Belajar Materialize #1 : Pengenalan dan Pengertian Materialize

Belajar Materialize #1 : Pengenalan dan Pengertian Materialize – Di era sekarang banyak framework CSS yang berlomba-lomba membuat produk agar di minati oleh para pengguna. Sudah bukan rahasia lagi, salah satu framework yang populer oleh kalangan programer yaitu bootstrap.

Seiring berkembangnya waktu salah satu framework CSS yang perlu anda coba untuk membuat tampilan halaman website yaitu materialize. Materialize juga salah satu framework CSS yang menerpakan desain halaman website yang lebih modern / bahasa nya sekarang sih kekinian.

Selain itu dengan adanya materialize, tampilan desain website dapat membuat interaksi antara dengan penggunan lebih nyaman / user experience.

Tertarik Belajar Materilize ?

Pengenalan dan Pengertian Materialize

Tenang, Kali ini Kodingin akan membahas belajar materialize. Sebagai perkenalan tutorial materialize saya akan bahas pengertian materialize.

Apa itu Materialize ?

Mari kita pahami tentang Pengertian Materialize, Materialize merupakan salah satu framework CSS yang menerapkan tampilan material desain. Munculnya material desain pada halaman desain website karena terinsprasi oleh desain yang ada pada aplikasi mobile yang telah di luncurkan oleh google.

Materialize diciptakan dan di kembangkan oleh google. Dengan tujuan membuat pengalaman tampilan desain website yang lebih mordern.

Sama seperti framework CSS lainnya, materialize berupa class css yang siap kita gunakan. Sebagai contoh misalnya kita akan membuat warna teks dengan keinginan kita, maka materialize sudah menyediakan class untuk merubah warna teks tersebut.

Cukup Membanntu Bukan ?

Materialize dapat membantu membuat desain website kita dengan cepat, tanpa perlu membuat element css nya sendiri. Namun tidak menutup kemungkinan jika kita menambah elemen dengan kebutuhan tertentu.

Kelebihan Materialize

Tentunya tidak mungkin orang memakai nya kita tidak punya kelebihan khusus untuk digunakan. Saat ini banya yang sudah menggunakan material desain untuk tampilan website mapun aplikasi mobile.

Sudah jelas karena dengan adanya materialize dapat membuat tampilan aplikasi anda lebih menarik lagi.

Berikut ini Kelebihan Materialize

1. Merapkan modern desain.

Penggunaan desain yang mordern membuat tampilan website lebih menarik. Interaksi manusia dengan website yang anda bikin akan lebih menyatu.

Modern desain berupa warna, teks dan transisi pada suatu objek yang digunakan.

2. Menggunakan Sass

Materialize dapat membangun class dalam bentuk format css menggunakan sass sebagai proses pembuatan tampilan cssnya.

Dengan menggunakan SASS memungkinakan anda bisa lebih cepat menambah elemen baru di dalam sassnya. Selain itu dengan menerapkan SASS anda dapat melakukan duplikat CSS dari materialize. Ilmu ini dalam pembahasan SASS bernama extends.

3. Lebih Cepat digunakan

Dengan adanya class-class yang ada di dalam materialize memungkinankan kita tidak membuat lagi kerangka CSS lagi, hal ini dapat menghemat kita dalam membuat desain website.

Class yang ada pada materialize cukup lengkap, mulai dari tampilan layout yang digunakan hingga berbagai warna teks dan variasi.

4. Responsive

Materialize membarikan tampilan desain yang responsive. Jadi anda tidak usah kwatir mengenai perbedaan platform untuk menjalankan desain yang anda buat.

Halaman website anda tetap rapi dan tidak melebihi batas layar anda, baik di akses melalui PC, Tablet mapun smartphone.

Website yang menggunakan materialize

Saat ini sudah banyak website yang menggunakan materialize, selain tampilannya menarik materialize juga memberikan kecepatan akses load yang lumayan cepat.

Di bawah ini beberapa website yang menggunakan materialize.

  • Close Heat
  • Kiosk Browser
  • Kiosk Browser
  • Varun Malhotra
  • dan masih banyak lagi.

Jika anda mencoba membuat salah satu website di atas, maka anda akan menemukan kesan yang luar biasa dan ingin lama-lama memandangnya.

Gimana sudah tertarik belajar materialize, setelah mengerti apa itu meterializ, kodingin.com akan memberikan tutorial yang membahas materialize secara teknis.

Sekian Belajar Materialize #1 : Pengertian dan Pengenalan Materialize.

Semoga Bermanfaat.

Apa selanjutnya yang anda pelajari ?

Baca Juga :

Pertanyaan yang sering muncul

Apa Pengertian Materialize ?

Materialize merupakan salah satu framework CSS yang berfungsi untuk memperindah tampilan website yang sedang kita bangun.

Lebih Baik mana Antara Bootstrap VS Materialize ?

Semuanya baik, tergantung dengan kebutuhan kita. Materialize cocok untuk tampilan desain yang lebih modern karena menggunakan material desain.

Siapa kah Pemilik Materialize ?

Materialize di bangun oleh perusahaan raksaan dunia yaitu Google.

Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.
Leave a Reply