Komposisi Sales Funnel yang Efektif

Sales Funnel adalah rangkaian langkah demi langkah yang dilalui pengunjung hingga menjadi pembeli produk atau jasa Anda. Sales Funnel memiliki strategi yang terstruktur dan seragam dalam satu bisnis usaha, serta dipahami oleh seluruh karyawan.

Dalam membuat sales funnel yang efektif, ada 4 langkah yang harus diperhatikan. Masing-masing langkah terdiri dari 3 hingga 5 poin yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan bisnis Anda. Jika Anda memiliki banyak bisnis berbeda, Funnel yang Anda buat bisa sama atau bahkan berbeda. Tergantung apa yang ingin Anda raih dalam proses funneling tersebut.

Secara umum, Funnelterdiri dari tiga tahapan utama yaitu:

  • Marketing
  • Sales Process
  • Customer

Kali ini, akan saya akan bagikan tips untuk membuat komposisi sales funnel yang efektif. Keempat komposisi ini dapat membantu Anda mengkonversi pengunjung lebih banyak jika diaplikasikan dalam satu Landing Page, meski jika dipisah, juga tidak masalah.

Komposisi#1: Jembatan Menuju Sales Funnel

Anda harus mampu menangkap lead sebanyak mungkin karena ini adalah tahapan pertama sebelum mereka masuk ke langkah berikutnya. Ingat, lead yang berharga adalah lead yang berkualitas.

Dalam dunia Digital Marketing, tak jarang kita dengar istillah Content is King. Anda bisa memilih jenis konten yang Anda perlu dari beberapa tipe berikut ini:

  • Kuis – Anda membuat kuisioner yang menarik minat audiens Anda
  • Artikel – Buat artikel edukatif dan informatif yang membangun, agar pembaca membagikannya pada teman-teman mereka
  • Blog – Jika Anda ingin menangkap sebanyak mungkin lead menuju sales funnel Anda, blog adalah satu hal wajib
  • Video – Gunakan platform sosial media yang mendukung video dan sesuaikan format video Anda
  • Pre-sell Page – Dedikasikan satu halaman khusus di website Anda yang menjelaskan produk atau jasa yang Anda jual, tetapi jangan menambahkan tombol beli. Belum saatnya.

Komposisi#2: List Building dan Pilah Subscribers

Pada tahapan ini,Anda sudah bisa menyaring dari berbagai lead yang Anda dapatkan padatahap pertama. Sales Funnel Anda bisa terdiri dari:

  • Pop-Up atau Squeeze Page untuk tawaran eksklusif
  • Registrasi Webinar dan minta mereka untuk memasukkan E-Mail
  • Akun gratis agar mereka terkekspos oleh brand Anda
  • E-Book gratis

Dalam membangun list dan subscribers, perlu diingat bahwa Anda harus memiliki aset lebih dulu untuk dibagikan secara gratis. Yang paling umum adalah e-book, kedua adalah free trial yang masuk dalam kategori akun gratis. Jika Anda tidak memiliki aset, akan sulit untuk menangkap subscriber berkualitas.

Baca Juga : Cara Termudah untuk Mempelajari Internet Marketing

Pastikan bahwa konten yang Anda bagikan secara gratis benar-benar berkualitas dan mewakili produk atau jasa Anda secara garis besar. Investasikan waktu dan tenaga untuk membuat konten terbaik Anda. Jaring sebanyak mungkin subscribers. Dalam tahapan ini Anda masih belum bisa melakukan penjualan.

SalesFunnel #3: Kualifikasi Pembeli

Beberapalead sangat mungkin tidak akan menjadi subscriber Anda, tapi langsungmulai membeli. Sekarang saatnya untuk Anda mulai jualan dengantawaran menarik. Beberapa cara agar Anda bisa mendapatkan konversitinggi:

  • Trial – Bagi lead Anda yang memilih untuk tidak menjadi subscriber dan membuat akun, dorong mereka untuk mendaftar sebagai subscriber dengan memberikan layanan uji coba sebagai hadiahnya.
  • Gratis pengiriman – Berikan pengiriman gratis untuk produk tertentu atau pada pembelian tertentu. Jika Anda bisa memberikan gratis ongkos kirim tanpa syarat, tentunya lebih baik lakukan saja.
  • Penjualan langsung

Selalu test konten Sales Funnel Anda dengan baik dan lihat apa yang mereka lakukan. Anda mungkin ingin segera menawarkan pembelian setelah mereka melakukan hal tertentu yang ada dalam sales funnel Anda. Jika ada lead yang tidak terjaring dalam subscriber atau pembeli, biarkan saja.

Komposisi Sales Funnel yang Efektif

Jika mereka mendaftar subscribe namun belum membeli, langkah berikutnya bisa membantu Anda untuk mengkonversi subscriber Anda menjadi customer.

SalesFunnel #4: Nafsu Beli

Langkah ini sangat krusial untuk Sales Funnel Anda. Lakukan dengan hati-hati dan pelajari dengan baik keunikan produk dan jasa Anda. Tawarkan:

  • Downsales
  • Affiliate
  • One time Offer

Jika pelanggan tidak membeli produk Anda, arahkan mereka ke produk Anda lainnya yang sesuai dengan ekspektasi pembeli. Beri opsi pilihan jika mereka ingin berafiliasi dengan Anda.

Gunakan one time offer sebagai opsi pamungkas Anda.

Seperti yang saya jelaskan di awal, Anda bisa menempatkan keempat komposisi ini dalam satu Landing Page, atau memecahnya jadi strategi tunggal yang saling terhubung satu dengan yang lainnya.

Nah itulah Komposisi Sales Funnel yang Efektif.

Info Penting :

Dapat Paket Promo Paket Hosting Murah No. 1 di Indonesia.

Komposisi Sales Funnel yang Efektif

Baca Juga…

Leave a Reply