Perbandingan Penggunaan Memory pada Ubuntu 19,04

Penggunaan Memory yang banyak menjadi keluhan banyak pengguna PC / Komputer yang memiliki spesifikasi Pas-pasan. Salah Satu Solusi untuk meringankan beban penggunaan memory yaitu dengan menginstall Sistem Operasi Ubuntu.

Perlu anda ketahui bahwa Ubuntu sendiri memiliki banyak sistem operasi turunan yang mempunyai karakteristik dan kelebihan serta kekurangan masing-masing.

Berikut Ini Macam-macam Sistem Operasi Ubuntu.

  • Ubuntu
  • Kubuntu
  • Lubuntu
  • Xbuntu
  • Ubuntu Mate
  • Ubuntu Studio
  • Ubuntu Kylin
  • Ubuntu Budgie

saya menulis artikel ini dengan tujuan agar anda memilih sistem operasi Linux ubuntu yang tepat. Hal ini berguna untuk kenyamanan anda dalam melakukan aktifitas di Laptop / PC anda.

Ubuntu merupakan salah satu sistem operasi Linux yang bersifat Open Source alias Gratis yang paling populer digunakan.

Perbandingan Penggunaan Memory pada Ubuntu 19,04

Perbandingan antara jenis sitem operasi ubuntu sangat anda lihat dan pelajari baik-baik, agar anda tidak salah memilih tentunya.

Perbandingan Penggunaan Memory pada Ubuntu 19,04
Perbandingan Penggunaan Memory pada Ubuntu 19,04

Yuk kita bahas perbandingan Penggunaan Memory pada Ubuntu 19,04.

Ubuntu

Ketika ubuntu baru saja di install, ubuntu menggunakan RAM sejumlah 966MiB, yang terdiri  gnome-shell sejumlah 92.5MiB dan gnome-software sejumlah 23.4MiB.

Selain itu memakan penggunaan memory pada Xorg sejumlah 21.9MiB.

Berdasarkan uraian tersebut, untuk menjalankan sistem operasi ubtuntu minimal anda harus mempunyai RAM 1 -2 GB agar bejalan dengan lancar.

Kubuntu

Kubuntu merupakan salah satu jenis dari sistem operasi ubuntu. Kubuntu memiliki tampilan Interface yang menarik untu di lihat.

KDE KSysGuard mengabiskan RAM minimal sejumlah 378MiB. Dimana penggunanaan Plasmashell sejumlah 105MiB, kwin_x11 sejumlah 28MiB dan Xorg sejumlah 22.8MiB.

Untuk menjalankan kubuntu minimal RAM yang anda miliki sejumlah 1 GB.

Xubuntu

Xbuntu menggunakan tampian dekstop XFCE, sehingga lebih ringan.

Xubuntu ketika manjalankan program defaul memakan memory RAM sejumlah 406MiB yang meliputi penggunaan blueman-applet sejumlah 51.4MiB, xfdesktop sebanyak 39.5MiB dan Task Manager nya sendiri sejumlah 37.7MiB.

Lubuntu

Lubuntu memiliki kelebihan pada mikrocontroller yang digunakan. Dengan menggukan lubuntu dengan keterbatasan hardware namun tetap berjalan dengan baik.

Penggunaan Memory RAM secara keseluruhan adalah sejumlah 352MiB. Di mana di pakai sejumlah 59 Mib untuk menjalankan Xorg.

Ubuntu MATE

Tampilan ubuntu menggunakan lingkungan DE / Deksop Envirement Mate. Mate merupakan turunan dari DE GNOME 2 yang sering digunakan pada sistem operasi ubuntu vers di bawah 11.04.

Secara keseluruhan Ubuntu Mate menggunakan RAM Memory sejumlah 680MiB. Proses terbesar digunakakn oleh caja yaitu sejumlah 75.4MiB dan Xorg sejumlah 63.3MiB. Selain itu digunakan untuk blueman-applet sejumlah 57 Mib.

Minimal RAM yang anda gunakan agar lebih stabil menggunakan ubuntu MATE adalah 1 Gib.

Ubuntu Studio

Ubuntu Studio mempunya 2 kernel yaitu Kernel standar dan Rendah.

Penggunaan memory RAM secara keseluruhan yaitu 487 Mib, dimana digunakan untuk menjalankan blueman-apple sejumlah 61 MiB, memory untuk kebutuhan dekstop yaitu 49.2MiB dan penggunanaan kdeconnectd sejumlah 47MiB.

Ubuntu Kylin

Ubutu Kylin memerlukan RAM yang lumayan besar agar berjalan dengan stabil, dimana secara default menggunakan Memory RAM sejumlah 1.9GiB.

Proses terbesar untuk menjalankan plymouthd yaitu sejumlah 1GiB. Plymouth adalah salah satu komponen pada sistem operasi yang menangani layar splash booting.

Lumayan besar bukan ?

Selain itu untuk menjalankan ukui-menu.py sejumlah 43MiB dan menjalankan blueman-applet sebesar 26.6MiB.

Namun jika anda mematikan proses Plymouthd akan memotong memory sejumlah 847MiB.

Ubuntu Budgie

Ubuntu Budgie menggunakan Budgie sebagai DE / desktop environment  nya. Tujuan pembuatan DE budgie yaitu agar berbeda pada tampilan DE GNONE. Namun tetap berkembang bersama GNOME.

Penggunaan Memory pada Ubuntu Budgie sejumlah 929.5MiB, dimana pemakaian tebesar di dominasi oleh penggunaan gnome-software yaitu sebesar 68MiB dan budgie-wm sebesar 20MiB), serta penggunaan Xorg sebesar 15.9MiB.

Kesimpulan

Penggunaan Memory terbesar pada ubuntu Ubuntu Kylin yaitu sejumlah 1.9GiB, sedangkan penggunaan terkecil pada sistem operasi Lubuntu.

Penggunaan Sistem Operasi anda dapat memilih sesuai Hardware Laptop yang anda gunakan demi kenyamanan pemakaian anda.

Sekian Perbandingan Penggunaan Memory pada Ubuntu 19,04.

Terima Kasih.

Sumber : http://www.ubuntubuzz.com/2019/07/comparison-of-memory-usages-of-ubuntu-1904-and-flavors-in-2019.html

Baca Juga :

Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.
Leave a Reply