5 Macam Jurusan Komputer dan Tips Memilihnya

Setelahmenamatkan pendidikan SMA, para siswa pasti ada rencana untukmelanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Melanjutkan pendidikanke perguruan tinggi menjadi salah satu poin penting untuk mencapaikesuksesan.

Mahasiswa biasannya memilih jurusan yang bonafit. Salah satu jurusan bonafit yang paling banyak dicari oleh para calon mahasiswa yaitu jurusan komputer. Berikut ini ada ulasan 5 macam jurusan komputer dan tips memilihnya agar tidak menyesal.

5 Macam Jurusan Komputer dan Tips Memilihnya Agar Tidak Menyesal

Simak lebih lanjut 5 macam jurusan komputer dan tips memilihnya sebagai berikut.

Jurusan Teknologi Informasi

Macam-macam jurusan komputer yang pertama yaitu jurusan Teknologi Informasi. Jursan ini diharapkan mampu mencetak lulusan yang handal dalam pembuatan sistem informasi.

Jurusan teknologi informasi biasannya memproduk lulusannya bisa membuat server sendiri. Lalu mensinergikan server yang telah dibuat dengan beberapa jaringan internet lain.

Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi

Jurusan pendidikan teknologi informasi akan mencetak alumni jurusan ini untuk bisa menguasai ilmu komputer secara mendasar. Selain bisa menjadi programer, kuliah di jurusan ini juga dapat membuat lulusannya bisa menjadi guru pendidikan teknologi informasi.

Jadi bagi kalian yang suka dengan dunia ajar mengajar, sangat disarankan untuk mengambil jurusan ini.

Jurusan Software Engineering

Bagi yang suka otak-atik membuat aplikasi komputer, Android, Linux, Mac OS, dan beberapa sistem operasi lain.

Masuk di Jurusan Software Engineering menjadi salah satu pilihan terbaik yang perlu untuk dipilih. Lulusan dari jurusan ini diharapkan bisa menjadi programer handal. Terutama pemrograman yang berkaitan dengan softwere sederhana.

Kalau kalian ingin mengambil jurusan ini sangat disarankan kuliahnya di kampus negeri saja. Sebab kuliah jurusan Software Engineering di kampus negeri akan jauh lebih murah biayanya.

Jurusan Cyber Securitys

Perkembanganstart up saben tahun semakin menggeliat saja. Kini banyak bermunculanstart up yang bisa diakses dengan mudah lewat berbagai perangkat,termasuk diantaranya lewat HP. Tapi pada perkembangannya, banyakbermunculan kasus dimana sebuah start up tiba-tiba mengalami down.Situs itu pun akhirnya sudah tidak dapat dikases lagi dikarenakanterserang hacker, malware, dan beberapa gangguan lain yang membuatsebuah start up tidak bisa berjalan dengan baik.

Nah, bagi kalian yang ingin mempunyai kemampuan super mahir dalam memperbaiki situs yang down. Kalian bisa memperbaikinya dengan mahir kalau sekolah di Jurusan Cyber Security.

Di jurusan ini kalian akan diajari bagaimana cara membuat sistem keamanan super ketat yang tidak gampang ditembus peretas. Jadi sangat keren sekali deh, kalau kalian kuliah di Jurusan Cyber Security ini.

Pemrosesan Informasi Multimedia

Dibidang yang diminati ini, Anda akan belajar banyak tentang pemrosesaninformasi atau grafik. Anda akan diajarkan untuk membuat sistem yangdapat menyimpan dan memproses data yang sangat banyak, misalnyadatabase data karyawan perusahaan yang dapat berjumlah ribuan (namakaryawan yang disimpan, nomor induk, jenis kelamin, usia, posisi,gaji, departemen, dll. Sampai pencarian mesin seperti Google.

Pemrosesan Gambar dan Grafik. Bagi Anda yang tertarik mengembangkan aplikasi grafis, seperti Photoshop, Corel Draw, dll. Ini adalah salah satu bidang yang diminati.

Selain itu, dibidang minat ini, Anda dapat mempelajari cara membuat aplikasi seperti Google Maps dan beberapa aplikasi yang dapat menganalisis gambar peta geografis menjadi informasi yang berguna dan diinginkan pengguna.

Kecerdasan Komputasi

Di bidang minat ini, Anda akan belajar menghitung secara cerdas untuk berbagai aplikasi (kecerdasan buatan). Bidang minat ini sebenarnya mendukung pengembangan aplikasi yang sudah ada di bidang minat lain. Tapi, hanya ada satu subjek unik di bidang minat ini, yaitu bioinformatika. Ini adalah disiplin yang mengawinkan biologi, matematika, dan komputer.

Biasanya digunakan untuk menganalisis DNA secara digital. Jika Anda ingin mengetahui rincian kursus untuk setiap bidang yang diminati, silakan periksa Kurikulum Ilmu Komputer UI.

Leave a Reply