Intip Rahasia Hasilkan Uang dari Media Sosial

Menghasilkan uang dari media sosial bukan hal yang aneh di era digital Internet saat ini. Era teknologi, memudahkan Anda menjangkau berbagai penjuru dunia melalui Internet dan media sosial.

Bagi generasi millenial, media sosial menjadi tempat bekerja dan menghasilkan uang Rupiah bahkan Dollar. Tak mengenal tempat, apakah Anda berada di kota besar atau di pelosok desa, asal terjangkau jaringan data Intenet.

Ditambah memiliki perangkat komputer dan smartphone maka peluang memperoleh uang dari media sosial akan terbuka lebar.

Sebelum kita membahas, syarat utama mendapat uang dari media sosial adalah populer dan followe. Semakin populer Anda di media sosial, maka kesempatan untuk mendapatkan uang dari konten yang diunggah pun semakin besar.

Nah, agar menjadi populer maka Anda harus mampu membuat konten baik tulisan, video atau foto yang unik dan menarik untuk diunggah. Jika konten tersebut menarik, kemungkinanan akan menjadi akun populer.

Baca Juga: Startup Pendidikan Ini Disebut Bakal Jadi Unicorn Baru Indonesia

Berikut beberapa media sosial yang terbukti membayar dari konten-konten kamu di media sosial. Kodingin mengumpulkan dari berbagai sumber khusus untuk Anda:

Facebook

Intip Rahasia Hasilkan Uang dari Media Sosial
Kita akan membahas monetisasi Facebook Fan Page, melalui konten video di Facebook.

Facebook telah menjadi media sosial terpopuler di seluruh penjuru dunia. Melalui jaringan periklanan Audience Network. Kita akan membahas monetisasi Facebook Fan Page, melalui konten video di Facebook.

Agar dapat bergabung ke jaringan periklanan Facebook dan monetisasi video, yang paling penting adalah harus memiliki Fan Page Facebook terlebih dahulu. Bila Anda belum memiliki Fan Page segeralah buat. Setelah Fan Page di Facebook ada, siapkan rencana konten video yang akan diunggah.

Dikutip dari laman https://www.facebook.com/help/publisher untuk syarat monetisasi FP Facebook adalah:

  1. Fan Page sudah memiliki minimal 10.000 follower
  2. Sudah menghasilkan 30.000 tayangan 1 menit, dari video dengan durasi minimal 2 menit. Pencapaian ini terhitung diperoleh dalam 60 hari terakhir.
  3. Pemilik sudah berumur minimal 18 tahun, dan video tidak melanggar hak cipta.
  4. Anda harus tinggal di negara yang memenuhi syarat untuk jeda iklan. Kabar gembiranya, Indonesia termasuk negara di jaringan periklanan Facebook ini.

Bila semua syarat telah dipenuhi, Anda dapat mengetahui kelayakan apakah Fan Page dapat mengeceknya dengan klik tautan ini: https://www.facebook.com/business/m/join-ad-breaks

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Facebook Page (FP) di Smartphone

Bila telah layak, selamat video Anda akan menampilkan iklan dan Facebook akan berbagi pendapatan dari pemasang iklan dengan Anda.

Twitter

Intip Rahasia Hasilkan Uang dari Media Sosial
Twitter pun menawarkan monetisasi melalui unggahan video Anda

Tak hanya Facebook, Twitter pun menawarkan monetisasi melalui unggahan video Anda. Caranya pun hampir mirip dengan Facebook.

Anda harus mempunyai video yang unik dan menarik. Idealnya, video tersebut asli kreasi sendiri berdurasi 5 menit. Selanjutnya, logged in menggunakan username dan password Anda dan klik studio.twitter.com.

Lalu, unggah video-video menarik Anda ke Twitter. Bila semua video sudah diunggah, klik tombol Monetisasi pada bagian atas daftar video.

Twitter membagi penghasilan dari pengiklan kepada publisher yang telah disetuji sebanyak 70 persen dari pendapatan.

Cukup besar bukan?

Baca Juga: 5 Situs Penyedia Iklan Terbaik Selain Adsense yang Membayar Tinggi

YouTube

Intip Rahasia Hasilkan Uang dari Media Sosial

Media sosial tempat berbagi video ini menjadi yang terpopuler untuk mendapat uang dari iklan yang tayang. Youtuber menjadi profesi yang menguntungkan. Melalui video yang dibuat, Youtuber memperoleh bagi hasil penghasilan uang iklan dari Google Adsense.

Sama dengan Facebook Adbreak dan Twitter, Anda harus memiliki video unik dan kreatif agar penonton tertarik melihatnya berulang-ulang dan mengklik iklan yang tampil.

Namun, sebelum video Anda tayang iklan dan menghasilkan uang harus dipenuhi syarat YouTube Partner Program (YPP) untuk kanal-kanal berisi video.

Kini, agar mendapatkan pendapatan dari iklan, sebuah video kini harus mengumpulkan setidaknya 4.000 jam waktu tonton (watch time) dalam 12 bulan terakhir. Anda juga harus memiliki 1.000 subscriber.

Tentu tak hanya tiga media sosial tersebut yang dapat menghasilkan uang. Kodingin akan mengulas media sosial lain yang dapat menghasilkan uang buat Anda.

Leave a Reply