Kumpulan Magic Property pada Laravel dan penggunaannya

Kumpulan Magic Property pada Laravel dan penggunaannya – Magic Property pada Laravel yaitu sesuatu method atribut yang di definisikan pada sebuah file model yang digunakan. Magic Property sangat berkaitan denga Elequent ORM pada Laravel, dimana sebuah hal yang penting harus di deklarasikan.

Tanpa Anda sadari ketika anda mnginsert data pada Laravel kemudian mneginisiasikan field yang boleh di inputkan data secara tidak langsung anda sudah menggunakan magic property nya Laravel.

Terdapat 12 Magic Property yang sering digunakan, hal ini juga tergantung kebutuhan pengembangann aplikasi anda dan pemilihan penulisan yang tepat. Fitur Magic Property ini dalam dokumentasi Laravel sendiri termasuk dalam kategori mutator. Anda bisa baca-baca disana mengenai lebih lengkapnya.

Yuk kita bahas 10 Magic Property Laravel yang sering digunakan, cekidot…

Kumpulan Magic Property pada Laravel yang sering digunakan

Saya akan bahas 10 magic property beserta contoh penggunaannya, penggunaan magic property ini cukup sederhana dan mudah dipahami, jadi anda tidak usah kwatir.

#Fillable

Seperti yang telah singgung sebelumnya, magic property fillable digunakan untuk mendaftarkan Field/ Atribut yang boleh dimasukin data.

Contoh penggunaan Fillable

Kode diatas artinya Laravel boleh melakukan insert dan update data pada field yang telah di definisikannya.

#Guarded

Gurded meruapakan Magic Property kebalikan dati Fillable, Jadi yang di definisikan field yang tidak boleh dilakukan insert maupun update data. Hal lain juga guarded bermanfaat ketika mempunyai banyak field yang harus di insert dan sedidit yang tidak boleh di insert, jadi bisa menghemat penulisan kode.

Contoh penggunaan guarded

Kode diatas menandakan bahwa field kode tidak boleh diinsert langsung dari aplikasi laravel.

#Table

Penulisan nama tabel biasanya menggunakan nama dengan plurals, artinya bersifat banyak dalam bahasa inggis dan berakhiran dengan huruf s, misalnya saya punya tabel dengan nama kategori, maka penulisan nama tabelnya categories. Nah menggunakan magic property table ini tidak tergantung pada aturan tersebut.

Contoh penggunaan table.

Kode diatas artinya nama tabel pada model yang di definisikan adalah kategori.

#PrimaryKey

Siapa sih yang tidak tahu yang namanya primary key / kata kunci. Laravel menganggap primary sebuah tabel dengan nama id, namun dengan menggunakan magic property primarykey maka anda bisa mendiifinisikan primary key pada field lain, misalnya code_id.

Contoh penggunaan PrimaryKey

Kode diatas artinya terdapat kata kunci / primary key pada tabel dengan field code_id. Penggunaan Magic Propery PrimaryKey ini juga befungsi untuk memberi tahu penggunaan elequent ORM. Contohnya ketika kita punya kode

nah artinya yang dicari pada primaryKey yang telah ditetapkan.

#Cats

Cars, ini merupakan magic property yang saya sukai dan menganggap ini sangat keren, megic propery cats di gunakan untuk mendandakan tipe data. Sama halnya di bahasa golang penulisan kode tipe data menggunakan structs.

Contoh penggunaan Cats

Kode diatas artinya hasil dari query Elequent ORM dengan pada field id yaitu integer dan social array. Saya sangat sering menggunakan tipe data array, karena tidak terlalu boros penggunaan jumlah field.

#Hidden

Magic property hidden berguna agar memberi tahu bahwa field tersebut tidak boleh ditampilkan dengan alasan data rahasia, biasanya field yang di hidden yaitu password.

Contoh penggunaan hidden

Jika anda cermati ketika membuat projek Laravel Baru terdapat model dengan nama User dan memiliki magic propery hidden.

#Visible

Magic Property Visible kebalikan dari hidden,dimana menampilkan atribut yang telah di definisikan.

Contoh penggunaan visible

Kode diatas artinya atribut / Field dengan nama name boleh ditampilkan.

#Appends

Magic Property Append untuk membuat field baru atau gabungan dari beberapa field yang telah data. Misalnya punya field gelar dan nama, kedua field tersebut bisa digabungkan dengan atribut yang baru.

Contoh penggunaan Appends

tidak hanya mendefinisikan saja namun harus menambahkan fungsi / method.

Dari kode diatas maka akan terbentuk gabungan dari 2 atribut.

#Dates

Magic Propery Dates berkaitan dengan manipulasi waktu yang biasanya di laravel pada field created_at dan updated_at.

Contoh penggunaan Dates

Kode diatas memberi tahu laravel bahwa field yang didefinisikan merupakan waktu, sehingga dapat diproses pada fitur date milik laravel yaitu Carbon.

Contoh penggunaan Carbon

Kode diatas artinya mengubah format waktu menjadi seperti yang ditentukan.

#Timestamps

Magic Propery Timestamps pada Laravel berhubungan dengan field default laravel yaitu created_at dan updated_at. Secara otomatis ketika terdapat insert data field tersebut dapat terisi otomatis, dengan menggunakan timestamps ini dapat melakukan pengolahan data field tersebut sedara manual dan mematikan fungsi bawaan.

Contoh penggunaan Timestamps

Kode diatas untuk mematikan insert maupun update otomatis pada field dengan tipe timetamps created_at dan updated_at.

Penutup

Akhitnya kita mengetahui 10 bentuk Magic Property. Magic Property di Laravel sangat ampuh dan keren sekali, dimana semuanya telah dibuatkan dan kita bisa memakai dengan kebutuhan projek yang kita bangun. Ini lah jawaban ketika orang bertanya kenapa kita bisa memanggil model dan mendapatkan data sengkan di model tidak ada isi query. Semua ini di tangani oleh accesor dan mutator pada Laravel menggunakan magic propery.

Sekian Kumpulan Magic Property pada Laravel dan penggunaannya

Semoga Bermanfaat.

Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.
Leave a Reply