Inilah Perbedaan antara Internet dan Intranet

Perbedaan internet dan intranet perlu di mengerti untuk orang yang antusias terhadap Teknologi Informasi. Masih ingat Pelajaran Teknik Informartika saat menempuh pendidikan menengah pertama (SMP) ?

Saya masih ingat dulu ketika pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi jaman SMP, ketika itu saya di berikan soal yaitu :

Jelaskan perbedaan antara internet dan intranet ?

Mungkin banyak yang sedang baca artikel ini mengalami hal yang sama, maka dari itu mari kita bahas satu persatu.

Pengertian Internet

Di jaman sekarang siapa sih yang tidak mengenal internet, hampir tiap hari kita menggunakan internet untuk mengakses sesuatu yang bersifat online. Banyak yang menggunakan internet tapi belum paham pengertian internet.

Yuk kita bahas.

Interconnection Networking atau yang biasa di sebut Internet adalah jaringan pada komputer yang menghubung antara komputer satu dengan komputer lainnya secara publik, dimana komunikasi tersebut menggunakan TCP sebagai media pertukaran informasi. Sehingga kita dapat berkomunikasi pengguna satu dengan lainnya.

Baca Juga : Inilah Cara Membuka Situs yang diblokir di Android tanpa Aplikasi

Contoh penggunaan internet yaitu aplikasi web whatsapp, ketika kita dapat melakukan pertukuran informasi (saling menngirim pesan) menggunakan media internet dengan TCP.

Inilah Perbedaan antara Internet dan Intranet
Pengertian Internet

Lalu apakah chat kita aman ?

Komunikasi antara komputer satu dengan lainnya dapat di lakukan enskripsi di aplikasinya, bisa saja teks yang anda kirim di enkripsi, lalu ketika udah sampai di balikkan ke dalam bentuk teks aslinya.

Pengertian Intranet

Setelah kita mengetahu apa itu internet, maka sekarang kita bahas apa itu intranet. Intranet adalah Jaringan yang berkomunikasi namun cakupannya lebih sempit atau lokal. Intranet biasanya digunakan untuk kebutuhan komunikasi yang private. Contohnya jaringan yang ada di laboratorim komputer, dimana komputer satu dengan lainnya dapat terhubung dan berbagi data.

Inilah Perbedaan antara Internet dan Intranet
Pengertian Intranet

Untuk menghubungkankan antara kommputer satu dengan lainnya dapat menggunakan LAN. Dimana terdapat kabel penghubung untuk berkomunikasi.

Namun menggunakan intranet akses nya pun terbatas, seperti media pertukaran konten. Jika di internet kita dapat melakukan chat melalui whatsapp, kalau di intranet kita dapat komunukasi dengan lokal aplikasi saja. Misalnya untuk berbagi file.

Perbedaan Antara Internet dan Intranet

Sudah tahu pengertian internet dan intranet ? Jika sudah saya akan jelaskan perbedaan mendasar antara jaringan intranet dengan internet.

Jika anda membaca keterangan di atas pasti susah menemukan perbedaan yang nyata, maka dari itu saya rangkum perbedaan antara keduanya.

Berikut ini perbedaan antara internet dan intranet adalah

Internet :

  • Dapat di akses secara publik, seluruh dunia.
  • Dapat di akses dimana saja dan kapan saja.
  • Mendukung semua file konten untuk berbagi informasi.
  • Menggunakan TCP sebagai protokol untuk pertukaran.
  • Perkembangan Jaringan begitu cepat yang mana sekarang sudah ingin di luncurkan tenologi 5G.
  • Tingkat keamanan nya kurang.
  • Kecepatannya lebih lambat dari intranet.

Intranet :

  • Cakupannyya kecil, terbatas pada area tertentu.
  • Tidak mendukung semua jenis media konten.
  • Kecepatan akses lebih cepat.
  • Perkembangan nya relatif lebih lambat dari internet.
  • Data yang di simpan lebih aman.

Sehingga Perbedaan antara intranet dan internet terletak pada Cakupan, kecepatan, Jenis konten dan Teknologi yang digunakan.

Baca Juga : 5 Situs Penyedia Iklan Terbaik Selain Adsense yang Membayar Tinggi

Nah itu perbedeaan kedua hal tersebut. Apabila anda yang kurang silahkan tambahkan di komentar. Terima kasih.

Leave a Reply