Beberapa Teknologi yang Menopang Kemajuan Revolusi Industri 4.0

Berbicara tentang revolusi industri, sebagian besar dari Anda pasti telah belajar tentang revolusi industri di Inggris, bukan?

Biasanya dalam pelajaran sejarah, hal ini sangat sering dibahas. Nah, mungkin sebagian dari Anda bingung, mengapa judul revolusi industri 4.0. Kenapa ini sudah keempat?

Yang pertama, kedua dan ketiga lalu di mana?

Konsep Revolusi Industri 4.0

Belakangan ini banyak orang membicarakan revolusi industri 4.0.

Kalian sendiri tentu saja pernah mendengar konsep “Industri 4.0” kan di media cetak dan internet?

pertama kali digunakan di publik pada pameran industri Hannover Messe di kota Hannover, Jerman pada 2011. Dari acara ini, gagasan “Industri 2.0” dan “Industri 3.0” hanya muncul, sebelumnya hanya dikenal sebagai “Revolusi Teknologi” Dan “Revolusi Digital”.

Pada revolusi Industry 2.0 sendiri tidak akan muncul selama kita masih mengandalkan otot, angin, dan tenaga air untuk kegiatan produksi.

Industry 3.0 pada dasarnya meningkatkan lini produksi dengan komputer dan robot.

Jadi, “industri 4.0 juga harus menggunakan komputer dan robot ini sebagai dasarnya”.

Jadi, kemajuan apa yang telah muncul di dunia komputer kita belakangan ini buah dari revolusi industri 4.0. Setidaknya ada beberapa teknologi yang menopang kemajuan revolusi industri 4.0.

Berikut beberapa diantaranya.

Internet dengan kecepatan yang sangat cepat

Pertama, kemajuan paling nyata di era teknologi yaitu kemuculan internet dengan kecepatan yang sangat cepat. Di era ini semua komputer terhubung ke jaringan bersama.

Komputer juga semakin kecil sehingga mereka bisa sebesar tas manusia saja, bahkan ada beberapa komputer yang kini semakin mendekati smartphone. Perkembangan luar biasa dibidang internet ini adalah bagian pertama dari revolusi industri keempat.

Di era ini semua komputer terhubung ke jaringan bersama. Komputer juga semakin kecil sehingga mereka bisa sebesar tas manusia saja, bahkan ada beberapa komputer yang kini semakin mendekati smartphone. Perkembangan luar biasa dibidang internet ini adalah bagian pertama dari revolusi industri keempat.

Menciptakan 1001 sensor baru

Kedua, kemajuan teknologi juga menciptakan 1001 sensor baru. Dari temuan sensor baru, kita bisa memanfaatkan informasi yang diperoleh dari sensor-sensor ini yang merekam semuanya 24 jam sehari.

Informasi ini bahkan menyangkut kinerja karyawan manusia. Misalnya, sekarang perusahaan dapat melacak semua pergerakan karyawan saat berada di pabrik.

Dari perpindahan gerak itu, maka anasilisnya dapat dilihat dengan jelas. Misalnya, ada karyawan menghabiskan terlalu banyak waktu dalam satu bagian, sehingga bagian itu perlu diperbaiki.

Dari perpindahan gerak itu, maka anasilisnya dapat dilihat dengan jelas. Misalnya, ada karyawan menghabiskan terlalu banyak waktu dalam satu bagian, sehingga bagian itu perlu diperbaiki.

Perhitungan yang Cepat

Ketiga, menggunakan Cloud Computing. Perhitungan yang rumit masih membutuhkan komputer canggih yang besar, tetapi karena mereka sudah terhubung ke internet, maka ada banyak data yang dapat dikirim melalui internet.

Semua perhitungan ini dapat dilakukan di tempat lain, bukan di pabrik. Jadi, sebuah perusahaan yang memiliki 5 pabrik di 5 negara yang berbeda hanya perlu membeli superkomputer untuk memproses data yang dibutuhkan secara bersamaan untuk lima pabrik tersebut.

Mesin Artificial Intelegence

Keempat, ini sebenarnya yang terbesar: yaitu digunakannya mesin artificial intelegence. Digunakannya teknologi “artificial intelegence merupakan penanda dari kemajuan revolusi industri 4.0”. Artificial intelegence sendiri dapat menyadari bahwa ia membuat kesalahan sehingga ia membuat koreksi yang tepat secara otomatis untuk meningkatkan hasil produksi selanjutnya.

Sebelum Machine Learning bekerja, komputer akan melakukan tugasnya yang “Diperintahkan” atau “Diinstruksikan” oleh manusia.

Menggabungkan keempat hal ini berarti bahwa perhitungan yang rumit, luar biasa, dan tidak terpikirkan dapat dilakukan oleh superkomputer dengan kemampuan di luar kemampuan manusia. Padahal, tentu saja kali ini tidak sekeren itu.

Poin keempat, yaitu AI dan Machine Learning, masih sangat terbatas untuk tugas-tugas tertentu. Tidak hanya Indonesia, negara-negara maju seperti Jepang, Jerman, dan Amerika Serikat masih terus memperdebatkan konsekuensi dari revolusi industri keempat ini.

Kemunculan revolusi industri keempat pada dasaranya memang sangat menguntungkan karena produksinya bisa digenjot. Hanya saja kemunculan revolusi industri keempat mematikan pekerja tenaga manusia.

Nah itulah beberapa teknologi yang menopang kemajuan revolusi industri 4.0

Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.

2 Comments

  1. […] Beberapa Teknologi yang Menopang Kemajuan Revolusi Industri 4.0 […]

  2. […] Beberapa Teknologi yang Menopang Kemajuan Revolusi Industri 4.0 […]

Leave a Reply