Teknik SEO White Hat yang Bisa Berbahaya

Berbeda dengan teknik SEO Black Hat yang jelas menyalahi aturan main Google, teknik SEO White Hat umumnya dianggap lebih aman untuk dilakukan dan bisa bertahan cukup baik dalam jangka panjang. Algoritma Google yang terus berubah-ubah seiring dengan update yang dilakukan, kadang membuat teknik tahun lalu tidak lagi berfungsi di tahun ini.

Teknik SEO White Hat yang Bisa Berbahaya bagi Website

Pada akhir tahun 2018, Google memberi penalti pada teknik-teknik SEO yang seharusnya masuk kategori White Hat. Tidak tanggung-tanggung, Google memberi 3 penalti berturut-turut pada metode link building White Hat.

Ini meningkat tiga kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya. Umumnya, Google hanya memberi satu kali penalti pada suatu website yang dianggap menyalahi teknik SEO White Hat. Sayangnya, Google jarang memberi contoh teknik yang akan jadi masalah kedepannya meskipun Anda yakin cara tersebut tidak dilarang.

Teknik SEO White Hat yang Bisa Berbahaya
Teknik SEO White Hat yang Bisa Berbahaya

Menurut Rick Lomas, dalam pembahasannya, beliau menyebutkan bahwa untuk membangun backlink, ada 7 cara yang harus dihindari karena Google akan memberi Anda penalti. Simak penjelasannya di bawah ini dan pastikan Anda menghindari cara di bawah ini.

Jika sudah terlanjur, segera perbaiki sebelum Google menyadarinya!

4 Link Building yang Bisa Berdampak Negatif

Berikut ini Teknik SEO White Hat yang Bisa Berbahaya :

Memasukkan Link yang tidak ada relevansi terhadap konten yang dibahas

Algoritma Google sudah semakin canggih dalam membaca dan memahami konten website Anda. Banyak praktisi SEO yang menyarankan untuk membagun backlink dengan menyisipkan 2 atau 3 backlink dalam artikel yang terdiri dari 300-500 kata.

Baca Juga : Panduan SEO On Page yang Tahan Lama

Tapi jika Anda menggunakan teknik ini sembarangan, Google akan memberi penalti.
Misalnya, kalau artikel Anda membahas mengenai Mata Uang Rupiah, dan link Anda terdapat di paragraf yang membahas mengenai penyakit mata, Google akan memberikan penalti. Karena Mata Uang dan penyakit mata jelas-jelas tidak ada relevansinya.

Guest Post, Sponsored Post, Pay fo Post, dan sejenisnya

Fakta satu ini tidak terlalu mengejutkan. Google tidak menyukai link building yang dibuat dengan cara demikian. Anda dilarang menggunakan jasa guest posting, pay for post, pay for link, bertukar link, atau cara apapun yang bertentangan dengan panduan Google Webmaster.

Baca Nih, artikel menarik buat kamu : Evergreen dalam Content Marketing dan Cara Membuatnya

Meskipun artikel ditulis oleh profesional dan Anda menerima bayaran untuk menerbitkan artikel tersebut, Google akan dengan mudah memberi penalti.

Bagaimana Google mendeteksi guest post ?

Mudah saja. Lihat website Anda, apakah Anda memiliki laman khusus bertuliskan “Guest Post?“. Jika ya, hanya tinggal masalah waktu sampai Google menyadari ini dan memberi Anda penalti.

Website review dengan judul yang diulang-ulang

Ini mungkin sedikit membingungkan, tapi akan saya coba jelaskan. Apa Anda pernah menacari di Google “Ponsel Terbaik 2019”, “Anime Terbaik 2019”, dan sejenisnya yang menggunakan kata “Terbaik?”.

Jika website atau blog Anda dipenuhi dengan kata-kata yang sama (meskipun di bagian judul) dan diulang sebanyak 20 kali (karena ada 20 judul yang sebenarnya unik), Google akan menganggap ini sebagai spam karena penggunaan kata “terbaik” yang berlebihan.

Redirect yang tidak Relevan

Ketika Anda mencantumkan tautan yang mengarah ke website yang tidak relevan, Google akan menurunkan peringkat situs Anda. Bagaimana Google mengetahui ini?

Mudah saja. Indikatornya adalah tautan yang Anda cantumkan mengarah ke website yang dibuat dengan AGC atau Auto Generated Content. Konten yang ada di website tersebut tidak masuk akal dan dibuat hanya untuk membangun backlink.

Dalam membangun link building, Anda harus berhati-hati dengan guidelines yang disediakan oleh Google. Resikonya cukup besar jika mengingat website Anda bisa ditenggelamkan oleh Google dalam semalam.

Gunakan teknik SEO White Hat dengan bijak dan website Anda akan memiliki karir yang mulus selama bertahun-tahun ke depan.

Sekian…, Teknik SEO White Hat yang Bisa Berbahaya bagi Website.

Baca Juga…

Leave a Reply