Mengenal Tipe data ENUM dan SET pada Database MySQL

Tipe data ENUM dan SET pada Database MySQL
Tipe data ENUM dan SET pada Database MySQL

Tipe data di MySQL sangat banyak sekali, salah satunya tipe data ENUM. Tipe data ENUM merupakan tipe data yang telah di tentukan sebelumnya kolom yang ingin di isi. Data yang tidak sesuai dengan pilihan maka tidak dapat tersimpan di database MySQL.

Salah satu contoh tipe data ENUM yaitu jenis kelamin, dimana telah kita ketahui bahwa jenis kelamin hanya ada 2 yaitu Laki-laki dan peremuan secara umum. Maka dari Itu kita dapat membuat data ENUM yang berisi laki-laki dan perempuan.

Sedangkan tipe data SET merupakan tipe data yang nilai nya yang di piliha bukan hanya satu, misalnya sebuah jurusan. Jadi tipe data SET dapat digunakan pilihan yang lebih dari satu, contohnya dalam kasus KRS mahasiswa, seorang mahasiswa dapat melakukan KRS lebih dari satu mata kuliah.

Mengenal Tipe data ENUM dan SET pada Database MySQL

Tipe data ENUM mempunyai pilihan maksimal yaitu 65,535 string /huruf. Sedangkan tipe data SET dengan maksimal daftar pemilihan maksimal yaitu 64.

Cara Penggunaan Tipe data ENUM

Contoh query dengan tipe data ENUM

Maka akan terbuat tabel database dengan struktur sebagai berikut.

Bisa kita lihat di atas pada struktur / skema database terbuat sebuah tabel dengan kolom / field jk dengan tipe data enum, dimana pilihan data enum yaitu L dan P.

Cara Penggunaan Tipe data SET

Contoh Query Tipe Data SET.

Setelah itu coba kita lihat skema database MySQL nya.

Jadi pada skema di atas menunjukkab bahwa tipe data SET bisa memilih lebih dari satu pilihan yang ada.

Kesimpulan

Perbedaan Antara tipe data ENUM dan SET pada jumlah data yang di pilih, dimana pada tipe data ENUM hanya bisa memilih satu pilihan saja sedangkan tipe data SET bisa memilih lebih dari satu pilihan.

Sekian Mengenal Tipe data ENUM dan SET pada Database MySQL.

Semoga Bermanfaat.

Baca juga :

Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.

2 Comments

  1. uihhhh keceee…. lanjutkan boss…

Leave a Reply