Kupas Tuntas Perbedaan Tag dan Category pada WordPress

Kupas Tuntas Perbedaan Tag dan Category pada Wordpress
Perbedaan Tag dan Category pada WordPress

Ketika pertama kali anda menggunakan wordpress pasti akan menumpai fitur dengan nama tag dan category. WordPress awalnya dulu hanya menggunakan category saja, namun sekarang menambahkan fitur tag.

Secara umum keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu mengelompokkan berdasarkan topik yang sesuai. Topik dimana tag dan category berhubungan dengan isi konten anda.

Lalu, dimana perbedaan Tag dan Category pada WordPress ?

Mari kita bahasa satu persatu.

Kupas Tuntas Perbedaan Tag dan Category pada WordPress

Tag dan wordpress sangat diperlukan salam sebuah postinga, selain untuk mengelompokkan keduanya ini untuk memperdalam topik yang anda bahas. Maka dari itu sebaiknya harus benar untuk mengelompokkan postinga kedalam tag dan category.

Tag

Tag berfungsi sebagai penanda pada postingan anda. Penentuan tag sebaiknya lebih dalam dengan isi topik, dengan sifat yang lebih spesifik. Tag ini hampir mirip dengan tag pada instagram.

Tag biasanya anda jumpai di baguan awal artikel atau pada akhir artikel, tampilan sebuah tag berbeda-beda, ada pula yang menggunakan awalan tanda pagar / #.

Kupas Tuntas Perbedaan Tag dan Category pada Wordpress

Misalnya dalam postingan Tutorial Gin Gonic : Belajar membuat Router pada Gin Gonic menggunakan salah satu tag nya yaitu Gin Gonic dengan tujuan ketika membuka tags tersebut maka artikel yang saya buat terbuka untuk di baca.

Category

Category merupakan fitur yang penting untuk menentukan topiknya yang di gunakan sebagai kategori konten sesuai dengan namanya.

Penggunaan Category sebaiknya di buat yang teratur agar pembaca mudah memahami apa yang anda tulis. Biasanya Category digunakan sebagai menu yang di pasang di navigasi website.

Misalnya saya mempunyai artikel dengan judul Tutorial Gin Gonic : Belajar membuat Router pada Gin Gonic, maka category yang sesuai yaitu Gin Gonic.Dengan penentuan Category tersebut pembaca dapat melihat postingan dengan Category yang telah kita buat.

Penentuan Category pada website bisa memilih lebih dari satu category dan dapat menggunakan category yang terdapat turunannya. Category pada WordPress sifatnya harus di isi, minimal satu category.

Kesimpulan

Category dan Tag pada wordpress berguna untuk mengelompokan postingan artikel, sehingga ketika membuka salah satu maka akan muncul postingan yang terbait.

Untuk Category sifatnya Wajib di berikan, namun tag tidak wajib untuk di isi, sebaiknya penamaan category dan tags jangan terlalu panjang dan jangan terlalu banyak.

Sekian Kupas Tuntas Perbedaan Tag dan Category pada WordPress.

Semoga Bermanfaat.

Baca juga :

2 Comments

Leave a Reply