Kondisi IF ELSE dan Switch Case Pada PHP

Kondisi IF ELSE dan Switch Pada PHP – Pembuatan halaman website pasti ada sebuah pemeriksaan terhadap suatu kondisi. Dengan menggunakan perintah if else atau Switch dapat melakukan sebuah pemeriksaan suatu kondisi tertentu.

Penggunaan IF ELSE pada php memiliki 3 kondisi ketika berakhir pemeriksaan yaitu if  ,elseif dan else. Sedangkan penggunaan Switch cenderung memeriksa suatu kebenaran yang terdapat banyak pilihan kondisi. Bagus mana if else dan switch ? Penggunaan if else dan switch tergantung kebutuhan anda, ketika menangani pengkondisian dengan nilai kondisi banyak sebaiknya menggunakan switch, namun ketika hanya sedikit kondisi lebih baik menggunakan if else.

Contoh Studi kasus menggunakan if else yaitu ketika melakukan pemeriksaan suatu nilai, misalnya nilai awal 10. Sedangkan contoh penggunaan switch yaitu ketika mencari suatu nilai.

Penulisan Dasar Kondisi IF ELSE

Contoh Penggunaan IF ELSE

<?php
$kata = "didik";
if($kata=="didik"){
echo "kondisi ketika benar menghasilkan tulisan didik";
}
else{
echo "kondisi ketika salah";
}
?>

Hasilnya : kondisi ketika benar menghasilkan tulisan didik

Penjelasan :

Kode program PHP di atas merupakan pengkondisian dengan if else, dimana pemeriksaan terdapat kalimat string yang sudah dideklarasikan. Ketika nilai benar maka akan tercetak “kondisi ketika benar menghasilkan tulisan didik”. Namun ketika kondisi salah kana tercetak “kondisi ketika salah”.

Penulisan Dasar Kondisi Switch Case

Contoh Penggunaan Switch Case


Hasilnya : nilai tiga.

Penjelasan :

Nilai awal dideklarasikan dengan angka 3 dengan variable nilai. Kemudian $nilai akan memeriksa deretan switch yang tersedia. Ketika nilai sama dengan case tertentu maka akan berhenti. Apabila nilai tidak ditemukan dalam case maka akan mencetak nilai yang ada di default.

Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.
Leave a Reply