Panduan Awal Belajar Interaksi manusia dan Komputer

Panduan Awal Belajar Interaksi manusia dan Komputer
Panduan Awal Belajar Interaksi manusia dan Komputer

Interaksi manusia dan komputer adalah disiplin yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang mencakup desain, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer sehingga mudah digunakan oleh manusia.

Sedangkan interaksi manusia dan komputer itu sendiri adalah serangkaian proses, dialog, dan aktivitas yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer secara interaktif untuk dapat melaksanakan dan menyelesaikan tugas yang diinginkan.

Panduan Awal Belajar Interaksi manusia dan Komputer

InteraksiKomputer Manusia

Interaksimanusia dan komputer adalah ilmu yang terkait erat dengan desainimplementasi dan evaluasi sistem komputasi interaktif yang akandigunakan oleh manusia serta studi tentang ruang lingkup mereka. Adainteraksi antara satu atau lebih manusia dan satu atau lebih mesinkomputasi .

Agarkomputer dapat diterima dan digunakan secara efektif. Komputer harusdirancang dengan baik. Ini tidak berarti bahwa semua sistem harusdirancang agar dapat mengakomodasi semua orang, tetapi komputer harusdirancang untuk memenuhi dan memiliki kemampuan untuk memenuhikebutuhan pengguna tertentu.

Pada tahun 1970, tahun ini dikenal sebagai awal mula interaksi antarmuka pengguna, juga dikenal sebagai Antarmuka Manusia-Mesin (MMI), dan mulai menjadi topik yang menjadi perhatian bagi para peneliti dan perancang sistem.

Perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari antarmuka pengguna sebagai faktor untuk menentukan keberhasilan dalam memasarkan produk mereka. Istilah interaksi manusia-komputer (HCI) mulai muncul pada pertengahan 1980-an sebagai bidang studi baru. Istilah HCI juga menyiratkan bahwa bidang studi ini memiliki fokus yang lebih luas, tidak hanya pada desain antarmuka fisik.

HCI didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang berkaitan dengan desain, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia serta studi tentang fenomena di sekitar mereka. Pada prinsipnya HCI memungkinkan sistem untuk dapat berdialog dengan para penggunanya senyaman mungkin (user friendly). Tidak hanya dalam mendesain tata letak layar monitor saja.

SudutPandang Pengguna

Darisudut pandang pengguna adalah keseluruhan sistem sehingga dapatberguna. Dapat digunakan adalah Dapat melakukan banyak hal denganmudah, dan melakukan sesuatu dengan benar (melakukan hal yang benar).Tujuan Interaksi Komputer Manusia. Ada beberapa tujuan interaksiKomputer dengan Manusia. Berikut ini beberapa tujuannya.

  1. Dapat digunakan.
  2. Fungsional.
  3. Manusia
  4. Produktif.
  5. Efektif.
  6. Efisien.

TingkatkanInteraksi Antara Manusia dan Sistem Komputer

Sistemyang berguna (dapat digunakan) dan aman (safe), adalah bahwa sistemdapat berfungsi dengan baik. Sistem ini juga dapat digunakan untukmengembangkan dan meningkatkan keselamatan, utilitas, kegunaan,efektivitas, dan efisiensi.

Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap bahwa sistem komputer yang mereka desain bisa akrab dan ramah pengguna. Memahami dalam membuat antarmuka yang ramah pengguna. Membuat antarmuka yang baik membutuhkan pemahaman beberapa bidang sains, termasuk diantaranya yaitu:

1.Teknik Elektronik dan Ilmu Komputer

Memberikankerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI

2.Psikologi

Memahamisifat dan kebiasaan, persepsi dan pemrosesan kognitif, keterampilanmotorik pengguna

3.Desain grafis dan Tipografi

Sebuahgambar juga bisa berarti seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagaisarana dialog yang cukup efektif antara manusia dan komputer

4.Ergonomi

Terkait dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misalnya adalah bentuk meja dan kursi kerja, tampilan layar, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan.

Demikian Panduan Awal Belajar Interaksi manusia dan Komputer.

Semoga Bermanfaat.

Baca juga :

Leave a Reply