Beriklan di Facebook bagi pemula memang sangat membingungkan, terutama elemen yang ada dalam Facebook Pixel. Apa yang membuat pemula tetap ingin belajar iklan di Facebook ? Salah satu alasannya karena Facebook masih memegang peranan terbesar dalam digital marketing.

Fitur Facebook Pixel didesain dengan tujuan membuat iklan Anda lebih tertarget dan terkalkulasi secara akurat untuk menganalisis tingkat konversi.

Apa itu Facebook Pixel?

Facebook Pixel adalah perangkat analisis yang dibuat oleh Facebook untuk memudahkan Anda beriklan di platform tersebut dengan menggunakan ‘cookie’ untuk merekam jejak digital dan menganalisis pengguna ketika mengunjungi suatu website.

Dengan Facebook Pixel, Anda bisa:

  • Melacak konversi iklan Anda
  • Meningkatkan strategi marketing Anda ketika beriklan di Facebook
  • Menarget kembali (retargeting) pengunjung website melalui iklan
  • Mengoptimasi iklan Anda dan menaikkan konversi
  • Menganalisis audience yang mirip dengan pengunjung website Anda agar bisa menjangkau lebih banyak pengguna Facebook

Mulai Beriklan di Facebook

Proses mulai iklan di Facebook sebenarnya sangat sederhana. Meskipun Anda bukan pribadi yang sering berkutat dengan computer, Anda hanya membutuhkan 30 menit untuk mulai menjalankan iklan. Sebelumnya, pastikan Anda memiliki Facebook Page, yaitu halaman fans page, bukan Facebook pribadi Anda.

Mendaftar Facebook Pixel

Pertama, Anda harus mendapatkan script code Facebook Pixel untuk dimasukan ke website Anda. Kunjungi Facebook Ads Manager dan pada menu sebelah kiri atas, klik “Pixels” dan buat akun untuk Facebook Pixel Anda.

Baca Juga : Manfaat Internet Marketing Online dengan Facebook

Pastikan Anda menggunakan akun Facebook yang memang akan Anda pakai untuk iklan. Setelahnya, silakan masukkan script code tersebut ke website Anda di bagian header.

Selanjutnya ngapain ?

Aktifkan Tracking Features

Ini adalah salah satu fitur terbaik Facebook karena benar-benar tertarget dan teroptimasi untuk media periklanan. Anda bisa mengaktifkan fitur yang Anda perlukan dari Facebook Pixels, sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelajari panduan lengkapnya di sini https://www.facebook.com/business/help/952192354843755

Cek apakah Facebook Pixel Anda Bekerja seperti Seharusnya

Download ekstensi Facebook Pixel Helper untuk browser Anda. Saya sarankan untuk menggunakan Chrome Browser dan gunakan ekstensi Pixel Helper untuk Chrome. Dengan Ekstensi ini, Anda bisa melihat apakah kompetitor juga menggunakan Facebook Pixels untuk website mereka.

Peranan Facebook Pixels dalam Menjalankan Iklan di Facebook

Facebook Pixels tidak hanya melacak traffic melalui Facebook. Persepsi ini adalah pemahaman yang salah. Facebook megnumpulkan informasi tentang setiap orang yang datang ke website Anda. Facebook merekam aktivitas yang pengguna lakukan di website Anda.

Panduan Digital Marketing : Facebook Pixel

Apakah mereka menjadi lead baru untuk bisnis Anda, atau berhasil menkonversi mereka menjadi pelanggan, atau hanya menambahkan wish list?

Berikut adalah fitur Facebook Pixels yang palingmencolok:

  • Melacak Konversi
    JIka Anda menggunakan Facebook Pixel dengan benar dan memulai kampanya iklan untuk meningkatkan konversi, Facebook akan membuat daftar tipe-tipe konversi dan orang-orang yang masuk dalam kategori tersebut. Facebook akan mengingat tipe perangkat yang paling banyak mengkonversi, waktu, dan tipe iklan.
    Konversi bisa berarti macam-macam, tergantung jenis bisnisnya.
  • Retargeting
    Dengan retargeting Anda bisa membangun custom audience yang sangat spesifik dengan data orang-orang yang mengunjungi halaman tertentu pada website Anda. Facebook Targeting bisa menarget iklan orang orang yang mengunjungi website Anda, baik akhirnya berhasil terkonversi menjadi lead atau sales.
  • Lookalike Audience
    Facebook Pixels menawarkan fitur ini agar Anda bisa mengupload 100 lead database dalam 3 klik saja. Lalu Facebook akan mencari orang-orang dengan perilaku yang mirip dengan mereka.

Kalau Anda ingin meningkatkan pemasukan bisnis Anda, beriklan di Facebook dengan Facebook Pixel bisa jadi salah satu cara yang patut dicoba.

Selesai…, nah itu Panduan Digital Marketing: Facebook Pixel.

Leave a Reply