Belajar PHP OOP #1 : Pengertian dan Konsep OOP Pemrograman PHP

Belajar PHP OOP #1 : Pengertian dan Konsep OOP Pemrograman PHP – Halo semua selamat datang di seri baru belajar pemrograman website. Mulai saat ini kodingin.com akan membahas seri panduan lengkap belajar OOP di Bahasa Pemrograman PHP.

Belajar PHP OOP #1 : Pengertian dan Konsep OOP Pemrograman PHP

Sebelum mulai belajar OOP di PHP saya sarankan untuk memplejari PHP secara Procedural agar pembelajar OOP PHP dapat dilakukan dengan baik dan cepat.

Kita mulai dari pengertian OOP di PHP ?

Apa Itu OOP di PHP ?

Object Oriented Programming atau yang biasa di singkat OOP dalam bahasa PHP adalah suatu teknik / paradigma penulisan kode yang lebih terstruktur yang tertuju kepada stautu objek. Di dalam objek kita dapat menjalankan proses yang di inginkan maupun melakukan penyimpanan data.

Pemrograman OOP juga terdapat di bahasa seperti Python dan Java. Di PHP sendiri dukungan yang di berikan untuk melakukan penulisan kode program beorientasi objek mulai dari versi PHP 5. Jadi bagi anda yang di Web Server nya di install PHP di bawah 5 tidak dapat di jalankan.

Belajar PHP OOP #1 : Pengertian dan Konsep OOP Pemrograman PHP

Jika sebelumnya menggunakan PHP Procedural setiap modul akan di pecah file demi file , maka di dalam OOP tidak akan di lakukan. Sebagai pengganti pemecahan file dapat menggunakan komunikasi antar fungsi / method yang akan kita bahas selanjutnya.

Pemrograman yang menerapkan konsep OOP di anggap sebagai pemrograman penulisan kode yang standart, sehingga penulisan kode tidak harus urut baris demi baris seperti hal nya di procedural.

Bahkan sekarang ini framework PHP seperti Laravel, Codeigniter dan lainnya menggunakan konsep Object Oriented Object.

Kelebihan OOP di PHP

Berikut ini kelebihan-kelebihan ketika menggunakan konsep OOP di PHP :

  • Reusability, Dapat memanggil ulang sebuah fungsi yang sudah di buat.
  • Memudahkan kerja sama antar TIM.
  • Penulisan kode lebih terstruktur dan Rapi.
  • Skalabilitas, Dapat mudah untuk di kembangkan menjadi yang lebih besar.
  • Lebih cepat melakukan pemeriksaan kesalahan / error.
  • Menghemat waktu dalam penulisan kode program.
  • Di gunakan oleh framework PHP.

Nah itulah beberapa kelebihan menggunakan konsep OOP di dalam program PHP.

Konsep OOP di PHP

Agar anda lebih mudah memahami saya akan berikan ilustrasi mengenai konseop OOP di pemrograman PHP menggunakan sebuah contoh sederhan.

Contohnya : Anggap saja mempunya objek bernama motor, di dalam object motor dapat kita pecah lagi misalnya ban, roda, bodi dan lainnya. Dengan adanya objek di dalam motor akan membentuk satu kesatuan motor yang saling melakukan interaksi dan melengkapi.

Konsep OOP di dalam PHP kita akan bagi per bagian yang nantinya akan di buat materi pembelajaran pada setiap konsep.

Berikut ini konsep dari OOP di PHP

  • Class dan Object.
  • Method dan Property.
  • Construtor dan Desductor
  • Object Type.
  • Inheritance dan Encapsulation.
  • Visibility.
  • Setter dan Getter.
  • Static Method.
  • Abtact dan Interface.
  • dan lainnya.

Kurang seperti seperti daftar di atas konsep yang ada di OOP PHP.

Procedural vs OOP ?

Banyak pertanyaan yang sering di tanyakan mengenai lebih bagus mana antara pemrograman PHP dengan konsep procedural ataupun dengan OOP ?

Kedua teknik ini berbeda, sehingga tidak ada yang lebih baik dan lebih jelek. OOP cocok digunakan ketika pengembangan sebuah aplikasi website yang besar dan terdapat banyak modul yang dapat kita pecah.

Ketika ada yang bilang dari segi keamanan lebih baik menggunakan OOP maka konsep ini saya anggap salah. Semua ini tergantung kode yang di tuliskan oleh pengembang aplikasi. Ketika menggunakan salah satu teknik penulisan PHP bagus dan memperhatikan keamanan maka hasilnya pun juga demikian.

Penutup…

Konsep OOP digunakan untuk menuliskan kode yang terstruktur dan mudah di pahami agar dapat memudahkan kerja sama di dalam TIM. Perbedaan antara OOP dengan Procedural yaitu cara penulisan kodenya bukan dari segi keamanan dan kecepatan programa di jalankan.

Situs pendukung…

Nah itulah Pengertian dan Konsep OOP Pemrograman PHP. Semoga bermanfaat.

Baca Juga…

One comment

  1. […] Belajar PHP OOP #1 : Pengertian dan Konsep OOP Pemrograman PHP […]

Leave a Reply