Iklan Adsense tidak Muncul di Blog dan Cara mengatasinya

Penyebab Iklan Adsense tidak Muncul di Blog dan Cara mengatasinya – Banyak yang mengeluh mengapa iklan google adsense tidak muncul (Blank) di blog maupun website. Keadaan ini membuat para blogger kwatir dan mengira-ngira dampak yang terjadi dan pastinya takut akun adsense di banned.

Ada keluhan lain mengenai iklan adsense tidak muncul di wordpress baik di akses di HP maupun menggunakan PC. dan Ada juga yang mengeluhkan bahwa iklan adsense hanya muncul di home.

Dari berbagai keluhan tersebut maka saya akan paparkan tips agar iklan adsense muncul kembali di blog kita.

Sebelum melakukan itu, yuk kita cari tahu penyebabnya iklan adsense tidak muncul di blogspot maupun wordpress.

Penyebab Iklan Adsense tidak Muncul

Penyebab iklan adsense tidak muncul terdapat banyak kemungkinan yang terjadi, sehingga kita tidak bisa memukul rata alasan mengapa iklan tidak tayan di artikel.

Perlu di ketahui bahwa penyebab yang saya jelaskan di sini ketika anda sudah mempunya akun google adsense non hosted ya, bukan ketika anda di tolak daftar akun non hosted maupun yang telah di banned.

Berikut ini penyebab Iklan Adsense tidak muncul :

Mengganti Template

Mengganti template merupakan sebuah tindakan mengganti susunan tampilan layout / tata letak di website anda, baik dari segi bentuk maupun pewarnaan. Mengganti template sama saja mengganti struktur blog.

Lalu apa hubungannya dengan penyebab iklan tidak tampil ?

Perlu di ketahui untuk di terima di google adsense harus memenuhi aturan yang benar termasuk pada susunan letak template.

Walaupun anda sudah memiliki google adsense non hosted ketika melakukan ganti template google tahu akan hal ini dan melihat struktur template yang baru.

Iklan Adsense tidak Muncul di Blog dan Cara mengatasinya

Ketika template tersebut bagus maka tidak akan jadi masalah, namun ketika template baru tersebut tidak lebih baik dari sebelumnya maka dapat menyebabkan iklan di muncul di postingan artikel.

Selain itu juga alangkah lebih baiknya mengganti template wordpress maupun blog ketika sudah melakukan verifikasi PIN.

Nah itu penyebab pertama iklan google adsense tidak tayang.

Yukk kita lanjut yang kedua.

Belum memasang Ads.txt

Kebijakan google adsense terbaru pada tahun 2019 kurang lebih bulan juli menyatakan bahwa blog yang mempunyai iklan non hosted harus memiliki file dengan nama ads.txt yang berisi kode iklan adsense.

Namun, biasanya ketika anda belum memasang ads.txt akan ada peringatannya di dashboard google adsense.

Jadi anda tidak usah kwatir.

Salah mengatur Ads Balance

Ads balance merupakan salah satu fitur yang digunakan untuk melakukan penyaringan iklan terhadap situs anda. Lebih tepat nya yaitu iklan yang tampil sesuai dengan topik pada blog yang di kelola.

Ketika salah mengatur ads balance akan berdampak iklan di website akan tidak tampil, apalagi mengatur hingga di bawah 50%.

Berdassarkan informasi yang saya dapat dan saya sudah melakukannya sendiri, bahwa kemungkinan terbaik nilai yang di terapkan pada ads balance yaitu 70%75%.

Jika sudah tahu hal ini, silahkan periksa di dashboard adsense nya, dan lihat lah ads balance yang aktif.

Nah itu lah penyebab ketiga iklan adsense non hosted tidak tampil di website ada.

Terlalu sering menggantu Unit Iklan

Google adsense menyediakan beberapa pilihan unit iklan dan bentuknya. Kesalahan yang sering terjadi di lakukan oleh seorang blogger yaitu sering mengganti unit iklan adsense.

Alasan mengganti unit iklan biasanya karena nilai CPC nya terlalu kecil.

Melakukan eksperimen sih boleh, namun jangan terlalu sering bisa-bisa akun google adsense anda di banned dari google.

Apalagi umur google adsense belum terlalu lama, maka kemungkinan banned dari google akan lebih besar.

Namun dari pada melakukan itu lebih baik fokus mendatangkan visitor sebanyak-banyaknya.

Mengklik Iklan Sendiri

Meng klik sendiri itu sama aja melakukan kesalahan yang sangat fatal. Salah satu aturan dari google menjelaskan bahwa pemiliki akun adsense tidak boleh mengklik iklan nya sendiri. Namun ada keringan ketika tidak sengaja melakukan klik iklan sendiri yaitu dengan cara mengajukan banding.

Nah, sekarang ini para blogger pada pinter. Salah satunya mengklik sendiri dengan mengubah IP negara yang berbeda. Hal ini ini bisa di lakukan dan pendapatan akan bertambah, namun hal ini akan bersifat sementara.

Dan ada lagi cara yang tidak benar yaitu meminjam HP orang lain yang mengklik iklan tersebut dan dilakukan berulang kali.

Saran dari saya, jangan melakukan yang melanggar kebijakan google dengan cara klik iklan sendiri.

Salah memasang Kode

Kesalahan memasang kode dapat menyebabkan iklan adsense tidak tampil. Sebenarnya kode yang di berikan oleh google adsense merupakan kode javascript. Perlu di ketahui bahwa kode javascript ini lumayan srict dimana ketika melakukan kesalahan memasang akan tidak bekerja.

