Kerja Freelance : Bagaimana Anda Memulai Karir dan Bertahan

Tetap menghasilkan uang dengan bekerja dari rumah adalah idaman setiap pekerja kantoran yang harus berkutat dengan jalanan macet tiap pulang pergi. Dengen bekerja dari rumah sebagai seorang freelancer, Anda tidak perlu bersaing dengan pekerja lainnya yang memenuhi jalanan kota tiap pagi dan sore.


Anda bisa bekerja kapan saja dan di mana saja selama terhubung dengan internet dan telepon.

Lalu muncul pertanyaan, bagaimana Anda bisa memulai karir sebagai seorang Freelancer, dan tetap bertahan di tengah derasnya persaingan ?

Mencari Kerja Freelance

Kalau Anda memutuskan mulai hari ini untuk bekerja sebagai freelancer, Anda harus memiliki skill dan siap bersaing dengan jutaan orang lainnya baik dari dalam dan luar negeri. Ada kalanya Anda harus alih profesi karena permintaan pasar.

Tapi akan lebih menguntungkan jika profesi Anda sebelumnya memang bisa dijalankan dari jarak jauh atau remote, seperti programmer, desainer, penulis, konsultan, dan lainnya.

Kerja Freelance : Bagaimana Anda Memulai Karir dan Bertahan
Kerja Freelance : Bagaimana Anda Memulai Karir dan Bertahan

Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana Anda bisa mendapat proyek pertama Anda sebagai freelancer?

Umumnya, jawaban yang akan Anda dapatkan adalah bergabung di Upwork, Freelancer dot com, Dribble, Sribulancer, Projects dot id, dan website sejenis.

Tidak ada yang salah dengan jawaban ini, tapi ada hal-hal yang harus Anda perhatikan agar Anda tidak sekedar memulai karir freelancer dan kerja, tapi juga bertahan dan mendapat penghasilan lebih dari gaji kantoran sebelumnya.

Anda Harus Unik dan Berbeda

Promosikan diri Anda dengan cara unik. Anda harus putar otak agar bisa menangkap perhatian orang-orang yang memiliki proyek agar mempekerjakan Anda. Tidak cukup hanya mengupload CV dengan foto 3 x 4 ala KTP. Bangun brand diri Anda dan posisikan diri Anda sebagai profesional, namun juga unik. Lupakan cara-cara formal, dan mulai pikirkan cara kreatif untuk memperkenalkan sosok Anda ke publik.

Misalnya, jika Anda seorang Photo Editor, promosikan diri Anda dengan menggunakan photoshop bersama publik figur terkenal.

Kerja Tanpa di Bayar

Jika Anda baru mulai, akan sulit mencari klien dengan budget besar yang bersedia bekerjasama. Anda harus rela dibayar rendah atau bahkan tidak dibayar sama sekali demi mendapatkan exposure dan testimoni.

Baca Juga : Situs Penyedia Iklan Selain Adsense 2019

Bukan berarti Anda harus menerima setiap pekerjaan awal tanpa dibayar. Pilih klien yang menurut Anda akan membawa banyak keuntungan di masa depan. Gunakan cara ini untuk melatih skill dan mentalitas Anda.

Start-up dan bisnis kecil biasanya sasaran tepat Anda untuk mulai bekerja pro-bono.

Bangun Personal Brand

Personal Brand bukan hanya sekedar portfolio dan testimonial. Anda harus menentukan strategi marketing untuk menjangkau klien. Tentukan siapa klien yang ideal untuk jasa Anda, lalu buat akun sosial media dan mulai berkontribusi agar Anda dikenal.

Bangun Autoritas

Meskipun Anda seorang pekerja profesional di kantor Anda sebelumnya, tidak ada yang mengenal siapa Anda sekarang sebagai seorang freelancer. Anda harus membangun reputasi diatas rata-rata untuk mendapat proyek dengan bayaran yang juga di atas rata-rata.

Tunjukkan kualifikasi Anda dengan membagikan ilmu dan pengalaman Anda selama bekerja, dan bantu orang lain jika Anda bisa memecahkan masalah mereka.

Publikasikan Hasil Kerja Anda secara Konsisten

Jika Anda suka menulis, Anda bisa membagikan tulisan Anda di grup atau forum menulis di media sosial. Medium merupakan website yang baik untuk mempublikasikan tulisan jika Anda memiliki sisi jurnalis. Tapi jika Anda suka menulis novel atau ceirta, Wattpad bisa lebih menguntungkan. Terus bagikan hasil karya Anda secara konsisten dan terus menerus.

Segala sesuatu memang akan sulit jika baru saja dilakukan. Beralih profesi menjadi freelancer tentu saja akan mempengaruhi kondisi mental dan finansial. Pertimbangkan rencana-rencana Anda dengan baik dan segala resikonya sebelum memulai karir Anda sebagai freelancer.

Leave a Reply