Pengertian MySQL dan Cara menginstallnya

Pengertian MySQL dan Cara menginstallnya
Pengertian MySQL dan Cara menginstallnya

Pengertian MySQL dan Cara menginstallnya – Hai semuanya saya ucapkan selamat datang di website kodingin.com, kali ini membahas mengenai database / basis data yang sangat populer didunia programmer yaitu MySQL.

Sekarang ini sebagian besar aplikasi menggunakan basis data MySQL, Kepopuleran MySQL tentu saja terdapat alasan kuat para pengembang aplikasi website untuk menggunakannya sebagai penyimpanan data.

Pengertian MySQL dan Cara menginstallnya di Linux dengan mudah

Keunggulan MySQL tidak perlu ditaragukan lagi untuk penyimpanan data MySQL, maka ketika anda membaca website ini orang yang sangat beruntung untuk menmbah wawasan baru.

Pengetian MySQL

MySQL merupakan salah satu penyimpanan data berbentuk digital. ada 2 istilah penyembuatan mengenai MySQL yaitu basis data dan datase namun sebenernya ini merupakan suatu arti yang sama. Jika sebelumnya anda sudah pernah mendengar kata SQL, maka hal ini berbeda namun berkaitan.

SQL(Structured Query Language) merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk manjemen data. SQL ini yang nantinya akan melakukan manipulasi database. Sedangkan MySQL merupakan Suatu perangkat lunak yang digunakan untuk memanajemen database SQL, atau bisa sebut sistemnya untuk mengelola SQL.

MySQL menggunakan konsep Relational Database Management System / RMDS yang artinya database MySQL menggunakan konsep relasi, saya singgung sedikit bahwa relasi yang dimaksud disini yaitu tabel.

Kegunaan MySQL

Mysql digunakan untuk menyimpan data , data yang dimaksud yaitu kumpulan sebuah informasi beruapa text. Pernahkan kalian memasuki halaman website dan anda suruh mengisi biodata dan biodata yang anda tulis ditampilkan lagi ?

Nah itu yang dimaksud dengan MySQL digunakan sebagai penyimpananan data. Ngomongin tentang database pasti hubungannya dengan website nah, antara website dan database ini merupakan hal yang hubungannya sangat erat.

Kelebihan MySQL

Orang tidak akan menggunakan sesuatu jika tidak mengerti keunggulannya, namun ada pula orang yang menggunakannya tapi tidak tahu keunggulan. nah saya akan bahas kelebihan MySQL.

  1. Database MySQL mendukung penyimpanan data yang besar. Hal ini menjadi keuntungan kita untuk menyimpan data yang banyak.
  2. Database MySQL dapat dijalankan di sistem operasi apapun, seperti Linux, Windows. Namun kebanyakan sysadmin menginstallnya di sistem operasi Linux.
  3. Memiliki relasi antar tabel, sehingga tabel pada database MySQL terlihat lebih rapi.
  4. Database MySQL dapat di integrasikan hampir semua bahasa pemrograman server side, contohnya PHP dan Golang.
  5. Tidak Membutuhkan perangkat keras yang tinggi untuk menginstallnya.
  6. Memiliki banyak tipe data, seperti integer, string, boolean dan masih banyak lagi.

Nah 6 Kelebihan MySQL merupakan hanya rangkuman saja, masih banyak kelebihan database MySQL. Untuk mengerti lebih jauh tentang MySQL sebaiknya harus melakukan implementasi.

Kelemahan MySQL

Jika ada kelebihannya pasti juga tidak mungkin tidak ada kekurangannya, seperti manusia yang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing – masing.

  1. Terlalu memakan penggunaan CPU yang boros.
  2. Tidak cocok untuk aplikasi mobile maupun games.
  3. Lambat pada tipe data text.
  4. Dukungan yang kurang.
  5. Lambat ketika melakukan relasi yang berlebihan.

Mengenal Istilah – istilah pada database MySQL

Istilah pada database MySQL sangat banyak sekali, maka anda perlu paham hal ini untuk mempelajari lebih dalam lagi.

