Mengenali Bahasa Pemrograman Python

Mengenali Bahasa Pemrograman Python – Bahasa pemrograman Python belakangan ini sering digunakan dengan tujuan lebih besar untuk dapat dipakai pada semua sistem komputer yang modern. Python diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dasar pemrograman seperti mengolah teks, angka, gambar, dan berbagai data yang lainnya yang ada pada sebuah komputer.

Pada penerapannya, bahasa pemrograman Python bisa dikombinasikan dengan beberapa bahasa pemrograman lainnya, seperti PHP, Ruby, Perl, dan Java. Bahasa pemrograman ini juga dapat dijalankan pada beberapa platform sistem operasi, antara lain:

  • Windows
  • MAC Os
  • Linux
  • Symbian

Kebutuhan dalam penggunaan bahasa pemrograman Python biasanya banyak digunakan untuk program GUI, Aplikasi, Game Mobile, Website dan IoT.

Untuk kalian yang baru mengenal Python, berikut kami berikan beberapa langkah-langkah dasar dalam mempelajari dan mengenali bahasa pemrograman Python agar lebih baik dan cepat dalam mempelajarinya.

1. Instal Python pada komputer kalian.

Buka halaman resmi Python di https://www.python.org/downloads/, lalu unduh Python versi terbaru. Setelah selesai mengunduh Python, install pada komputer kalian masing-masing. Ketika kalian menginstal Python, secara tidak langsung kalian juga akan menginstal program IDE. IDE berfungsi untuk menyediakan antarmuka grafis bagi pengguna Python.

2. Tulis kode program pertama kalian.

Ketikkan pada teks editor atau IDE kalian kode program seperti ini:

Print(“hello word!”)

Kemudian save dengan format file namafile.py

3. Jalankan kode program kalian.

bahasa pemrograman python

Untuk menjalankan kode program yang sudah kalian tulis, buka terminal atau jendela perintah pada komputer kalian lalu ketik “python namafile.py”.Setelah menuliskan perintah tersebut, tekan tombol enter dan secara otomatis keluaran dari kode program yang kalian tulis akan muncul seperti ini.

“Hello world!”
pemrograman pytho

4. Selamat kalian telah menuliskan program pertama kalian dengan Python.

Seperti inilah pengerjaan kode pada bahasa pemrograman Python. Untuk lebih lanjutnya, kalian bisa kembangkan sendiri sesuai kebutuhan kalian masing-masing.
Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.
Leave a Reply