CRUD PHP MySQL : Insert Data MySQL dengan PHP

CRUD PHP MySQL : Insert Data MySQL dengan PHP, Input data PHP MySQL – Halo semua selamat datang di kodingin, situs belajar PHP MySQL. Pada tutorial ini akan melanjutkan tutorial PHP sebelumnya.

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai : CRUD PHP MySQL : Menampilkan Data MySQL dengan PHP. Pastikan anda sudah belajar Tutorial PHP MySQL bagian pertama.

Tutorial ini akan membahas cara insert data MySQL dengan PHP. Penggunaan database dan tabel nya sama seperti sebelum nya.

Silahkan Baca : CRUD PHP MySQL : Menampilkan Data MySQL dengan PHP

Membuat Form Input Data

Silahkan buat file php yang berfungsi untuk membuat form input yang berupa HTML. Buat file dengan nama create_posts.php

create_posts.php

Kode di atas untuk membuat form input dan textarea dimana terdapat 2 input text dan 1 textarea. Perhatikan setiap form, terdapat keyword “name“, isi dari “name” tersebut nanti yang akan kita ambil datanya.

File PHP yang akan memproses nantinya bernama store_posts.php, hal ini di tandai dengan keyword form action pada kode di atas.

Insert Data PHP MySQL

Buat file dengan nama store_posts.php. File PHP ini lah yang berfungsi untuk melakukan proses input data ke MySQL.

store_posts.php

Perhatikan kode di atas, pertama kali silahkan include file yang berfungsi untuk melakukan koneksi ke database MySQL. Pada contoh ini terletak di config/mysql.php yang sudah di bahas pada tutorial PHP sebelumnya.

Setelah itu terdapat validasi terhadap method, jika method yang diterima POST maka akan di lakukan proses, namun jika tidak maka tidak akan di proses.

Untuk menerima data dari input form menggunakan keyword $_POST[{name}], name yang di maksud di sini yaitu name yang ada di dalam form input. Berhubung terdapat 3 input form maka terdapat 3 juga proses yang menerima nya.

Setelah itu di lakukan query untuk menyimpan data ke database MySQL dengan PHP, dimana data yang di simpan ke dalam tabel database berupa data dari form yang di tampung dalam 3 variable yaitu $title, $body dan $tags.

Apabila insert data berhasil maka akan di redirect ke halaman tampil data seperti pada tutorial sebelumnya, namun jika gagal akan memunculkan teks keterangan.

Routing Form Insert Data

Sebelumnya kita sudah membuat file PHP dengan nama index.php. silahkan tambahkan kode berikut ini :

Sehingga kode lengkap file index.php sebagai berikut :

Kode di atas digunakan untuk mengerahkan terhadap URL yang di akses.

Uji Coba Menyimpan Data ke Database MySQL dengan PHP

Siilahkan buka di browser dengan alamat URL {{hosts}}/{{namaprojek}}/index.php?page=create_posts. contoh : http://localhost/kodingin_tutorial/php-mysql/?page=create_posts

CRUD PHP MySQL : Insert Data MySQL dengan PHP

Dan silahkan isi 3 input form di atas.

Contoh :

CRUD PHP MySQL : Insert Data MySQL dengan PHP

Silahkan klik Simpan.

CRUD PHP MySQL : Insert Data MySQL dengan PHP

Lihat gambar di atas, data baru yang kita masukkan berhasil masuk ke dalam database MySQL.

Baca juga…

Sekian CRUD PHP MySQL : Insert Data MySQL dengan PHP. Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply