Membuat Daftar isi Otomatis pada Microsoft Word

Halo semua jumpa lagi dengan di situs didikprabowo.com, kali ini saya tidak akan membahas mengenai informasi pemrograman, namun saya akan membagikan informasi mengenai dokumen microsoft word. Informasi yang ingin saya bagikan yaitu pembuatan daftar isi pada konten microsoft word. Ketika kita membuat suatu dokumen yang mempunyai banyak halaman tentu saja sangat menyulitkan ketika membuat daftar isi secara manual.

Kali ini admin ingin berbagi cara membuat daftar isi pada microsoft word tentunya secara otomatis. Fitur pembuatan daftar isi secara otomatis pada ms.word ini dinamakan table of contents. Implementasi table of contents ini dapat digunakan pada microsoft word tahun 2007, 2010,2013 maupun yang terbaru 2016.

Sedikit cerita saya menggunakan fitur table of contents pada ms word ini ketika saya sedang mengerjakan skripsi, skripsi yang saya susun mempunyai jumlah lembaran yang tidak sedikit yaitu kisaran 179 an ke atas. Nah, ketika ingin membuat daftar isi harus memeriksa halamannya satu persatu, hal ini menambah waktu untuk menyusunya. Akhirnya saya menemukan solusi dengan menggunakan table of contents.

Cara membuat daftar isi otomatis pada microsoft word.

Langkah pertama tentunya membuka microsoft word, pasti anda sudah bisa melakukannya. Oh iya, untuk membuat nya kita menggunakan bantuan styles pada fitur microsoft word.

Membuat Daftar isi Otomatis pada Microsoft Word

Langsung saja silahkan anda buat dokumen baru dengan style sebagai berikut

  • Heading 1
  • Heading 2
  • Paragraf

Buat 3 contoh text dengan menggunakan style di atas, cara menggunakan styles cukup mudah yaitu dengan meng-blok text yang dipilih lalu pilih stylenya. Di bawah ini contoh dokumen microsoft word dengan style yang saya jelaskan di atas. Untuk mengubah property di style anda dapat melakukan dengan cara mengklik kanan nama style nya kemudian pilih modify.

Membuat Daftar isi Otomatis pada Microsoft Word

Saya rasa anda sudah paham cara membuat dokumen seperti di atas, penggunaan style akan terlihat di sidebar sebelah kiri. Apabila belum muncul anda bisa masuk ke toolbars view, lalu centang Navigation Pane.

Apabila sudah dilakukan langkah selanjutnya yaitu implementasi membuat daftar isi secara otomatis, cara masuk ke toolbar references, lalu pilih table of contents, Disana ada pilihan style daftar isi silahkan anda pilih yang diinginkan. Perlu diketahui table of contents akan muncul di ketika cursor yang aktif. Saya menyarankan di bagian awal untuk menaruh kursornya. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Membuat Daftar isi Otomatis pada Microsoft Word

Pada tutorial ini saya menggunakan microsoft word 2016, namun tidak jauh beda dari microsoft word versi sebelumnya. Hanya peletekan nya saja yang berbeda.

Seperti itu cara membuat daftar isi secara otomatis di microsoft word. Anda dapat memperdalam lagi sesuai kebutuhan anda, misalnya pengen merubah jarak, warna atau lainnya.

Leave a Reply