Cara Mudah Menghadapi Error ketika Ngoding

Ketika kita sedang ngoding pasti akan menemukan sebuah kesalahan. Tidak ada seorang programmer yang membuat kode langsung jadi dan lancar digunakan, apalagi ketika sedang belajar pemrograman pasti akan menemukan error.

Gimana dengan sahabat kodingin ? Apakah juga sering menghadapi error ketika menuliskan kode program ? Jika Iya. Tenang, Bukan hanya anda kok, hampir semua programmer seperti itu.

Namun yang paling perting bagaimana cara menghadapi error tersebut. Apakah membanting Laptop ? Tidakkk, Sayang laptop nya :v.

Yuk kita simak “cara menghadapi error saat kita menuliskan kode”.

1. Tenang / Jangan Panik

Jangan panik, jangan gugup ketika menumukan error. Yang anda lakukan cukup tenang dan yakin terdapat solusi di balik kesalahan tersebut.

Ketika anda tidak tenang ketika menghadapi error ini akan berpengaruh kepada mental kita terhadap apa yang sedang kita tuliskan pada bahasa program tersebut. Sampai-sampai anda berhenti ngoding.

Tenag bukan berarti hanya berdiam diri ya, tapi baca keterangan kesalahan yang di berikan. Ini akan di bahas di point kedua.

2. Membaca Kesalahan

Lankah kedua yang perlu anda lakukan yaitu dengan membaca kesalahan yang tampil.

Bahasa pemrograman yang bagus pasti akan memunculkan keterangan error dan terdapat nomor baris yang menunjukan error.

Perlu di ketahui kesalahan nomor baris yang muncul terkadang tidak sesuai dengan kesalahan yang sesungguhnya. Tips nya anda mundur ke baris sebelumnya.

Cara mudah untuk membaca kesalahan yaitu dengan membaca kesalahan dan mencari nomor baris yang error.

Pada dasarnya “tipe pesan error dalam bahasa pemrograman” di bagi menjadi 3 yaitu.

  • Syntax Error, yaitu kesalahan ketika salah menuliskan aturan penulisan, sebagai contoh menggunakan bahasa pemrograman PHP namun anda lupa memberikan titik koma di belakang.
  • Semantic Error , yaitu kesalahan yang hasilnya terdapat kesalahan makna, contohnya anda menjumlahkan 2 tipe data yang berbeda.
  • Logical Error, yaitu kesalahan yang muncul ketika menuliskan aturan, contohnya anda melakukan perulangan, namun memberikan nilai maksimal tanpa batas.

3. Mencari Solusi

Ketika anda sudah tenang dan mengetahui kesalahannya, selanjutnya untuk mengatasi error ketika ngoding yaitu mencari solusi.

Solusi pertama yang perlu di lakukan yaitu mencoba memperbaiki sesuai dengan pengetahuan.Jika berhasil sangat luar biasa.

Jika anda tidak dapat mengatasi kesalahan dengan pengetahuan anda maka dapat mencari nya di Google. Untuk mencari kesalahan error dengan google yaitu dengan menuliskan hasil error di google.

Jika masih belum menemukan solusi jalan satu-satunya yaitu bertanya, bertanya kepada seseorang yang anda anggap sudah menguasainya.

Baca Juga…

Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.

One comment

Leave a Reply