Maka dari itu pastikan anda melakukan copy dan paste kode google adsense dengan benar.

Ada yang lebih parah, namun biasanya ini di lakukan ketika tidak fokus yaitu dengan memasang kode iklan orang lain. Hal ini terjadi ketika mengikuti tutorial dan langsung menerapkan nya begitu saja.

Tertutup Oleh Objek lain

Tertutup oleh objek lain dapat mengakibatkan iklan adsense tidak muncul. Bagi yang mengerti CSS bahwa posisi terhadap objek dapat di atur saling timpa. Ada kemungkinan kode yang di pasang tertimpa oleh objek lain, solusinya merubah style pada css.

Pada umunya tertutup oleh objek lain ketika meletakkan iklan adsense di konten pada halaman postingan blog.

Lalu bagaimana yang tidak mengerti CSS sama sekali ?

Cara nya cukup muudah. anda bisa memindahkan kode adsense ke objek yang lain walaupun ini hanya di lakukan untuk uji coba saja.

Pembaruan Algortima Google

Pembaruan algoritma google adsense sering terjadi terus-menerus setiap waktunya. Contoh pembaruan algoritma google adsense mulai 9 juli yaitu iklan akan tampil ketika konten tersebut memadai.

Iklan Adsense tidak Muncul di Blog dan Cara mengatasinya

Pembaruan Algortima google juga sering menjadi penyebab iklan adsense tidak tayang, apalagi ketika algortima terbaru tersebut tidak di lakukan di blog anda. Jelas hal itu akan membuat iklan anda blank.

Maka dari itu rajin lah untuk mengetahui pembaruan algortima dari google adsense.

Itu lah beberapa penyebab iklan adsense tidak tampil / blank di blog. Selanjutnya yuk kita cari solusinya.

Cara mengatasi Iklan Adsense tidak Tampil / Blank

Setelah kita mengetahui penyebab iklan google adsense tidak tampil, sekarang kita akan bahas bagaimana cara mengatasinya.

Periksa Email

Hal petama yang perlu anda lakukan yaitu dengan memeriksa email. Biasanya ketika dan melakukan pelanggaran akan ada informasi mengenai alasan kenapa iklan tidak tayang. Hal yang mengerikan ketika mendapat email yang isinya menyatakan bahwa iklan adsense di banner. Semoga tidak terjadi ya.

Apabila menerima email dengan berbagai alasan, maka hal yang dapat di lakukan memperbaiki dari alasan tersebut. Kuncinya tenang, tidak panik dan lakukan perbaikan.

Periksa Dashboard Adsense

Solusi agar iklan adsense tayang kembali yaitu melihat dashboard adsense. Biasanya ketika ada suatu kesalahan pada blog anda maka akan ada peringatan, biasanya berwarna merah.

Peringatan tersebut biasanya terdapat juga tombol aksi dimana tombol tersebut berguna untuk melakukan perbaikan.

Tetap Posting Artikel

Ketika solusi pertama dan kedua belum terpenuhi maka solusi tips agar iklan adsense tetap tayang di blog yaitu tetap melakukan pembaruan artikel. Biasanya ketika tidak ada peringatan apapun silahkan tunggu bebeberapa saat akan tampil kembali.

Salah satu kemungkinan terbesar yaitu ketika iklan tidak tampil dan tidak ada peringan yaitu terdapat pembaruan algoritma google. Maka tips agar iklan tampil kembali silahkan cari tahu mengenai informasi pembaruan algortima google adsense.

Jangan Cabut Kode Iklan

Solosi selanjutnya yaitu jangan pernah mencopot kode iklan yang aktif di blog. Hal ini bisa saja menganggap bahwa blog tersebut tidak aktif dan tidak layak di pasang iklan adsense.

Baca Juga :

Kesalahan yang terjadi yaitu ketika iklan blank di lakukan hapus kode adsense dari blog. Nah hal ini sebenarnya salah, salah nya di mana ?

Salahnya ketika penyebab nya yaitu kesalahan mengatur ads balance, dan kebetulan artikel tersebut tidak ada yang cocok dengan iklan maka iklan tidak tampil. Padahal akun google adsense tersebut tidak ada masalah dan menyebabkan tidak mendapatkan penghasilan.

Dapatkan pengujung dari Google

Mendapatkan pengujung dari google merupakan nilai yang bagus terhadap konten yang di sajikan. Visitor yang berasal dari organic search akan lebih baik dari pada dari sosial media.

Iklan Adsense tidak Muncul di Blog dan Cara mengatasinya

Dengan adanya hal itu iklan adsense tetap tayang dengan alasan iklan tampil kepada orang yang membutuhkan artikel tersebut dari pencarian murni dari google.

Untuk mendapatkan visitor dari hasil penelusuran google yang perlu dilakukan yaitu mengoptimasi blog anda sebaik mungkin.

Kesimpulan…

Penyebab iklan adsense tidak muncul terdapat banyak faktor. Untuk mengatasi agar iklan adsense muncul kembali yaitu dengan melihat penyebab.

Intinya jangan pernah melakukan pelanggaran terhadap kebijakan dari google adsense. Jika punya waktu yang lebih silahkan baca satu persatu.

Fokus mendatangkan visitor kuncinya dan tidak melakukan dengan cara yang salah. Ketika visitor / pengujung website naik maka penghasilan akan ikut naik juga.

4 Comments

  1. terima kasih mas…keren banget

  2. Informasi yang sangat berguna untuk saya. Apa yang dicari kesalahan dengan iklan adsense ada di artikel ini. Terima kasih mas…

Leave a Reply