Kumpulan Perintah Penggunaan Grep pada Linux

Kumpulan Perintah Penggunaan GREP pada Linux – Kali ini saya akan berbagi mengenai salah satu Perintah yang ada diLinux yaitu Grep. Grep merupakan perintah yang digunakan untuk mencari string text menggunakan terminal, tentunya pada sebuah file dengan format apapun. Perintah pada grep menggunakan REGEX (regular expressions) untuk mencari dan menampilkan baris kata yang tepat dengan kata kunci yang sesuai.

Dengan menggunakan Grep maka akan mempercepat kinerja pencarian text. Ketika kita belajar hal baru yang tedapat banyak file dan folder dan akanmengubah isinya dengan kata kunci tertentu, Maka Grep ini Solusinya.

Yok Langsung saja kita bahas

Kumpulan Perintah Penggunaan GREP pada Linux dan Contoh Penggunaannya.

Sekarang kita mulai implementasi grep menggunakan linux, kali ini saya menggunakan linux ubuntu 18.04.

Mencari Kata dalam file

Untuk mencari kata dengan file tentunya anda harus mempunyai file text jenis apapun, misalnya php,go maupun txt. Format Penulisan mencari kata dalam file yaitu

Contohnya

Contoh di atas yakni berguna untuk mencari kata coba di file index.sh yang letaknya di folder didik. Anda juga bisa menambah tigkat sensitifnya, artinya mencari text dengan huruf kapital maupun tikak dengan nemambah perintah -i. contohnya.

Untuk menampilkan baris kode anda bisa menambahkan -n.

Mencari Kata dalam Folder

Selanjutnya mencari text string pada directory maupun sub directory, dibawah ini contoh penggunaannya.

Perintah diatas terdapat perintah baru yaitu -r, artinya dia mencari di dalam directory mapun sub direcory yang ada.

Dengan menggunakan Grep anda juga bisa mencari pada format text tertentu, misalnya mencari dalam bentuk fomat text .sh dan .html. Berikut ini contoh penggunaannya

Peringah diatas terdapat perintah baru yaitu -l (men el) artinya dia akan menampilkan nama file juga untuk hasil pencariannya.

Mencari dan Menampilkan Hasil di Text Editor

Selanjutnya kita bahas mengenai penggabungan denga perintah untuk menampilkan di text editor. Anda bisa menggunakan VIM, cat, nano maupun tail. Perintah ini penggunakan tanda | / Pipe. Berikut ini contoh penggunaannya.

Perintah grep pada linux ini sangat canggih sekali, ketika anda membaca ini anda menenukan hal baru yang bermanfaat.

Sekian artikel mengenai Kumpulan Perintah Penggunaan GREP pada Linux.

Semoga Bermanfaat.

Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.
Leave a Reply