Google Search Console, Tips Dongkrak Visitor Web Anda

Google Search Console menjadi perangkat analisis data populer yang disediakan Google untuk membantu Anda, para webmaster mengelola website. Asiknya, Anda gratis menggunakan Google Search Console.

Google Search Console menjadi perangkat analisis data populer yang disediakan Google untuk membantu Anda, para webmaster merangkap pebisnis yang mengelola website. Asiknya, Anda gratis menggunakan Google Search Console.

Sebalum kita lanjut, ada baiknya mengenali kembali Google Search Console (GSC) yang sebelumnya bernama Google Webmaster Tools ini.

Perangkat analisis data website GSC mulai diperkenalkan sebagai pengganti Webmaster Tools pertengahan tahun 2015, setelah sebelumnya hampir selama sepuluh tahun membantu menganalisis pengunjung website.

Baca Juga: Google Data Studio, Perangkat Analisis Data Canggih dan Gratis Untuk Bisnis

Tiga tahun kemudian, tepatnya pada Januari 2018, Google menyempurnakan tampilan Search Console. Berikutnya, bulan September 2019 lalu, laporan Search Console lama termasuk halaman beranda dan dasbor, dihilangkan oleh Google pada tampilan yang diperbarui.

Fitur analisis ini menjadi penting bagi pemilik usaha kecil, pakar SEO, pemasar, pemrogram webiste, desainer web, pengembang aplikasi, dan webmaster pengelola website seperti Anda. Hampir semua pekerjaan yang berkaitan dengan pemasar dapat ditemukan melalui Google Search secara gratis.

Agar fitur dari Google ini menjadi alat ampuh untuk mendongkrak visitor Anda, berikut tips-tips yang dapat dilakukan:

Pantau Keyword Populer di Google Search Console Website Anda

Google Search Console, Tips Dongkrak Visitor Web Anda
Tampilan keyword populer di Google Search Console

Pengunjung website, menemukan website yang Anda kelola melalui berbagai cara. Satu caranya adalah melalui mesin pencari. Ini disebut hasil pencarian organik.

Fitur ini tentu berguna buat Anda, untuk memantau kata kunci populer yang diketikkan di mesin pencari dan mengkliknya menuju situs Anda.

Dengan menganalisis kata pencari yang muncul, Anda dapat memperbanyak konten dengan kata pencari yang menuju ke website.

Dengan begitu Anda bisa mengetahui mana kata kunci yang paling efektif dan kurang efektif untuk meningkatkan search engine optimization di website Anda.

Lihat, Darimana Saja Pengunjung Website Anda

Fitur ini akan sangat membantu Anda untuk memahami demografi pengunjung website. Bagi pemasar digital, wilayah pengunjung website dapat diolah lebih lanjut menjadi prospek pelanggan sehingga Anda bisa menjangkau target audiens yang tepat untuk berbagai produk Anda.

Lebih lanjut, dengan mengetahui asal daerah pengunjung, Anda dapat menargetkan iklan ke daerah yang menjadi pengunjung website. Tentu, ini akan meningkatkan efektifitas periklanan Anda bukan?

Search Console Menunjukkan Backlink Website Anda

Google Search Console, Tips Dongkrak Visitor Web Anda
Backlink yang dapat dipantau di Search Console

Apakah backling website?

Sederhananya, backlink adalah link aktif yang disispkan di suatu situs yang menuju ke website Anda.

Backlink juga jadi satu indikator penting dalam menentukan ranking website di hasil pencarian. Semakin banyak backlink dari website berkualitas, akan menunjukkan website Anda penting di mata mesin pencari dan pengunjung.

Menariknya, Google Search Console menyediakan informasi halaman mana yang paling banyak mendapatkan backlink beserta anchor text apa yang paling sering digunakan.

Dengan pemantauan backlink ini, Anda dapat terus melihat perkembangan banyaknya backlink yang mengarah ke informasi yang disediakan.

Lakukan Evaluasi Artikel Anda

Bagian terakhir setelah memantau kata kunci, demografi pengunjung dan hal lain Anda dapat mengevaluasi artikel di website yang sudah Anda diterbitkan.

Berikut langkah-langkat untuk mengevaluasi artikel:
1. Buka tab Performance
2. Klik Pages
3. Pilih halaman website yang ingin Anda lihat kinerjanya
4. Lalu klik tab “Queries
5. Setelah itu, akan muncul kata kunci yang menghasilkan impression untuk halaman tersebut.

Dengan terus melalukan evaluasi secara berkala untuk berbagai kata kunci, maka kemungkinan untuk website dikunjungi pengunjung menjadi lebih besar. Artikel yang Anda tulis akan semakin informatif yang dicari oleh orang-orang di mesin pencari atau lazimnya disebut organik.

Nah, begitulah beberapa tips untuk memaksimalkan fitur search yang disedikan Google ini. Bila kamu ada komentar, tulis di kolom bagian bawah ini ya.

Leave a Reply