PrestaShop, CMS Canggih Untuk Online Store

PrestaShop dapat menjadi pilihan Anda membuat online store. PrestaShop merupakan content management system (CMS) open soure untuk bisnis yang bisa Anda gunakan secara bebas dan gratis. Meskipun gratis, jangan pandang sebelah mata fitur-fitur canggihnya yang memang sengaja dikembangkan oleh developer untuk mulai membangun online store secara cepat.

CMS ini dikembangkan sejak tahun 2005 lalu oleh sejumlah mahasiswa EPITECH IT School di Paris, Perancis. Proyek mahasiswa ini kemudian dilanjutkan oleh Bruno Lévêque dan Igor Schlumberger dengan membuat perusahaan PrestaShop SA, pada 2007.

Kemudahan dalam operasionalnya, membuat PrestaShop populer dan mulai banyak developer yang tertarik bekerjasama mengembangkan fitur-fiturnya. Kini, CMS ini telah mendapat dukungan 13 bahasa saat instalasi, penambahan fitur produk hingga kelengkapan dokumentasi.

Baca Juga: Mudah dan Cepat, Begini Cara Buat Toko Online dengan WordPress

Yuk, kita bahas mengapa Anda harus menggunakan PrestaShop untuk membangun online store:

PrestaShop Gratis dan Didukung Komunitas

PrestaShop, CMS Canggih Untuk Online Store

Kabar bagusnya, ini adalah CMS gratis yang dapat langsung dipasang di hosting. Meskipun gratis, Anda akan mendapat dukungan dari komunitas pengguna dari seluruh dunia untuk menyelesaikan berbagai kendala yang mungkin dihadapi.

Sejak beberapa tahun setelah diluncurkan, popularitas CMS ini membuatnya memiliki lima juta unduhan dan digunakan di 100 negara. Terdapat lebih dari satu juta anggota komunitas aktif dari seluruh dunia. Hingga saat ini, ada lebih dari 165.000 online store di seluruh dunia yang menggunakannya.

Dukungan dari komunitas secara online dapat diperoleh melalui laman berikut ini: https://www.prestashop.com/forums/forum/1-international-community-english/.

Integrasi Pembayaran

PrestaShop, CMS Canggih Untuk Online Store

Sebagai online store, tentu diperlukan kemudahan transaksi penjualan. Kemudahan dan keamanan data pembayaran menjadi satu syarat keberlangsungan bisnis Anda.

Fitur pembayaran melalui PayPal dan payment gateway dengan kartu debit atau kredit sudah tersedia di CMS satu ini dan tinggal diaktifkan. Artinya, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak waktu untuk membuat program pembayaran sendiri bukan?

Untuk pengalaman berbelanja yang menyenangkan, saat pelanggan hendak checkout harus mendapat laporan lengkap apa saja yang mereka beli. Saat menggunakan PrestaShop, pelanggan bisa mendapatkan ringkasan transaksi mereka sebelum melanjutkan untuk memvalidasi semua pembelanjaan.

Tampilan Responsive PrestaShop Untuk Smartphone

PrestaShop, CMS Canggih Untuk Online Store
Ilustrasi

Hampir 90 persen akses Internet dilakukan menggunakan smartphone. Ini berarti, kemungkinan transaksi di online store sangat besar dilakukan oleh pengguna smartphone juga. Tentu, ini membutuhkan tampilan website yang responsive untuk tampilan layar kecil smartphone.

Keunggulan online store dengan PrestaShop adalah tema yang responsif dan memastikan bahwa toko Anda terlihat modern, baik dari penampilan situs di layar seluler atau desktop.

Pengakses website akan mendapat efek animasi produk, pemilihan sampai penempatan ke keranjang belanja. Fitur-fitur ini tentu cocok untuk online store fashion yang membutuhkan efek dengan panel geser, animasi untuk produk, dan program marketing spesial.

Tentu semua fitur ini kompatibel dengan pengguna smartpone dan menampilkan barang dagangan secara efisien dan lancar di semua perangkat.

Ada banyak koleksi tema PrestaShop Store untuk memenuhi bebagai kebutuhan Anda. Terdapat juga plugin-plugin spesial yang dapat digunakan. Tentu, Anda dapat merekrut programer website untuk melengkapi fitur spesial yang dibutuhkan.

Baca Juga: Manfaat Internet Marketing Online dengan Facebook

Search Engine Optimization

PrestaShop, CMS Canggih Untuk Online Store

Anda tentu membutuhkan traffic pengunjung melalui bebagai cara termasuk pencarian mesin pencari atau search engine. Sebagian besar pengunjung website datang dari mesin pencari, khususnya saat mencari barang yang diinginkan.

Dioptimalkan untuk berbagai mesin pencari seperti Google dan Yahoo, PrestaShop menawarkan kepada Anda fitur-fitur seperti tag kata kunci, informasi meta untuk produk dan kategori, URL khusus dan banyak lagi yang memungkinkan toko Anda menjangkau khalayak luas di seluruh dunia.

Leave a Reply