Belajar PHP OOP #8 : Static Property dan Static Method

Belajar PHP OOP #8 : Static Property dan Static Method – Halo semua selamat datang di kodingin : situs belajar pemrograman website bahasa Indonesia. Kali ini masih membahas mengenai Object Oriented Programming pada pemrograman PHP.

Sekarang mari kita lanjutkan tutorial nya yang akan membahas keyword static pada pemrograman PHP. Keyword static digunakan untuk Property dan Method.

Pasti anda sudah paham mengenai property dan method, sehingga ketika tutorial ini membahas tentang property dan method tidak akan membingungkan.

Namun jika belum silahkan baca terlebih dahulu : Property dan Method pada Class

Lanjut, sekarang kita mulai dari pengertian keyword Static pada pemrograman PHP.

Pengertian Keyword Static Method dan Property

Kita kembali ke belakang terlebih dahulu, ketika ingin menggunakan suatu method sebelumnya harus memanggil / instance class terhadap object. Dengan penulisan kode beraawalan dengan “new”.

Nah static method maupun property sudah tidak menggunakan konsep itu lagi, namun langsung komunikasi terhadap class di ikuti dengan property maupun method.

jadi, Pengertian Keyword Static adalah suatu teknik memanggil Method maupun property di dalam suatu class. Karena pada dasarnya class hanya sebuah template / blueprint saja.

Format Penulisan Keyword Static Method dan Static Property

Tanpa di sadari sebelumnya pada materi overidding sudah mengimplementasikan salah satu konsep penulisan keyword static yaitu menggunakan sintaks parent dan self.

Format penulisannya yaitu :

Jadi format penulisa keyword static dengan awalan nama class di ikuti dua kali titik dua, setelah iti di ikuti method maupun property.

Kenapa harus menggunakan Keyword Static ?

Pertanyaan ini sering muncul, faktanya sudah ada metode dengan menuliskan sebuah objek yang menginstansiasikan sebuah class, namun kenapa harus ada static method dan static propery ?

Mari kita bahas.

Alasan menggunakan static keyword yang pertama yaitu tidak perlu dilakukan pemanggilan objek secara berulang-ulang dan hasl ini lebih menghemat penulisan kode program.

Method dan Property pada pemrograman PHP berhubungan langsung terikat pada sebuah class, bukan sebuah objek. Sehingga ketika ingin memanggil method dan property pada class sebaiknya menggunakan keyword static.

Selain itu nilai sebuah nilai yang ada di property nilai nya tidak akan berubah-ubah ketika terdapat banyak pemanggilan terhadap property. Contohnya ketika membuat proses counter menambahkan sebuah nilai maka hasil nya tidak hasil yang di jumlahkan melainkan tetap.

Faktor dukungan lainnya banyak framework PHP, seperti laravel menggunakan keyword static dan tidak menggunakan instance terhadap objek.

Keyword static biasanya juga digunakan untuk membuat helpers / bantuan terhadap sebuah sistem yang di bangun.

Sekarang, kita lanjut menggunakan keyword static menggunaan kode program…

Membuat Keyword Static Method dan Static Keyword

Sekarang kita buat contoh penggunaan static property dan static method :

Silahkan buat file dengan nama Motor.php, berikut ini contoh kode PHP nya :

Hasilnya :

400
200
200

Perhatikan kode di atas terdapat property dengan keyword static dengan nilai awal yaitu 200. Maka untuk memanggil property tersebut menggunakan syntaks Motor::$kecepatan. Perlu di ingat karena property merupakan variable maka harus ada awalan tanda dollar($).

Selanjutnya terdapat 2 method yaitu getDefaultKecepatan() dan getKecepatan(). Dimana pada method getDefaultKecepatan() terdapat kode program untuk memanggil nilai awal pada property dengan sintaks self::$kecepatan.

Sedangkan pada method getKecepatan() memberikan dan mengembalikan niilai yaitu angka 400.

Yuk Kita buat perbandinga untuk menunjukan bahwa nilai property tidak akan berubah.

Perbandingan Object Class dengan Keyword Static

Saya akan membandingkan bawah nilai pada property ketika terdapat pemanggilan objek lebih dari satu nilai nya akan di reset, namun jika menggunakan static maka tidak di reset.

Berikut ini contoh Object Class

Hasilnya

200
201
202

200
201
202

Perhatikan kode di atas, terdapat method getDefaultKecepatan() yang isikan melakukan penembahan nilai terdapat property. Meskipun menginstansiasikan objek baru namun nilai nya akan di reset menjadi nilai awal.

Sekarang kita coba menggukan keyword static pada method getDefaultKecepatan().

Berikut ini kodenya :

Hasilnya :

200
201
202

203
204
205

Hasil dari data di atas sudah terlihat bahwa ketika kita menginstansiasikan variable baru pada class yang memanggil nilai property dari method nilai tidak akan di reset, yang artinya tetap.

Kesimpulan…

Keyword Static Method dan Property cocok digunakan ketika data komunikasi dengan class terhadap method dan property nya. Keyword static juga membuat seolah-olah kode kita menjadi procedural namun memangkas penulisan kode panjang seperti membuat object baru.

Di lihat dari namanya saja sudah keliatan bahwa nilai pada keyword static tidak akan berubah-ubah.

Selesai, sekian tutorial PHP yang membahas mengenai keyword static method dan property.

Leave a Reply