Kodingin

Kumpulan Tipe Data String Huruf pada MySQL

Kumpulan Tipe Data String Huruf pada MySQL
Tipe Data String Huruf pada MySQL

Kumpulan Tipe Data String Huruf pada MySQL – Tipe data string pada MySQL berguna untuk menyimpan data yang berupa hurf / text biasanya. Tipe data string juga dapat menyimpan data numerik. Namun tidak direkomendasikan.

Maca tipe data string pada MySQL meliputi  CHAR, VARCHAR, BINARY, VARBINARY, TEXT dan BLOB. Setiap tipe data string memiliki karakter dan panjang yang berbeda. Perbedaan macam tipe data string berupa panjang karakter, cara menyimpam ke tabel MySQL serta sensitifitas terhadap text yang di masukkan.

Kumpulan Tipe Data String Huruf pada MySQL dan cara menggunanakannya

Ada 6 tipe data string / text yang telah saya sebutkan di atas. Mari kita bahas satu persatu cara menggunakan tipe data string pada database MySQL.

Tipe Data CHAR dan VARCHAR

Tipe data CHAR dan VARCHAR hampir sama, namun terdapat perbedaan cara mengambil dan menampiilkan data dari database MySQL. VARCHAR dan CHAR memiliki panjang maksimal karakter yang berbeda.

CHAR memiliki jangkauan panjang 0 sampai dengan 255 karakater string MySQL. Sedangkan untuk tipe data VARCHAR memiliki jangkauan panjang 0 sampai dengan 65,535 karakter.

Perbedaan antara CHAR dan VARCHAR dala segi penyimpanan yaitu CHAR tetap menyimpan panjang karakter yang ditetapkan , sedangkan VARCHAR bersifat dinamis sesuai data yang di input. Sebagai contoh saya membuat tabel MySQL dengan tipe data CHAR(6) dan VARCHAR(10), Ketika saya memberi nilai yang saya dengan panjang karakter 4 maka CHAR tetap menganggap data yang saya masukkan panjangnya 6, sedangkan VARCHAR panjangnya sama dengan apa yang kita masukkan.

Kumpulan Tipe Data String Huruf pada MySQL
Tipe Data String Huruf pada MySQL

Namun, CHAR dan VARCHAR memiliki kesamaan yaitu ketika data yang di input melebihi karakter panjang yang di tetapkan maka akan terpotong.

Di lihat dari segi kecepatan penyimpanan dengan tipe data CHAR dengan VARCHAR maka lebih unggul CHAR karena tidak memerlukan proses perhitingan panjang karakter string.

Cara membuat Tabel dengan Tipe Data CHAR dan VARCHAR pada MySQL

Tipe data CHAR cocok untuk data yang tetap sedangkan VARCHAR data yang berubah-ubah. Sebagai contoh yang cocok buat tipe data CHAR yaitu NIM, sedangkan untuk tipe data VARCHAR yaitu Nama.

Saya akan memberikan contoh cara membuat tipe data char dan varchar pada MySQL sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan yang cocok.

Berikut ini contoh query cara menggunakan tipe data VARHCAR dan CHAR.

Query pembuatan tabel MySQL di atas memiliki 2 kolom yaitu NIM dan Name. Pada Kolom NIM memiliki panjang 7 dengan tipe data CHAR, sedangkan pada kolom name memiiliki maksimal panjang string yaitu 100 dengan tipe data VARHCAR.

Tipe Data BINARY dan VARBINARY pada MySQL

Tipe data BINARY dan VARBINARY ini hampir sama dengan CHAR dan VARCHAR. Hal yang membedakana adalah kerangka pada struktur penyimpanannya di tabel MySQL.

Tipe data BINARY yang di simpan adalah sebuah angka biner yang merupakan sebuah bahasa mesin. Namun CHAR dan VARCHAR masih bisa di pahami karena menggunakan karakter huruf. Tipe Data BINARY dan VARBINARY cara penyimananya berdasarkan per bitnya / di hitung secara biner.

Sebagai contoh dengan huruf “C” di simpan dengan tipe data CHAR , maka C besae sama dengan c kecil. Namun ketika menggunakan tipe data BINARY maka akan berbeda amtara c kecil dan C besar.

Lalu apa perbedaan BINARY dan VARBINARY ?

BINARY mempunyai panjang maksimal karakter yaitu 255 karakter, sedangkan tipe data VARBINARY dengan panjang maksimal 66, 535 karakter.

  1. Binary = 225 karakter
  2. Var binary = 65,535 karakter

Sama hal dengan perbedaan antara CHAR dan VARCHAR, dimana BINARY mempunyai panjang karakter yang tetap / staticm sedangkan VARBINARY dapat berubah-ubah / dinamis.

