah satu jenis dokumen yang populer digunakan untuk kebutuhan data. Dengan menggunakan jenis File dokumen PDF maka informasi dapat tersaji secara detail.

Suatu aplikasi yang baik lebih tepatnya untuk memenuhi kebutuhan data sebaiknya terdapat fitur/menu export dalam bentuk dokumen, salah satunya PDF. Biasanya export PDF digunakan sebagai hasil sebuah laportan data, contohnya anda punya aplikasi penggajian karyawan dan anda dapat mencetak dalam bentuk PDF slip gaji pada setiap karyawan.

Pada tutorial kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai cara export PDF dengan menggunakan DOMPDF pada Laravel.

Apa itu DOMPDF ? DOMPDF merupakan thitd party / Depedency /Library yang siap digunakan, dengan menggunakan DOMPDF kita tidak perlu membuat sintak nya dari awal, namun tetap menggunakan standart yang telah di tentukan.

Yuk mari kita bahas satu per satu… .

Tutorial Export PDF dengan DOMPDF pada Laravel

Instalasi DOMPDF menggunakan Composer

Silahkan ketikan perintah dibawah ini pada terminal/command line yang anda pakai. Proses di bawah ini meruapakan proses mengunduh file data /package ke dalam projek kita. Hasil dengen mengetikan perintah di bawah ini akan masuk ke folder vendor.

Langkah berikutnya package DOMPDF harus kita daftar kan ke dalam provider dan alias projek root laravel kita. Cara silahkan buka projek anda dan edit pada file config/app.php. Selanjutnya silahkan isikan baris di bawah ini di dalam provivers dan alias.

Script atau baris kode di atas untuk memberi tahu laravel bahwa ada file di vendir dengan nama class yang telah di identifikasikan pada baris provider, Pada alias digunakan untuk memanggil dari class lain ketika membutuhkan.

Membuat Routing Baru

Buat Routing baru di routes/web.php. Routes ini berguna untuk memanggil controller dan agar URL dapat di akses.

Membuat Controller Baru

Langkah berikutnya membuat controller baru, silahkan ketikan perintah di bawah ini

Lalu edit pada controller MahasiswaController.php dengan kode di bawah ini.

App/Http/Controller/MahasiswaController.php

Penjelasan kode di atas yaitu

  • Line 6, Berfungsi untuk memanggil alias PDF, yang artinya memanggil class PDF yang dimiliki oleh DOMPDF.
  • Line 11 – 6 , Berfungsi membuat data array yang di oper ke halaman views.
  • Line 17, Untuk memanggil File views.
  • Line 18, Untuk menanmpilkan di browser berupa file PDF.

Apabila ingin file PDF ke unduh anda dapat menggantinya code “stream” menjadi “donwload”

Membuat View Baru

Silahkan buat view baru dengan nama mahasiswa.blade.php dengan kode di bawah ini.

resources/mahasiswa.blade.php

Kode HTML di atas merupakan sebuah halaman yang ingin di jadikan file PDF, contoh di atas merupakan HTML serderhana untuk menampilkan data mahasiswa. Data Mahasiswa berasal dari data array dari controller.

Uji Coba Export PDF pada Laravel

Sekarang saatnya yang ditunggu yaitu melakukan pengujian, silahkan anda buka browser nya dan akses dengan rooutes /mahasiswa. Oh iya anda janga lupa hidupkan laravel servernya ya.

Tutorial Export PDF dengan DOMPDF pada Laravel

Gambar diatas menunjukan bahwa export dokoment PDF berhasil dilakukan. Contoh diatas merupakan contoh yang sederhana, anda juga dapat mengubah style lainnya, silahkan pelajari lebih lanjut di https://github.com/barryvdh/laravel-dompdf.

Anda juga dapat menampilkan data dari database kemudian diexport dalam bentuk PDF, cara seperti menampilkan view pada biasanya namun pemanggilannya yang berbeda. Anda dapat melakukan pemanggilan dengan cara yang saya sampaikan diatas.

Sekian tutorial mengenai tutorial export dokumen PDF menggunakan DOMPDF pada Framework Laravel.

Semoga Bermanfaat.

admin
Leave a Reply