Google Play Book, Begini Potensinya Untuk Jual Buku Anda

Google Play Book kini menjadi pilihan penerbit untuk mendistribusikan beragam produk mereka. Mulai dari buku, komik, sketsa, kumpulan foto sampai serial novel. Mengapa para penerbit memilih Google Play Book?

Bila kamu belum begitu mengenal Google Play Book, itu hal yang wajar. Karena produk tersebut belum banyak dikenal di Indonesia karena buku elektronik belum begitu populer disini. Namun, di luar negeri buku elektronik atau e-book sudah populer dan meninggalkan buku cetak.

Baca Juga: Cara menulis Konten yang menarik dan Berkualitas di Blog

Google Play Book, Begini Potensinya Untuk Jual Buku Anda

Untuk pengetahuan Anda, Google Play Book adalah produk dari perusahaan Google, Inc. Anda tentu paham, Google memiliki berbagai jenis jasa dan produk Internet.

Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi awan, perangkat lunak, dan periklanan. Beberapa contoh produknya adalah AdWord, Search Engine, Google Drive, Gmail, YouTube dan lain-lain.

Dilansir dari laman resminya, Google Inc dikelola oleh Alphabet Inc, yang juga mengelola perusahaan Calico, Google Ventures, Google Capital, Google X, dan Nest Labs. Layanan penjualan buku elektronik dengan format pdf atau epub memiliki memiliki tempat utama bisnis di 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, Amerika Serikat. Selain itu, juga memiliki alamat bisnis lain di Dublin, Irlandia.

Anda dapat melihat contoh buku-buku yang dijual dengan klik tulisan ini atau di tautan https://play.google.com/store/books.

Yuk kita oprek lebih jauh tentang layanan Google Play Book (GPB) ini, dari sisi konsumen, penerbit dan penulis buku:

Jangkauan Penjualan di Puluhan Negara

Google Play Book, Begini Potensinya Untuk Jual Buku Anda

Sebagai penulis buku, tentu Anda ingin buku Anda dibaca oleh jutaan orang. Sebagai pebisnis usaha penerbitan, Anda tentu ingin barang yang dijual ada di berbagai negara.

Nah, sebagai perusahaan kelas dunia, layanan GPB ini ada di 75 negara seluruh dunia. Negara-negara tersebut diantaranya: Luxembourg, Malaysia, Mexico, Netherlands, New Zealand, Nicaragua, Norway, Oman, Panama, Paraguay, Peru, Philippines, Poland, Portugal, Qatar, dan lainnya yang mencakup berbagai benua.

Bayangkan betapa besar potensi penjualan buku Anda dengan bebagai ragam bahasa untuk jutaan konsumen diseluruh dunia.

Baca Juga: Bangun Startup Unik? Intip Tips Suksesnya Disini

Biaya Produksi Buku di Google Play Book Kecil

Google Play Book, Begini Potensinya Untuk Jual Buku Anda

Biaya cetak buku semakin lama semakin mahal. Sebagai contoh, lazimnya buku dengan 100 halaman memiliki biaya cetak sekitar Rp 20.000 per buku. Untuk minimal cetaknya adalah 1.000 buku. Jadi, perkiraan untuk mencetak satu edisi buku adalah sekitar Rp 20 juta.

Biaya produksi tersebut belum termasuk biaya transport pengangkutan 1.000 buku dari percetakan ke rumah atau gudang Anda. Juga biaya jasa ilustrasi, desain sampul dan pajak yang harus ditanggung.

Nah, biaya cetak itu tentunya tidak ada di GPB karena berwujud buku elektronik atau e-book. Anda mungkin hanya membutuhkan ilustrator untuk mempercantik buku Anda.

Sedangkan naskah bukunya, dapat digunakan Microsoft Word, Open Office, Libre Office atau pengolah kata lain. Tentu ini sangat kecil bukan, bila dibandingkan harus memproduksi buku cetak.

Beli Buku Murah dengan Berbagai Model Pembayaran

Google Play Book, Begini Potensinya Untuk Jual Buku Anda

Anda yang suka membaca buku akan menyenangi menjelajahi beragam buku di GPB. Pasalnya, harganya lebih murah bahkan gratis untuk sekitar 30 persen dari total halaman buku yang ada.

Jadi, Anda dapat mempelajari isi buku sebelum memutuskan untuk membelinya. Bahkan, beberapa buku digratiskan untuk diunduh dan dikoleksi.

Untuk pembayarannya, bisa menggunakan kartu kredit, saldo Google Play yang diredeem melalui voucher, pulsa handphone, bahkan di Indonesia dapat menggunakan GoPay untuk pembayaran.

Asiknya lagi, Anda bisa retur atau mengembalikan pembelanjaan dalam jangka waktu tertentu bila tidak puas denan buku yang dibeli.

Nah, menarik bukan layanan buku elektronik ini? Yuk, dilihat ragam bukunya. Bila Anda punya pengalaman dan pertanyaan tulis di kolom komentar dibawah ini, ya.

Leave a Reply