Perbedaan Kerja Remote dan Kerja Freelance

Jika Anda berniat mempekerjakan karyawan yang bekerja untuk Anda, Anda harus memilih antara pekerja remote dan pekerja freelance. Anda harus mengidentifikasi apa yang bisnis Anda butuhkan dan pekerjaan macam apa yang perlu diselesaikan. Jika Anda salah memilih, uang yang Anda keluarkan untuk biaya produksi bisa jadi tidak kembali. Kenali dulu perbedaan kerja remote dan kerja freelance.

Berikut ini Perbedaan Kerja Remote dan Kerja Freelance :

Kerja Remote

Pekerja remote adalah pekerja tetap, mirip seperti Anda mempunyai karyawan di toko atau kantor Anda secara offline. Perbedaannya hanya ada di lokasi tempat mereka kerja. Jika karyawan in-house bekerja di kantor atau toko Anda, karyawan remote bekerja dari mana saja di seluruh belahan dunia.

Perbedaan Kerja Remote dan Kerja Freelance
Perbedaan Kerja Remote dan Kerja Freelance

Seperti karyawan in-house, Anda bertanggungjawab untuk membayar pajak pekerja remote. Anda juga harus menyediakan gaji bulanan dan asuransi. Umumnya, karyawan dibayar lebih rendah daripada freelancer. Tapi Anda juga harus memperhatikan kewajiban pembayaran pada negara sesuai undang-undang tenaga kerja.

Baca Juga :

Anda cocok memiliki karyawan kerja remote jika:

  1. Memiliki startup atau bisnis yang memerlukan integrasi dan kesinambungan kerja. Sulit bagi sebuah startup untuk berkembang jika Anda tidak memiliki karyawan tetap karena waktu akan terus terbuang untuk mencari karyawan baru.
  2. Memerlukan karyawan full time dan dedikasi penuh untuk bekerja pada bisnis Anda. Untuk mencapai hal ini, Anda harus menyediakan award sebagai motivasi dan jenjang karir. Oleh karena itu Anda lebih cocok jika mempekerjakan pekerja remote.
  3. Bisnis Anda dapat dilakukan oleh orang-orang dari seluruh dunia. Jika bisnis Anda masuk dalam kategori ini, pertimbangkan untuk mempekerjakan spesialis terbaik yang ada. Jika tidak ada spesialis dalam lingkup kantor atau toko Anda, mulailah mencari di kota lain.

Kerja Freelance

Pekerja freelancer adalah individu yang memiliki bisnis dan mempekerjakan diri mereka sendiri. Umumnya mereka menawarkan layanan jasa. Freelancer menyediakan layanan untuk berbagai macam bisnis dan usaha. Jika Anda menyewa jasa Freelancer, umumnya Anda akan dikenai tarif per proyek atau per jam, tergantung kesepakatan kerja.

Perbedaan Kerja Remote dan Kerja Freelance
Perbedaan Kerja Remote dan Kerja Freelance

Tarif mereka yang bekerja freelance tergolong lebih tinggi daripada pekerja tetap, tapi Anda tidak harus membayar asuransi tenaga kerja, kesehatan, pajak, atau alat-alat kerja.

Anda cocok menyewa freelancer jika:

  1. Memiliki proyek yang bisa diselesaikan oleh orang lain tanpa harus terikat dengan perusahaan. Jika Anda hanya memerlukan bantuan dalam jangka waktu pendek, Anda tidak harus berkomitmen dengan menyewa pegawai tetap.
  2. Proyek Anda fleksibel dan paruh waktu. Freelancer umumnya tidak bekerja satu hari penuh untuk Anda, melainkan hanya beberapa jam. Mereka juga bekerja untuk klien lain dan Anda harus pahami bahwa freelancer Anda tidak bisa selalu ada untuk Anda ketika dibutuhkan. Kebanyakan mereka konsisten dengan jadwal yang diberikan dan yang Anda perlukan cukup menunggu kabar progress proyek yang diberikan.
  3. Ingin hasil maksimal dan terbaik. Freelancer memiliki kelebihan untuk selalu memberikan layanan terbaik dengan harga terbaik. Karena kalau layanan mereka buruk, sulit bagi freelancer untuk bertahan dan mendapatkan klien baru. Freelancer cenderung bisa diajak negosiasi harga jika Anda baru pertama kali menggunakan layanan mereka. Di beberapa bidang, freelancer menyediakan layanan uji coba di mana Anda hanya perlu membayar setengah harga. Jika Anda ingin menyewa freelancer untuk jangka panjang, penting untuk melihat gaya dan ritme kerja freelancer yang Anda sewa.

Baik kerja remote atau freelancer, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa pebisnis memilih bekerja dengan freelancer karena lebih cocok dengan gaya kerja mereka, sementara yang lainnya memilih pekerja remote. Anda harus memahami mana karyawan yang cocok agar bisnis Anda berkembang.

Sekian artikel mengenai Perbedaan Kerja Remote dan Kerja Freelance.

Terima Kasih.

Leave a Reply