Apa itu Rekayasa Perangkat Lunak ? Simak Ulasannya Disini

Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak

Menurut Wikipedia, rekayasa perangkat lunak adalah salah satu bidang profesional yang membahas cara mengembangkan perangkat lunak, termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi, pengembangan aplikasi, dan manajemen kualitas.

Apa itu Rekayasa Perangkat Lunak ? Simak Ulasannya Disini

Rekayasa perangkat lunak sebagai aplikasi adalah pendekatan yang sistematis, disiplin, dan terkuantifikasi dalam hal pengembangan, penggunaan, dan pemeliharaan aplikasi. Serta studi tentang sejumlah pendekatan yang terkait dengan ini, yaitu penerapan pendekatan teknik untuk aplikasi.

Memahami RPL Menurut Masyarakat Komputer IEEE

Rekayasa Perangkat Lunak adalah konversi perangkat lunak itu sendiri dengan tujuan mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali. Kata rekayasa itu sendiri adalah prinsip untuk menghasilkan aplikasi yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif bagi pengguna.

Jadi kita dapat menyimpulkan bahwa Rekayasa Perangkat Lunak adalah upaya untuk mengembangkan perangkat yang jauh lebih bermanfaat dan lebih efisien. Hmmm menarik juga, itu hanya bernilai semakin mudah sepanjang hari, baik di sektor rumah tangga, kantor atau dalam hal transportasi.

Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak

Lebih khusus lagi, kita dapat menyatakan tujuan dan desain Perangkat Lunak ini adalah:

1. Dapatkan Biaya Produksi yang Lebih Rendah.

Tujuan melakukan pekerjaan serius adalah untuk dapat menghasilkan sesuatu yang lebih dari kemarin. Demikian juga dengan tujuan RPL ini diharapkan mampu membuat teknologi yang mampu tetapi dengan anggaran yang lebih murah.

2. Menghasilkan perangkat lunak yang memiliki kinerja tinggi, dapat diandalkan, dan tepat waktu

Semua perusahaan teknologi saat ini sangat peduli dengan kinerja barang yang mereka perdagangkan, sehingga kinerja adalah titik penjualan yang jauh lebih diperhatikan. RPL sangat berguna dalam hal ini.

3. Menghasilkan aplikasi yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform

Terlepas dari era komputer televisi dan tabung, semua komputer saat ini tampaknya dibuat dalam berbagai bentuk dan versi. Kemajuan yang sangat signifikan tentang bagaimana mereka membuat komputer pergi ke mana saja tanpa CPU yang besar, dan dapat bekerja pada berbagai platform.

4. Menghasilkan perangkat lunak yang memiliki biaya perawatan yang jauh lebih rendah

Semakin canggih atau canggih teknologi, semakin cepat akan menyedot segala sesuatu yang ada di saku Anda.

Bagaimana sebuah teknologi canggih dapat memiliki biaya perawatan yang sangat tinggi dalam mempertahankan daya tahan, tetapi rekayasa perangkat lunak dimaksudkan agar biaya pemeliharaan gadget dapat lebih rendah dari tahun ke tahun.

Kriteria dalam Rekayasa Perangkat Lunak

Dalam proses mengembangkan aplikasi, setiap insinyur harus memahami kriteria utama dalam proses pembuatan aplikasi. Berikut ini adalah beberapa kriteria umum yang harus dipenuhi dalam mengembangkan proyek rekayasa perangkat lunak yang ideal:

  • Mampu dipertahankan dan dipertahankan
  • Dapat mengikuti perkembangan teknologi dari tahun ke tahun (ketergantungan)
  • Dapat memenuhi kebutuhan pengguna (robust).
  • Efektif dan efisien saat menggunakan energi dan penggunaannya.
  • Mampu memenuhi kebutuhan yang diinginkan (usability).
  • Kriteria di atas harus dipenuhi oleh pengembang. Karena, apa makna penelitian seperti ini.

Ketika mereka tidak dapat memenuhi kriteria yang telah menjadi tolok ukur untuk keberhasilan membuat aplikasi. Maka dari itu kriteria adalah hal yang tidak boleh Anda kecualikan sama sekali.

Sekian Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak dan Ulasannya.

Semoga Bermanfaat.

Baca juga :

Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.

One comment

  1. Pengen belajar soal perangkat lunak

Leave a Reply