Kodingin

Pengertian Bahasa Pemrograman PHP dan Contohnya

Pengertian Bahasa Pemrograman PHP dan contohnya, belajar PHP Lengkap untuk pemula – Halo semuanya berjumpa lagi dengan kodingin, situs belajar bahasa pemrograman PHP dasar untuk pemula secara online. Tutorial Belajar PHP kita mulai dari pengertian bahasa program PHP.

Pengertian Bahasa Pemrograman PHP

Di dalam seri belajar php ini akan di mulai dari contoh syntax PHP dari dasar banget. Jadi buaat anda yang ingin mengenal PHP lebih dalam dapat mengikuti tutorial php berseri ini.

PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang berjalan di sisi server. Sehingga semua proses yang melibatkan sebuah tindakan dapat di olah menggunakan bahasa PHP yang mana di jalankan pada komputer server.

Saat ini bahasa pemrograman ini banyak digunakan oleh pengembang web untuk membuat beraneka raga aplikasi berbasis website, contohnya php di gunakan untuk membuat website toko online.

Faktanya , dikutip dari website Stack Overflow terdapat jumlah bahasan mengenai topik PHP yaitu sejumlah 1,315,992.

Pengertian Bahasa Pemrograman PHP dan Contohnya

Banyak situs website yang menggunakan bahsa PHP, antara lain :

  • WordPress
  • Joomla
  • Twitter
  • Facebook
  • Wikipedia
  • dan masih banyak lagi.

Situs di atas merupakan situs website yang sudah terkenal untuk di komsumsi secara publik.

PHP di kembangkan oleh Rasmus Lerdofr pada tahun 1995 dimana mempunyai situs resmi yaitu php.net.

Perkembangan bahasa PHP sangatlah pesat, terhitung sampai saat ini sudah mencapati PHP 7.3 dan ingin melanjutkan ke PHP 7.4.

Pengertian Bahasa Pemrograman PHP dan Contohnya

Dokumentasi yang di sajikan PHP secara online sangatlah lengkap, Belajar dari dasar hingga sampai ke tingkat mahir. Selain itu di dalam website resmi PHP juga di sediakan contoh bentuk sintaks yang bervariasi.

Banyak forum Indonesia maupun luar negeri yang membahas cara belajar PHP dan tutorial PHP, Bahkan sekarang banyak kursus php online, ebook belajar php, belajar php untuk pemula menggunakan sebuah contoh kasus hingga belajar buat website dengan PHP.

Secara umum bahasa PHP di bagi menjadi 2 yaitu Prosedural dan OOP. Namun sebaiknya berawal dari belajar PHP prosedural kemudian di ikuti belajar OOP PHP Lengkap. OOP di PHP sangatlah penting, faktanya framework PHP yang populer seperti Laravel menggunakan konsep OOP dalam penulisan kodenya.

Contoh Program PHP

Contoh program PHP sederhana untuk membuat berawal dari membuat tulisan “hello word”. Hampir untuk semua belajar bahasa pemrograman di mulai dari contoh syntax yang sederhana.

Berikut ini contoh script php dasar :

Penulisan sintaks PHP di muali dari tanda <?php dan di akhiri dengan tanda ?>. Setiap baris kode yang di tuliskan berkhiran dengan tanda titik koma.

Tutorial Belajar PHP Dasar

Berikut ini daftar belajar PHP dasar :

Tutorial Belajar OOP PHP

Berikut ini daftar tutorial yang membahas mengenai OOP di bahasa program PHP :

Tutorial Belajar PHP MySQL

Berikut ini daftar tutorial belajar PHP MySQL, di mulai dari membuat CRUD MySQL sampai cara membuat login PHP :

Semoga dengan adanya tutorial PHP dan MySQL ini dapat membantu anda dalam membuat situs website maupun aplikasi website sampai jadi. Tidak masalah jika ingin belajar PHP dari Nol.

Apabila dalam tutorial ini banyak tidak jelas, bisa di tanyakan dengan cara memberikan komentar di bawah ini.

Sekian tutorial mengenai pengertian dan contoh kode program PHP. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply