Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menjadi Seorang Programmer

Belajar menjadi seorang programmer hebat bukanlah sesuatu yang terjadi dalam semalam atau dua malam saja. Menjadi seorang programmer yang baik adalah proses yang memakan waktu. Itu cukuplah menyulitkan, dan kalian pasti ingin menyerah setidaknya beberapa kali. Tapi, pelajaran yang bisa didapatkan di sini adalah untuk tetap kuat dan terus mendorong potensi diri kalian dalam belajar programming
Dibutuhkan kira-kira satu hingga tiga tahun untuk memahami pemrograman di luar dasar-dasarnya. Kalian bisa memulai dengan HTML dasar dan CSS, dan kami sarankan untuk mempelajarinya untuk waktu yang sangat lama. Kemudian, dengan pahamnya kalian terhadap HTML dan CSS, konsep menjadi lebih jelas untuk dipahami dan menulis program-program kecil tidak lagi menjadi kendala yang berarti. Kalian tidak bisa menjadi programmer hebat hanya dengan membaca buku, atau menonton video di YouTube. Kalian perlu berlatih, dan jika itu memungkinkan lakukanlah setiap hari.
Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menjadi Seorang Programmer
Berikut kami berikan beberapa hal yang harus kalian pahami terlebih dahulu sebelum menjadi seorang programmer yang handal.

1. Kalian belajar dengan melakukan

Satu-satunya cara untuk menjadi lebih baik dalam pemrograman adalah kalian benar-benar membuat suatu program. Jangan biarkan ketidaktahuan kalian dalam mempelajari bahasa pemrograman menghalangi diri kalian dalam memulainya. 

2. Ketahui tentang apa yang kalian inginkan 

Mengetahui tentang apa yang membuat diri kalian tertarik dalam dunia pemrograman adalah hal yang penting. Kalian harus mengetahui di bagian apa atau di bahasa pemrograman apa kalian lebih nyaman dan bersemangat dalam membuat suatu program. Jangan terlalu paksakan diri kalian untuk belajar suatu bahasa pemrograman yang baru jika kalian benar-benar tidak menginginkannya. 

3. Membuat sebuah program 

Jika kalian akan belajar pemrograman, kalian perlu memikirkan sesuatu program yang akan dibuat. Mengapa demikian? Yah, itu karena tanpa proyek atau program kalian akan berkembang tanpa arah di pemrograman. Kalian akan membuat kemajuan jauh lebih sedikit, dan umumnya malah menghasilkan program tanpa objek atau hasil akhir yang buruk. 
Kalian terus-menerus mencoba untuk menyatukan semuanya, tetapi pada akhirnya kalian tidak memiliki apa pun untuk ditampilkan. Mulailah dengan aplikasi kecil dan situs website sederhana, pelajari dasar-dasar elemen pemosisian, atau jika kalian tertarik dengan pengembangan perangkat lunak, buat browser web kalian sendiri dan hal-hal keren lainnya seperti itu. 

4. Bergabung dengan komunitas programmer 

GitHub, StackOverflow, dll, adalah beberapa forum yang bisa kalian ikuti. Kalian harus menjadi bagian dari semua situs web pembelajaran pemrograman ini. Tidak hanya memberi kalian keuntungan tentang berbagai hal yang sebenarnya tidak kalian butuhkan, semisal bahasa pemrograman yang tidak kalian pelajari, disini kalian dapat berkomunikasi dengan bebas, baik pertanyaan maupun jawaban. Tidak semua orang memiliki akses ke mentor, atau juniornya. Dan bahkan tidak semua orang punya teman untuk membuat kode. Di forum-forum seperti ini kalian dapat bertemu dan berinteraksi secara langsung dengan mereka-mereka yang menggeluti bidang yang sama dengan kalian. 
Menjadi bagian dari komunitas ini juga memungkinkan kalian untuk melihat apa yang diprogram orang lain, dan kalian harus selalu memeriksa dan membaca kode yang menarik perhatian. Terutama jika entah bagaimana terkait dengan proyek kalian sendiri. Ini juga berlaku untuk jenis komunitas atau forum lainnya, seperti IRC Channels misalnya. Ada Freenode Network juga yang penuh dengan saluran tentang bahasa pengkodean favorit kalian. Orang-orang disana juga sangat ramah dan suka bersosialisasi ketika datang untuk membantu.
Avatar
Didik
Saya Seorang Developer khususnya pada Bidang Website menggunakan Sistem Operasi Linux dan menyukai Pemrograman Website dan System Administrator. Selain itu saya pemilik website kodingin.com.
Leave a Reply