Cara Membuat dan Menghapus Tabel MySQL

Cara Membuat dan Menghapus Tabel MySQL
Cara Membuat dan Menghapus Tabel MySQL

Cara Membuat dan Menghapus Tabel MySQL – Tabel pada basis data MySQL mempunyai peranan yang sangat penting, dimana tabel digunakan untuk menyimpan data dengan jumlah tertentu dengan tipe data yang berbeda-beda, menyesuaikan dengan kebutuhan.

Tabel dapat di kelola dengan suatu sintaks perintah query, perintah query untuk melakukan aksi terhadap database yaitu membuat, mengubah dan menghapus tabel database. Untuk membuat tabel MySQL dapat menggunakan query Create sedangkan untuk menghapus tabel MySQL dapat menggunakan query Drop.

Untuk melakukan query pada tabel anda dapat melakukan di terminal maupun di phpmyadmin, adan dapat membuat dan mengahpus tabel MySQL di phpmyadmin.

Yuk kita bahas.

Cara Membuat dan Menghapus Tabel MySQL menggunakan Terminal

Kali ini saya memberikan tutorial menggunakan terminal atau biasa yang di sebut command line / CLI / CMD. Sebelum anda melakukan perintah query MySQL silahkan masuk ke akun root database MySQL anda.

Cara Masuk Ke Halama Root MySQL

Agar dapat melakukan query MySQL silahkan masuk ke cmd anda dengan perintah.

Kemudian masukan kata sandinya.

Jika sudah mari kita membuat tabel MySQL.

Cara Membuat Tabel MySQL

Untuk membuat tabel dapat menggunakan format query yaitu

Sebagai contoh saya akan membuat tabel baru dengan nama mahasiswa pada database universitas. anda pasti sudah tahu bagaimana cara membuat database MySQL.

Untuk membuat tabel pada database yang ditentukan jangan lupa masuk pada database tersebut, jika anda lupa perintahnya silahkan baca : Tutorial Membuat dan Menghapus Database MySQL.

Berikut ini contoh membuat tabel dengan nama mahasiswa dengan kolom nim, nama dan alamat.

terdapat 3 field / kolom yaitu nim dengan tipe data integer yang mempunyai panjgang 10 dan kolom nama dengan tipe data varchar yang panjangnya 50, serta alamat dengan tipe data text panjang nya tak terhingga.

Lalu periksa tabel yang anda buat.

Cara menampilkan Tabel MySQL

Jika sudah silahkan lihat tabel database MySQL dengan perintah.

Maka sudah terbuat tabel dengan nama bahasiswa. Tabel yang muncul hanyalah satu karena tadi kita hanya membuat tabel database dengan satu nama saja.

Cara Melihat Struktur Tabel MySQL

Jika sebelumnya hanya melihat tabel pada database MySQL, nah selanjutnya kita dapat melihat strukutur yang telah kita buat tadi dengan perintah.

sudah terlihat struktur tabel MySQL sesuai dengan apa yang kita buat.

Cara Mengubah Struktur Tabel MySQL

Ketika kita membuat suatu kerangka database dapat menyesuaikan aplikasi ingin di buat, ketika aplikasi terdapat tambahan fitur maka struktur tabel pada database bisa di lakukan perubahan.

Sebagai contoh saya ingin mengubah panjang string pada kolom nama yang awalnya 50 akan saya ubah menjadi 100.

Kemudian silahkan lihat kembali struktur tabel MySQL anda. Selain itu anda dapat nembahkan primary key pada kolom nim dengan perintah.

Coba kita lihat strukturnya akan menjadi.

selanjutnya kita akan melakukan hapus tabel database MySQL.

Cara Mengubah Nama Tabel MySQL

Ketika di rasa nama tabel tidak sesuai dengan isinya atau ada kesalahan penulisan anda dapat mengubah nama tabel MySQL.

Sebagai contoh saya akan mengganti nama tabel yang tadinya mahasiswa menjad mahasiswas.

maka anda berhasil mengubahh tabel MySQL.

Cara Menghapus Tabel MySQL

Menghapus tabel database MySQL menyebabkan semua struktur dan isi tabel akan hilang, maka lakukan hal ini dengan berhati-hati. Kali ini saya akan menghapus tabel yang kita buat tadi yaitu mahasiswa.

Perintah di atas menghapus tabel MySQL anda, jika anda lihat semua tabel pada database universitas tidak terdapat tabel apapun.

Kesimpulan

Untuk membuat tabel MySQL sebaiknya menggunakan tabel yang mudah di mengerti dan ketika tabel terdapat 3 kata pisahkan menggunakan tanda (_). Hal ini juga berlaku untuk field tabel MySQL. Perlu di ketahui untuk memberi nama tabel sebaiknya menggunakan nama jamak, sebagai contoh membuat tabel MySQL dengan modul kategori maka nama tabel yang sesuai yaitu categories.

Perintah Query yang sering digunakan untuk melakukan aksi terhadap tabel database MySQL.

  • Add, digunakan untuk membuat tabel maupun field baru pada database MySQL.
  • Add Primary Key, digunakan untuk memberikan primary key pada kolom tabel MySQL.
  • Modify, digunakan untuk mengubah struktur tabel MySQL.
  • Rename, digunakan untuk mengubah nama tabel MySQL.
  • Drop, digunakan untuk menghapus tabel MySQL.

Sekian Cara Membuat dan Menghapus Tabel MySQL.

Semoga bermanfaat

Baca juga :

Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.
Leave a Reply