Panduan SEO On Page yang Tahan Lama

Menggunakan SEO on page dengan teknik white hat memungkinkan Anda untuk bertahan di halaman pertama Google dalam jangka panjang. Ada beberapa hal yang harus Anda pelajari dan aplikasikan agar halaman yang Anda optimasi mempertahankan posisi ranking. Perjalanan Anda akan lebih mudah jika dari awal Anda sudah melakukan optimasi SEO sesuai dengan panduan dan elemen SEO yang baik.

Baca Juga : Dapat Backlink Berkualitas dengan Cara Nyleneh

Umumnya, SEO on page merupakan salah satu alasan mengapa halaman Anda tidak muncul pada hasil pencarian keyword yang Anda target. Backlink Anda mungkin memang baik dan sudah banyak, tapi jika Anda tidak memperbarui pengetahuan Anda dalam SEO on page, besar kemungkinan Anda akan tetap berada di halaman 2 atau lebih belakang lagi.

Panduan #1: Kata Kunci SEO dengan Prioritas Tinggi

Kalau Anda sudah mengenal SEO sejak 2005, kemungkinan Anda familiar dengan Exact Match Domain atau EMD. Yaitu ketika Anda menggunakan keyword di dalam domain untuk memenangkan halaman satu Google. Ini masih berfungsi hingga saat ini, tetapi cukup sulit untuk mendapatkan EMD dengan keyword yang Anda pilih karena sebagian besar sudah dipakai.

Contoh domain EMD: jasawebsite.com, jasaseo.com

PMD atau Partial Match Domain mengandung salah satu kata kunci di dalam domain dan ini masih berfungsi dengan sangat baik hingga hari ini. Cukup tambahkan satu kata di luar kata kunci, domain Anda sudah masuk ke dalam kategori PMD.

Contoh domain PMD: jasaseoprofesional.com, jasawebsitemurah.com dan website itu untuk jasa seo Indonesia.

Kalau Anda bisa mendapatkan domain dengan EMD atauPMD, pakai saja.

Panduan #2: Konten dengan SEO

Konten atau konteks adalah isi dari website Anda. Jika Anda punya website, Anda diharuskan untuk membuat konten tertulis. Akan lebih baik jika dilengkapi gambar, video, dan infografis. Jika Anda tidak suka menulis, sebaiknya Anda membuat konten video untuk Youtube, atau konten gambar untuk Freepik.

Bisa juga menggunakan jasa penulisan, tapi Anda harus pandai menyeleksi penulis. Seringnya, penulis yang Anda gunakan jasanya menghasilkan tulisan berkualitas rata-rata. Untuk mendapatkan halaman satu di Google, konten Anda harus lebih baik dari rata-rata.

Lakukan juga optimasi pada Header Tags dan penggunaan kata kunci yang natural dan enak dibaca. Sematkan Positive Footprint dan Negative Footprint, dan rancang struktur konten dengan baik.

Panduan #3: Authority Links

Untuk mendapatkan authority links, Anda harus memiliki relevansi tinggi dengan authority domain. Authority domain adalah website yang sudah dipercaya Google untuk menampilkan jawaban atas pertanyaan yang orang-orang masukkan dalam mesin pencari. Mudahnya, domain yang memiliki Domain Authority Metrics diatas 90.

Panduan SEO On Page yang Tahan Lama

Beberapa praktisi memperdebatkan nofollow dan dofollow link, namun tidak ada data empiris yang dapat dijadikan panduan, mana yang lebih baik untuk meningkatkan SEO. Secara umum, dofollow dianggap lebih memberi keuntungan.

Jika Anda memiliki link eksternal ke DA diatas 80, gunakan ‘open link in a new window’ untuk mengurangi bounce-rate Anda.

Panduan #4: Optimisasi Gambar

Tidak ada panduan khusus mengenai optimasi gambar untuk mempengaruhi SEO. Banyak gambar dalam teks tidak terbukti untuk meningkatkan SEO secara signifikan. Anda bebas menentukan berapa gambar yang harus disematkan dalam sekian banyak kata dalam konten.

Panduan SEO On Page yang Tahan Lama

Gambar untuk SEO akan lebih baik jika Anda menggunakan kenyamanan pembaca sebagai panduan dasar. Bayangkan, jika terlalu banyak teks dan sedikit gambar, pembaca pun malas untuk melanjutkan.

Gunakan Alt Tags dan beri nama file yang sesuai. Jangan terlalu dioptimisasi karena memperbesar kemungkinan untuk terkena penalty.

Dalam SEO, Anda pasti mengenal istilah Content is King. Ini memang benar adanya dan Anda dianjurkan untuk membuat konten yang baik agar disukai Google. Konten yang berkualitas merunut pada panduan SEO baik on page maupun off page. Jika konten Anda biasa saja, sulit kemungkinan untuk meraih ranking di Google.

Nah itulah Panduan SEO On Page yang Tahan Lama.

Butuh Jasa Pembuatan Website … ?

Jasa Pembuatan Website di Tangerang, Murah Mulai Rp. 1 Juta

2 Comments

  1. Untuk teknik d atas sudah saya terapkan semua. Mudah-mudahan cepat mendapat hasilnya.

Leave a Reply