Tutorial Encrypt and Decrypt pada Laravel

Tutorial Encrypting and Decrypting pada Laravel – Salah satu fitur yang ada pada laravel yaitu encryption dan Decrypting. Jika di artikan dalam bahasa indonesia maka, encryption biasa disebut enkripsi, enskripsi merupakan suatu proses atau metode mengubah teks menjadi pesan menggunakan algoritma sehingga orang lain tidak bisa membaca data yang semestinya. Sedangkan Decrypting atau yang biasa disebut dekripsi kebalikan dari enkripsi yaitu membaca data hasil proses Algortima ke dalam text yang asli.

Laravel menggunakan enksripsi  AES-128-CBC dan AES-256-CBC yang menggunakan open SSL dalam proses enkripsinya standar enkripsi tingkat lanjut dengan ukuran kunci 256 bit dan mode sandi CBC. Enskripsi ini banyak digunakan untuk banyak kebutuhan data misalnya URL dan password, namun kebanyakan password menggunakan hash, lain kali kita bahas hashing.

Oke Langsung kita bahas saja .. .

Tutorial Encrypting and Decrypting pada Laravel

Oke langsung saja kita menuju pada cara penggunaan Encrypting and Decrypting pada Laravel, Pada tutorial kali ini saya anggap anda sudah menginstall Laravel anda.

Mengkonfigurasi Enkripsi

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu Mengkonfigurasi Enkripsi, Untuk menghidupkan kunci enkripsi pada Laravel , silahkan anda ketikan perintah berikut di terminal anda.

Hasil dari perintah di atas yaitu akan tersedia isi APP_KEY yang tedapat di file .env anda. Silahkan anda periksa, apabila muncul kode byte yang tidak bisa dibaca dengan bahasa manusia maka artinya berhasil dilakukan.

Seperti yang saya sebutkan di atas bahwa laravel menggunakan chiper AES-128-CBC dan AES-256-CBC , anda bisa periksa di app/config, akan terdapat kode sebagai berikut :

Implementasi Encrypt and Decrypt pada Laravel

Langkah selanjutnya kita buat kodenya , yuk mari kita buat tahap demi tahap tutorial Laravel kali ini.

Membuat Routing Baru

Silahkan anda buat satu routing sebagai contoh saja dan memberikan kode seperti kode di bawah ini :

routes/web.php

Routing tersebut berguna untuk memanggil method / fungsi dengan nama index pada class EncController.

Membuat Controller Baru

Seperti biasa cara untuk membuat controller pada Laravel dengan menggunakan terminal / command line denga perintah berikut ini :

Maka akan terbuat secara otomatis dengan nama file EncController.php. Selanjutnya mari kita implementasikan cara enkripsi dan dekripsi laravel. Silahkan buka controller EncController dan berikan kode seperti di bawah ini

Penjelasan kode :

  • Line 6, Memanggil class milik Laravel Illuminate\Support\Facades\Crypt
  • Line 11, Mengenkripsi string dengan isi text “didikprabowo.com”
  • Line 13, Mendekripsi hasil enkripsi dari text “didikprabowo.com”

Proses dekripsi diatas bisa memunculkan errot ketika nilai string byte yang ingin di dekripsi tidak ditemukan, maka dari itu perlu kita tambahi yang namanya error handling, sehingga kode nya menjadi kode di bawah ini :

Penjelasan Kode :

  • Line 7, Berfungsi untuk memanggil class Exception Error
  • Line 14 – 18, Berfungsi untuk melakukan pemeriksaan error pada laravel.

Uji Coba Encrypt and Decrypt pada Laravel

Silahkan lakukan uji coba dengan mebuka browser dan mengakses routes /enc, contohnya ketika menggunakan localhost yaitu localhost:8000/enc

Tutorial Encrypting and Decrypting pada Laravel

Gambar di atas saya melakukan uji coba enkripsi text didikprabowo.com dan dekripsi string “sd”, sehingga akan muncul hasil enkripsi dan terjadi kesalahan karena enkripsi “sd” tidak diketahui. Apabila ingin memunculkan dekripsi dari enkripsi tersebut tinggal mengganti dengan variabel $en.

Oke sekian tutorial mengenai cara enkripsi dan dekripsi pada Laravel, anda juga dapat berlatih untuk Encrypt and Decrypt contohnya untuk mengenkripsi password, gambar, URL dan lainnya.

Semoga bermanfaat.

Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.
Leave a Reply