Belajar PHP OOP #6 : Cara Menggunakan Overriding di PHP

Belajar PHP OOP #6 : Cara Menggunakan Overriding – Halo semua nya berjumpa lagi di tutorial pemrograman PHP dengan konsep OOP menggunakan bahasa Indoensia.

Pada kesempatan kali ini akan meruskan lanjutan tutorial dari sebelumnya yaitu Belajar PHP OOP #5 : Memahami Inheritance / Pewarisan.

Jika tutorial sebelumnya sudah di lakukan dan berhasil menerapkan pada kosep PHP maka sekarang kita akan belajar mengenai overring pada PHP.

Yuk mulai dari pengertian Apa itu Overriding di PHP.

Pengertian Overriding

Overriding adalah sebuah teknik PHP dengan konsep OOP yang mengimplementasikan pembuatan method yang sama pada class child dengan method parentnya.

Kenapa harus menggunakan overriding ?

Terkadang ada kebutuhan untuk membuat fungsi yang sama namun keadaan yang berbeda. Maka dengan overriding menjadi solusi pemecahan masalah tersebut.

Cara Menggunakan Overriding di PHP

Syarat untuk menggunakan teknik overriding yaitu harus mempunyai class parent dan class child.

Berikut ini tahap awal yang harus di persiapkannya:

Kode diatas merupakan kode template penggunaan pewarisan di PHP.

Sekarang kita buat overidding.

Oh iya, file di atas silahkan simpan dengan nama Motor.php

Berikut ini cara membuat overriding di PHP.

Motor.Php

Hasilnya :

120

Perhatikan kode di atas, pada class motor yang di anggap sebagai child class terdapat method yang sama terhadap class turunannya yaitu MotorSport.

Untuk mengambil nilai dari parentnya yaitu dengan keyword parent::getInfoMotor(). Maka Nilai yang ada di child class berasal dari method pada parent class.

Lalu bagaimana jika ingin memanggil constructor dari parent class ?

Mengambil Nilai Constructor dari Turunannya

Caranya cukup mudah, hanya dengan mengganti nama method dengan nama constructor, dengan keyword __construct().

Sekarang kita bikin contohnya, tetap pada file Motor.php.

Motor.php

Hasilnya :

110

Perhatikan kode di atas, pemanggilan nilai pada parent class dapat dilakukan di mana saja, dengan catatan di lakukan di dalam class childnya. Contoh di atas merupakan pemanggilan parent class terhadap constructror dan dilakukan dari constructor juga.

Memanggil Method class yang sama

Jika memanggil method pada class parent menggunakan keyword parent di ikuti nama class maka ketika memanggil method pada class yang sama dapat menggunakan keyword self di ikuti dengan nama method nya.

Contohnya :

Hasilnya :

200

Perhatikan kode di atas terdapat method yang memanggil method lain pada class yang sama, kasus di atas yaitu method getInfoMotor() memanggil method lihatKecepatanMotor(). Untuk memanggil method yang sama dapat menggunakan self::lihatKecepatanMotor(), sebagai alternatif $this->lihatKecepatanMotor().

Kesimpulan…

Penggunaan Overidding digunakan untuk mengambil nilai dari nama class child terhadap nama method parent yang sama. Selain itu juga dapat memanggil constructor terhadap class parent.

Baca Juga…

Leave a Reply