Cara Melakukan Insert Data pada Database MySQL

Cara Melakukan Insert Data pada Database MySQL
Insert Data pada Database MySQL

Memasukan data ke dalam database suatu aktifitas yang sering dilakukan, biasanya dilakukan dengan interaksi dengan bahasa pemrograman seperti PHP. Kegiatan insert data pada MySQL aktifitas melakukan query ke dalam tabel database. Kegiatan insert data database menghasilkan penambahan data pada kolom tabel database MySQL.

Untuk menambahkan data ke dalam database menggunakan query INSERT, data yang di masukan sesuai dengan kolom yang ada dalam tabel database.

Cara mudah melakukan Insert Data pada Database MySQL

Sebelumnya kita udah membahas bagaimana cara membuat tabel dan field di dalam database MySQL. Kali ini saya akan membuat database dan membuat tabel MySQL serta kolom yang di butuhkannya.

Langkah pertama kita membuat database MySQL sengan perintah query sebagai berikut.

Perintah di atas membuat database serta menggunakan database yang telah kita buat.

Sebbelum melakukan query insert kita harus siapkan tabel terlebih dahulu dan menentukan nama kolom serta tipe data MySQL yang di butuhkan.

Sebagai contoh saya akan membuat tabel dengan nama pegawa, tabel pegawai yang saya buat untuk mencatat nama pegawai serta jabatannya.

Berikut ini Cara membuat Tabel pada Database MySQL.

Skema tabel pada MySQL sudah berhasil terbuat, saatnya kita memasukan data ke dalam tabel tersebut. Pada Tabel di atas pada kolom id sebagai kata kuncii / primary key, artinya data pada id tidak boleh kosong. Sedangkan nama kolom name dan jabatan memiliki tipe data VARCHAR.

Format Penulisan Insert Data pada MySQL yaitu

Sebagai contoh saya akan memasukan data ke MySQL, berikut ini contoh penulisan query insert MySQL.

Maka Hasilnya adalah

Data berhasil kita masukan ke dalam database MySQL, isi data yang dimasukan yaitu junaidi pada kolom name dan CEO pada kolom jabatan.

Selain cara di atas anda juga dapat menuliskan nama kolom nya terlebih daulu sebelum nilai yang di masukkan.

Format penulisan MySQL nya yaitu

Sebagai contoh saya memasukan data lagi dengan data berbeda dengan yang telah saya masuukan, berikut ini contoh penulisan query INSERT dengan mendifinisikan nama kolomnya terlebih dahulu.

Ketika di periksa lagi terdapat 2 data.

Untuk melakukan query MySQL khususnya pada Query INSERT sebaiknya menentuukan nama kolom terlebih dahulu agar tidak terdapat data yang ambigu.

Sekian Cara melakukan Insert Data pada Database MySQL.

Semoga Bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Reply