Nama Tabel : user

idnamaalamat
1Didik PrabowoWonogiri, jawa tengah

Entitas

Entitas merupakan objek yang digambarkan, Entitas ini bisa berupa objek maupun kejadian, contohnya orang, perusaan dan transaksi. Entitas ini yang nantinya diterjemahkan / dipecah nama sebuah tabel.

Table

Table merupakan Kumpulan atas record dan field, memiliki baris dan kolom. kolom digunakan untuk penaamaan field dan baris untuk menyimpan datanya. Contoh tabel yang terlihat pada gambar diatas dengan nama user.

Field

Field adalah Kolom sebuah tabel database dengan identifikasi nama dan tipe data, serta panjang data. Misalnya field dengan nama nama dan memiliki tipe data string. Pada gambar diatas field dari tabel yaitu id, name dan alamat.

Record

Record merupakan elemen yang berisi data, data tersebut yang dimaksud data yang di simpan. Data yang di simpan hanya pada tabel itu maupun relasi dengan tabel lain. Pada gambar tabel diatas recordnya yaitu 1, Didik Prabowo dan Wonogiri, Jawa tengah.

Primary Key

Primary Key merupakan kata kunci sebagai kunci atau acuan untuk melakukan manipulasi data, contoh primary key pada gambar diatas yaitu “id”.

Foreign Key

Foreign key kebalikan dari primary key yaitu kunci tamu, kunci dimana untuk melakukan relasi dengan acuan primary key asal tabel.

Relasi

Relasi merupakan hubungan antara tabel satu dengan tabel lainnya yang memiiki primary key dan foregn key. Contohnya.

Table : user

idname
1Didik

Tabel : education

idpendidikanuser_id
1UAD1

Pada user memiliki field id dan name dengan record 1 dan didik, di tabel pendidikan memiliki field id, pendidikan dan user_id. Pada tabel education memiliki kunci tamu / foreign key dari primary key tabel user yaitu user_id.

Istilah diatas merupakan istilah pada database MySQL secara umum yang sering digunakan, nah selanjutnya bagaimana cara menginstall MySQL.

Mari kita lanjut cara menginstall MySQL.

Cara menginstall MySQL di Sistem Operasi Linux Ubuntu

Saya akan berikan cara install MySQL di Linux pada sistem operasi ubuntu, saat ini saya menggunakan ubuntu versi 18.04.

Yuk ikuti saya untuk menginstallnya.

Pertama kali kita harus memperbarui repository kita dengan perintah.

hal ini membutuhkan waktu yang lumayan lama tergantung pada kecepatan internet yang anda gunakan.

Jika sudah kita menginstall MySQL nya yaitu MySQL Server, kenapa MySQL server ? Karena kita yang memanajemen database MySQL bukan penggunanya, langsung saja silahkan ketikan.

Nah cukup sederhana kan cara menginstallnya, agar dapat dilakukan remote database dari komputer lain sebaiknya tambahkan pengaturan MySQL servernya dengan mengetikan.

Di bawah ini untuk melakukan tindakan pada MySQL.

Ketika menginstall MySQL pertama kali anda dapat masuk ketika menggunakan mode root bukan password root untuk masuk MySQL.

Sekarang kita akan membuat user untuk melakukan akses pada database MySQL. Silahlan anda masuk ke dalam akses MySQL dengan mengetikan perintah.

Maka tampilan terminal linux anda akan masuk ke mode tampilan MySQL. Kemudian ketikan

silahkan isikan password sesuai yang anda mau.

Langkah terakhir kita flush, yaitu dengan mengetikan perintah.

Maka sudah selesai install dan melakukan konfigurasi MySQL pada Sisetm Operasi Ubuntu.

Kesimpulan

Database MySQL sangat baik digunakan untuk melakukan penyimpanan data baik sedikit maupun banyak. Salah satu yang menggunakan database MySQL yaitu CMS wordpress, wordpress menggunakan database MySQL untuk manajemen databasenya.

Dengan menggunakan MySQL anda dapat melakukan manipulasi data seperti yang anda mau, sebenernya saya kurang sepakat dengan istilah manipulasi data MySQL konotasi manipulasi seperti memalsukan maka istilah yang tepat, bagi saya melakukan pengelolaan data pada database.

Sekian Pengertian MySQL dan Cara menginstallnya.

Semoga Bermanfaat.

Baca juga :

Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.
Leave a Reply