Cara membuat Tabel dengan Tipe Data BINARY dan VARBINARY pada MySQL

Sebagai contoh saya akan membuat tabel dengan nama jurusan yang mempunyai kolom jurusan_satu dan jurusan_2. Untuk jurusan_1 akan saya beri tipe data BINARI sedangkan untuk jurusan_2 dengan tipe data VARBINARY.

Pada tipe data BINARY tidak mendukung pencarian dengan strting namun pada kolom dengan tipe data VARBINARY mendukung.

Contoh Query membuat tabel dengan Tipe data BINARY dan VARBINARY.

Setelah itu saya akan coba memasukan data ke dalam tabel jurusan. Saya beri nilai dengan nilai yang sama antara data BINARY dan VARBINARY

Untuk membuktikan bahwa tipe data BINARY dan VARBINARY merupakan tipe data yang case sensitive saya akan menggunakan clausa where untuk menampilkan data MySQL.

Pada clausa where di atas saya menambil dengan tipe data VARBINARY dengan clausa where huruf kcil dan besar. Telah terbukti bahwa pada tipe data VARBINARY sangat case sensitive dimana sayan mencari data denan kata bio menggunakan huruf besar tidak akan muncul.

Bukti bahwa tipe data BINARY tidak dapat dilakukan dengan clausa tipe data string dengan query berikut.

Data pada tabel MySQL pada jurusan satu padahal ada isi dengan nilai data yaitu bio.

Tipe Data TEXT pada MySQL

Tipe data TEXT pada MySQL berupa string selayaknya dengan tipe data VARCHAR, namun perbedaannya tipe data TEXT memiliki alokasi ukuran yang besar dan panjang yang besar karakter nilainya.

Tipe data TEXT meiliputi TEXT, TINYTEXT, MEDIUMTEXT dan LONGTEXT.

Tipe DataUkuran MaksimumJumlah Karakter Maksimum
TINYTEXT255 byte255
TEXT65.535 byte (64 KB)6.5535
MEDIUMTEXT16.777.215 byte (16MB)16.777.215
LONGTEXT4.294.967.295 (4GB)4.294.967.295

Tipe data TEXT pada MySQL sangat cocok untuk menyimpan karakter string yang panjang, contohnya postingan artikel dimana postingan artikel terdapata panjang kata yang tidak menentu.

Cara membuat Tabel dengan Tipe Data TEXT pada MySQL

Sebagai contoh saya akan membuat tabel MySQL dengan tipe data text yang meliputi TINYTEXT, TEXT dan LONGTEXT.

Berikut ini contoh membuat tabel database dengan tipe data TEXT

Ukuran penyimpanan tipe data text sesuai data yang dimasukan, semakin panjang data yang telah anda masukan maka sekamin besar juga ukuran memori yang telah di pakai.

Tipe Data BLOB pada MySQL

Tipe DATA blog merupakan versi binary dari tipe data TEXT yang disimpan secara bit. Penggunaan setiap karakter akan di anggap berbeda, sebagai contoh huruf c tidak sama dengan huruf C.

Tipe ddata  BLOB meliputi : TINY BLOB, BLOB, MEDIUM BLOB, dan LONGBLOB. Setiap macam tipe data BLOB memiliki karakter yang berbeda.

Tipe DataUkuran MaksimumJumlah Karakter Maksimum
TINYBLOB255 byte255
BLOB65.535 byte (64 KB)65.535
MEDIUMBLOB16.777.215 byte (16MB)16.777.215
LONGBLOB4.294.967.295 (4GB)4.294.967.295

Tipe data Blog sangat cocok untuk menyimpan sebuah file, contohnya saya sering menggunakan untuk menyimpan gambar dengan tipe data BLOB.

Cara membuat Tabel dengan Tipe Data BLOB pada MySQL

Saya akan memberikan contoh dengan tipe data BLOG dengan macam TINYBLOG, BLOB dan LONGBLOB dengan kolom yang berbeda.

Berikut ini contoh membuat tabel dengan tipe data BLOB.

Pada membuatan tabel di atas terdapat 3 kolom, dimana setiap kolom mempunyai macam tipe data BLOG yang berbeda.

Kesimpulan

Tipe data string meliputi Tipe data TEXT, BLOG, CHAR, VARCHA,BINARY dan VARBINARY. Untuk membuat kolom tabel dengan panjang text yang panjang sebaiknya menggunakan tipe data text. Kegunaan tipe data binary sangat cocok digunakan untuk anda yang memperhatikan keamanan data karena berbentuk bit.

Sekian Kumpulan Tipe Data String Huruf pada MySQL.

Terima Kasih.

Baca juga :

Leave a Reply