Google Data Studio, Perangkat Analisis Data Canggih dan Gratis Untuk Bisnis

Google Data Studio menjadi perangkat data analisis canggih keluaran Google terkini. Anda yang mengelola online store, e-commerce atau sedang menganalisis search engine optimization (SEO) dapat memanfaatkan kecanggihan Google Data Studio.

Buat Anda yang belum terbiasa melakukan analisis, Google Data Studio (GDS) adalah dasbor untuk alat pelaporan berbagai data di website. Secara khusus, perangkat satu ini dapat digunakan melacak kesuksesan program marketing digital yang dijalankan melalui media sosial.

Hingga saat ini, Data Studio versi beta ditawarkan secara gratis kepada pengguna akun Google dan pelanggan Google Cloud Platform.

Layaknya Google Analytics, data tersaji secara dinamis, menarik dan informatif tentang audiens Anda. Bila didasbor Google Analytics, Anda dibatasi hingga 12 widget per dasbor, di GDS lebih banyak widget yang dapat diatur seusai kebutuhan.

Baca Juga: Cara mudah Gandakan Trafik Website dalam 2 Bulan Saja

Untuk mengakses GDS secara gratis, Anda bisa mengklik link berikut ini: https://datastudio.google.com/overview lalu sign in menggunakan akun Google Anda.

Yuk, kita pelajari bersama-sama bagaimana keunggulan GDS ini:

Live Report Koneksi Data dengan Google Data Studio

Google Data Studio, Perangkat Analisis Data Canggih dan Gratis Untuk Bisnis

Mirip dengan Google Analytics, GDS mampu menampilkan data secara langsung. Sebagai pebisnis online, salah satu tantangan utama adalah menyajikan data pelaporan yang menghubungkan berbagai data Anda.

Di Data Studio, Anda sudah memiliki koneksi internal ke beberapa sumber data sehingga tidak perlu menjadwalkan pembaruan data berkala untuk laporan.

Keunggulan dari koneksi data langsung adalah kemampuan untuk beralih di antara rentang tanggal. Bergantung pada awal menjalankan promosi dan seberapa lama data Anda berjalan, Anda dapat menggunakan rentang tanggal apa pun untuk analisis data.

Kolaborasi Data

Google Data Studio, Perangkat Analisis Data Canggih dan Gratis Untuk Bisnis

Tentu Anda tak bekerja sendiri menjalankan bisnis. Anda dapat menambahkan sejumlah orang untuk berkolaborasi menganalisis data.

Dan, satu fitur terbaik dari Data Studio adalah betapa mudahnya untuk berbagi serta mengolaborasikan laporan Anda dengan orang lain. Anda dapat membagikan laporan Anda dengan siapa pun yang Anda pilih. Bahkan mengerjakan laporan yang sama secara bersamaan.

Untuk menambahkan pengguna lain dengan izin khusus, caranya mirip dengan Google Analytics. Misalnya, Anda dapat memberikan akses tampilan klien Anda dan akses edit tim Anda sehingga klien tidak mengubah apa pun tanpa sepengetahuan Anda.

Baca Juga: Trik Menggunakan Internet Marketing Bisnis Baru

Menambah Berbagai Metrik Data

Semakin kompleks bidang usaha yang sedang Anda kerjakan, semakin banyak parameter data yang harus diperhatikan. Bahkan, data mentah yang tersaji untuk Anda tidak cukup untuk menghasilkan laporan bermakna yang dinginkan.

Melalui Data Studio, Anda dapat menambahkan metrik sendiri yang dihitung dengan perhitungan sendiri. Anda juga dapat membuat metrik khusus menggunakan rumus yang didefinisikan sesuai formula.

Berbagai jenis formula yang dapat dibuat, berkisar dari yang sederhana hingga yang canggih, mencakup berbagai fungsi logis, matematika, dan metrik marketing lainnya.

Tentu ini memberi keunggulan mengolah data kompleks yang berubah-ubah dengan cepat. Namun, berbagai perubahan data ini dapat disajikan dalam bentuk visualisasi grafis. Ini membuat laporan dengan metrik data kompleks menjadi lebih mudah dipahami, bukan?

Dalam kerja tim, laporan data ini juga dapat ditampilkan untuk pengguna lain yang kurang mendalami data analisis kompleks.

Pada bagian ini, Anda dapat memasukkan kontrol dinamis sehingga pemirsa dapat memfilter konten dengan pemilih dimensi dan rentang tanggal. Juga menyertakan dan mengecualikan konten dari filter jika ada situasi di mana Anda tidak ingin semua konten pada halaman berubah.

Leave a Reply