Ketahui, Inilah Perbedaan WordPress dan Blogspot!

perbedaan WordPress dan Blogspot
Perbedaan WordPress dan Blogspot

Ketahui, Inilah Perbedaan WordPress dan Blogspot! – Jika membahas tentang blog, maka tidak akan terlepas dari 2 raksasa penyedia layanan web blog di dunia yaitu blogger (dot) com dan wordpress (dot) com. Blogger (dot) com memberikan subdomain berupa blogspot sedangkan wordpress (dot) com memberikan subdomain berupa wordpress.

Meskipun banyak yang mengetahui hal itu, namun tidak sedikit yang belum memahami perbedaan antara blog berplatform blogspot dan blog yang berplatform wordpress. Ada yang mengatakan bahwa Blogspot lebih luar biasa, tapi ada juga yang mengatakan bahwa swordpressebenarnya itu lebih amazing. Lalu siapa yang benar ?

Ketahui, Inilah Perbedaan WordPress dan Blogspot!

Ada beberapa perbedaan yang menonjol, berikut ini 5 perbedaan wordpress dan blogspotyang perlu Anda ketahui!

Template

Hal dasar yang terlihat ketika menggunakan blogspot adalah kebebasan dalam mengotak-atik template. Hal ini karena blogspot memiliki ekstensi HTML, jadi dapat dirubah-rubah sesuai dengan kemauan tanpa harus menjadi seorang ahli blog.

Berbeda ketika menggunakan wordpress, ekstensi yang digunakan bukan HTML melainkan PHP. PHP ini bersifat lebih pada keadaan paten dan hanya bisa dirubah oleh orang yang sudah mahir di bidang PHP. Jadi jika membahas mengenai kebebasan dalam merubah template maka blog blogspot lebih unggul.

Fitur

Fitur yang ditawarkan oleh wordpress sangat banyak, bahkan bisa mencapai ratusan. Fitur tersebut disediakan dalam bentuk plugin-plugin. Jadi, jika ingin memasang fitur tambahan pada wordpress maka tinggal download pluginnya kemudian diinstal. Berbeda dengan blogspot yang terbatas hanya berkisar antara Script HTML. Maka perbedaan wordpress dan blopspot dari segi fitur, ternyata lebih unggul wordpress.

Hosting

Blogger menyediakan Hosting gratis untuk penggunanya dan tidak terbatas. Berbeda dengan wordpress yang hanya menyediakan hosting gratis dengan kapasitas yang tidak terlalu besar. Namun, ketika Anda ingin merubah blog menjadi domain TLD maka secara otomatis harus menyewa hosting pada pihak ketiga. Jadi diharuskan membayar untuk membeli domain dan menyewa hosting.

Perlu Anda ketahui karena platform Blogspot menyediakan hosting gratis maka jika suatu hari blog Anda melanggar TOS dari blogspot maka siap-siap saja blog akan dihapus tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Dari segi hosting ini, perbedaan wordpress dan blogspot dapat dikatakan imbang karena kekurangan pada hosting blogspot.

SEO

Ada yang mengatakan bahwa SEO yang diterapkan oleh blog platform wordpress itu lebih menakjubkan dikarenakan SEO yang digunakan berasal dari plugin SEO. Namun pernyataan ini nyatanya masih diragukan. Seorang blogger yang menggunakan blog platform wordpress itu untuk membangun blog yang lebih profesional.

Monetize Adsense

Pembahasan tentang yang satu ini kerap menjadi target incaran utama para blogger. Jujur, jika ingin mendapatkan penghasilan dari blogger secara mudah tentu menggunakan blog platform blogspot. Penyebabnya karena blog platform blogspot sudah terdapat menu HTML Java Script. Jadi, hanya tinggal pasang kode iklan saja. Apalagi untuk iklan dari Google Adsense.

Berbeda jika membahas mengenai blog platform wordpress yang jika ingin mendapatkan penghasilan dari situ maka blog harus terlebih dahulu dirubah menjadi blog TLD lalu melakukan langkah-langkah tertentu agar blog bisa dipasang iklan. Perbedaan wordpress dan blogspot untuk memonitaze ini menyebabkan bahwa blogspot sangat lebih unggul. Namun tetap, hakikatnya wordpress pun juga bisa.

Kesimpulan

Kesimpulannya bahwa diantara blog yang berplatform blogspot dan blog berplatform wordpress itu memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Jika Anda bertanya mana yang lebih baik maka keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Itulah penjelasan mengenai perbedaan wordpress dan blogspot bagi para blogger.

Semoga bermanfaat.

Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.

5 Comments

  1. Pengalaman saya sebagai blogger pemula, memang agak susah untuk mengotak atij wordpress. Beda dengan blogger yang lebih simpel.

  2. nah ini yang saya cari, thanks ilmunya..

Leave a Reply