Startup unicorn setiap tahun bermunnculan di Asia Tenggara. Dalam beberapa tahun terakhir ini, perkembangan perusahaan teknologi di Asia Tenggara telah berhasil melahirkan banyak perusahaan baru yang bermunculan berlabel startup unicorn.

Tidak tanggung-tanggung, perusahaan-perusahaan ini telah mendapatkan suntikan dana dari para investor hingga akhirnya bisa mendapatkan gelar perusahaan unicorn, atau perusahaan yang valuasinya di atas US$ 1 miliar.

Tak ketinggalan tentunya di Indonesia. Bahkan, tahun ini disebut-sebut bakal muncul startup unicorn baru lho!

Baca Juga : Apa itu StartUp ? Bagaimana Perkembangan StartUp di Indonesia

Lalu, apa saja sih perusahaan yang sedang berkembang ini?

Berikut daftar nama perusahaan-perusahaan yang merupakan techunicorn di Indonesia ini yang Kodingin kumpulkan dari berbagai sumber:

Traveloka

Startup Unicorn dari Indonesia Ada 4, Bakal Muncul Unicorn Baru?

Traveloka merupakan penyedia jasa online yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat, kereta, bis, hotel, penyedia jasa wisata, telekomunikasi dan masih banyak yang lainnya.

Perusahaan asal Indonesia ini didirikan pada tahun 2012. Hingga kini, layanan online travel, Traveloka valuasi nilai sahamnya ini sudah mencapai US$ 2 miliar.

Tokopedia

Startup Unicorn dari Indonesia Ada 4, Bakal Muncul Unicorn Baru?

Tokopedia merupakan suatu platform online yang mewadahi pemilik usaha kecil hingga menengah di Indonesia untuk membuka serta mengelola toko online milik mereka.

Perusahaan ini pertama kali berdiri pada tahun 2009 dan saat ini telah berkembang menjadi salah satu tech-unicorn terkenal. Pada 2017 lalu, Tokopedia bahkan menerima investasi sekitar 1,1 triliun Rupiah dari Alibaba.

Tokopedia yang melayani e-commerce memiliki taksiran valuasi US$7 miliar. Keamanan transaski disebut menjadi keunggulan Tokopedia dan menjadi pilihan e-commerce bagi sebagaian besar masyarakat.

Bukalapak

Pada akhir 2015 lalu, Bukalapak dikabarkan telah memiliki sekitar 510,000 usaha kecil dan menengah yang tergabung ke dalam bagian Bukalapak. Bukalapak juga merupakan sebuah platform yang mewadahi para pengusaha untuk menjajakan barang dagangannya.

Sejak 2017, Bukalapak telah bergabung menjadi salah satu perusahaan techunicorn yang berasal dari Asia Tenggara.

Bukalapak yang melayani e-commerce memiliki taksiran valuasi US$ 1 miliar. Sebagian besar sahamnya dimiliki oleh EMTEK yang juga menaungi stasiun televisi Indosiar dan SCTV.

GOJEK

Startup Unicorn dari Indonesia Ada 4, Bakal Muncul Unicorn Baru?

Perusahaan penyedia jasa layanan transportasi ini kali pertama didirikan pada 2010 oleh Nadiem Makarim. Saat ini, GOJEK telah beroperasi di beberapa negara selain Indonesia seperti Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Selain transportasi, layanan lain yang diberikan oleh GOJEK adalah layanan antar makanan, pengiriman barang, bahkan memiliki sistem pembayarannya sendiri bernama Go Pay.

GOJEK sukses mengajak kerjasama jutaan mitra pengemudi diseluruh Indonesia. Tak hanya pengemudi, melalui fitur Go Pay, GOJEK mampu menggandeng usahak kecil mikro dan menenegah khususnya sektor kuliner untuk mengembangkan usaha mereka.

GOJEK juga mengakusisi LOKET yang mengelola event organizer. Juga MidTrans sebagai payment gateway terkemuka.

Nilai perusahaan GOJEK yang berfokus disektor transportasi dan layanan pengiriman barang memiliki taksiran valuasi US$ 10 miliar.

Ruangguru bakal jadi startup unicorn?

Ruangguru disebut-sebut berpotensi menjadi startup ke-lima Indonesia di tahun 2019 ini. Kabarnya, Ruangguru bersiap meraih pendanaan mencapai US$ 1 dalam waktu dekat.

Investor asal Jepang, SoftBank disebut-sebut tertarik dengan model bisnis yang dikembangkan Ruangguru dan sedang dalam pembicaraan untuk menyuntikkan modal jutaan dolar.

Gencarnya iklan Ruangguru pada berbagai media nasional untuk meraih user baru menjadi tanda startup pendidikan yang didirikan Adamas Belva Syah Devara ini bersiap membuat terobosan sekaligus menunjukkan pertumbuhan postif kepada calon investor mereka.

Model bisnis Ruangguru yang mempertemukan murid sekolah dengan guru melalui ruang virtual agaknya cocok diterapkan di Indonesia. Apalagi, teknologi komunikasi dan kecepatan akses Internet dapat menjadi terobosan baru di sektor pendidikan.

Tak hanya menguntungkan bagi siswa sekolah menengah, Ruangguru juga menyediakan tempat bagi pendidik untuk mendapat penghasilan tambahan dengan mengajarkan berbagai keahlian mereka melalui video dan diskusi di ruang virtual.

Potensi Ruangguru untuk mengembangkan unit usaha lain, seperti kurusu bahas, sertifikasi bahkan perkuliahan jarak jauh menjadi magnet investor untuk menggelontorkan modalnya.

Terlebih, prioritaskan Presiden Joko Widodo pada pembangunan sumber daya manusia (SDM) di periode ke-2 melalui penguatan kualitas SDM.

Diperkirakan, pemerintah dalam beberapa tahun kedepan akan mulai meningkatkan anggaran pendidikan, pengurangan dan insentif pajak kegiatan pendidikan, hingga investasi dana pemerintah untuk industri padat karya bidang pendidikan.

Kondisi tersebut membuat Ruangguru berpotensi menyematkan gelar unicorn di bidang edukasi teknologi sebelum tahun 2019 ini berakhir.

Nah itulah Startup Unicorn dari Indonesia.

4 Comments

  1. […] Baca Juga : Startup Unicorn dari Indonesia Ada 4, Bakal Muncul Unicorn Baru? […]

  2. […] Startup Unicorn dari Indonesia Ada 4, Bakal Muncul Unicorn Baru? […]

  3. […] Startup Unicorn dari Indonesia Ada 4, Bakal Muncul Unicorn Baru? […]

  4. Hobi bermain game ingin mendapatkan penghasilan tambahan ?? dengan bermoda 25K anda mendapat peluang menang hingga puluhan juta rupiah, Buruan gabung bersama kami dupa88. com

Leave a Reply