Belajar PHP OOP #10 : Memahami konsep Abstract Class di PHP

Belajar PHP OOP #10 : Memahami konsep Abstract Class di PHP – Halo semua selamat datang di kodingin, sebuah situs website yang membahas mengenai tutorial belajar PHP OOP dari dasar hingga mahir.

Tutorial ke 10 ini akan membahas mengenai pengertian, konsep dan cara menggunakan abstract class pada pemrograman PHP yang dengan teknik Object Oriented Programming (OOP).

Pengertian Abstract Class

Yuk kita mulai dari pengertian abstract class. Abstract class adalah sebuah class yang tidak dapat di instansiasikan. Class Abstract tidak dapat di lakukan pembuatan object pada umunya untuk memanggil method maupun property.

Peran abstract class yaitu hanya sebagai kerangka dasarnya saja. Implementeasi penggunaan class abstract menggunakan konsep pewarisan, sehingga abstract class di jadikan sebagai parent class dan akan di warisi(Child Class) oleh class yang membutuhkannya.

Abstract class erat hubungannya dengan inheritance / pewarisan. saya sarankan ketika ingin mempelajari mengenai absract class dan abstract method sebelumnya harus paham mengenai konsep pewarisan di PHP.

Abstract class memaksakan kepada class turunan nya untuk menggunakan nama method yang sama.

Alasan menggunakan Class Abstract

Berikut ini alasan menggunakan abstract class :

  • Mempresentasikan Ide dasar atau gambaran umum.
  • Mudah bekerja sama dengan TIM.
  • Abstract class merupakan keputusan desain.
  • Mudah untuk mengelola.
  • dan lain nya.

Nah itulah beberapa alasan menggunakan abstract class.

Membuat Abstract Class dan Abstract Method

Untuk membuat class abstract harus berawalan dengan keyword “abstract” sebelum class. Begitupun untuk method, harus berawalan dengan keyword abstract.

Sebagai contoh, kali ini akan membahas mengenai object kendaraan. Kendaraan memiliki banyak jenis seperti mobil dan lainnya. Sehingga Object kendaraan di jadikan sebagai class abstract dan mobil sebagai class turunannya.

Yuk kita buat contoh kerangkanya.

Perhatikan kode di atas, bahwa class Kendaraan merupakan class abstract yang memiliki method getInformasi() yang digunakan sebagai method abstract.

Selain itu terdapat 2 class yaitu Motor dan Mobil sebagai class turunan nya yang mengimplementasikan dengan nama method yang sama yaitu getInformasi().

Sudah lumayan paham ?

Kalau sudah kita lanjut…

Perlu di ketahui bahwa method di dalam class abtract juga dapat memiliki sebuah property, namun juga di dalam method class turunannya juga harus terisi parameter property. Lebih jelasnya bahwa setiap method di abstract dapat memiliki paramter.

Berikut ini contohnya :

Perhatikan kode di atas, di setiap method yang mewarisi class abstract yang terdapat parameter property juga harus ada.

Namun, tunggu dulu contoh di atas tidak ada property nya tapi terdapat parameter saja. Nantinya parameter tersebut untuk memberikan nilai terhadap property.

Selanjutnya kita lihat bagaimana cara membuat method biasa di dalam class abtract, berikut ini contoh kode nya :

Cukup mudah bukan, asalkan anda sudah paham mengenai method dan pewarisan akan lebih mudah.

Yuk sekarang kita buat contoh latihannya.

Latihan menggunakan Abstract class

Kali ini kita akan membuat contoh latihan mengimplementasikan sebuah class abstract dan class yang di warisinya.

Langsung saja, silahkan buat file PHP dengan nama kendaraan.php. Berikut ini kode PHP nya :

Hasilnya :

Informasi Motor
Informasi Mobil

Perhatikan kode di atas, method yang ada di dalam class Motor dan Mobil mewarisi class abstract dengan nama Kendraan. Untuk mencetak nilai di setiap method seperti biasanya yaitu dengan membuat object kemudian di panggil nama methodnya.

Nah, sekarang kita akan coba latihan menggunakan class abstract yang berisi parameter dan property.

Latihan membuat Abstract Class dengan Property dan Parameter

Kita akan membuat contoh latihan memberikan parameter terhadap method pada abstract class.

Di bawah ini contoh kode nya :

Hasilnya :

Biru

Perhatikan contoh di atas, pada method getInformasi() terdapat paramter dengan nama $warna, parameter tersebut digunakan untuk memberikan nilai terhadap property.

Oke, sampai disini sudah tambah paham ?

Kalau sudah, mari kita lanjut lagi. Selanjutnya kita akan belajar membuat method yang ada di dalam class abstract.

Latihan membuat Method reguler di Class Abstract

Seperti yang saya jelaskan di atas, bahwa kita dapat membuat method biasa di dalam class abstract. Yuk kita latihan lagi.

Berikut ini contoh kode PHP nya :

Hasilnya :

Halo ini Informasi kendaraan, warnanya adalah Pink

Perhatikan kode di atas, terdapat method biasa di dalam class Kendaraan, dengan nama getInformasiKendaraan(). Method tersebut memanggil dari class turunannya dengan nama property $color.

Baca juga, ini artikel terkait dengan tutorial PHP yang anda baca :

Lalu, untuk menggunakan method di dalam class harus membuat method di dalam class turunannya yaitu Motor, Method getInformasiMotor() ini lah yang digunakan untuk memanggil method regular pada class abstract.

Bagaimana, sudah paham kah anda ?

Jika belum silahkan ulangi lagi dan pahami pelan-pelan.

Kesimpulan…

Penggunaan Class abstract ini merupakan pilihan desain terhdap kode kita, bukan soal benar dan salah. Anda dapat menggunakan abstract ketika menumui banyak varian data yang memiliki data turunan.

Leave a Reply